RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)BAHASA INDONESIA KELAS V SD
Contoh
pembuatan rpp,rpp berkarakter,rpp tematik,laporan rpp
RPP
bhs indonesia, RPP matematika, RPP IPA, RPP IPS, RPP pkn, RPP penjaskes
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : V (lima)/I (satu)
Alokasi Waktu : 2 X 35 Menit
Tahun
Pelajaran : 2011/2012
Standar Kompetensi
: 3. Memahami teks
dengan membaca teks percakapan, membaca cepat 75 kata / menit, dan membaca
puisi
Kompetensi Dasar
: 3.2.Menemukan gagasan utama suatu teks yang dibaca dengan
kecepatan 75 kata per menit
A. INDIKATOR
1. Kognitif
a.
Membaca
teks bacaan dengan kecepatan 75 kata per menit
b.
Mencatat
hal – hal yang penting dalam teks
c.
Menyimpulkan
isi bacaan
2. Afektif
Perilaku
berkarakter
a.
Siswa
mendengarkan penjelasan guru dengan seksama. Ketelitian
b.
Siswa
berani menjawab setiap pertanyaan yang diberikan oleh guru. Berani menjawab pertanyaan
Ketrampilan
sosial
a.
Siswa
mampu bekerjasama dalam menyeleseikan
tugas.
b.
Siswa
mampu berbagi pendapat dengan teman dalam pembelajaran. Berani mengutarakan pendapat didepan temen-teman
3. Psikomotor
a.
Memaparkan
jawaban dan mengajukan pendapat.
B. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1. Kognitif
a.
Dengan di latih untuk membaca bacaan
dengan cepat, siswa dapat membaca teks bacaan 75 kata per menit dengan cepat.
b. Setelah
membaca cepat 75 kata per menit, siswa akan mampu mencatat hal – hal penting
yang ada dalam teks
c. Setelah
dilakukannya tanya jawab. Siswa dapat menyimpulkan isi bacaan yang telah
dibaca.
2. Psikomotor
a.
Dalam
pelaksanaan pembelajaran guru memberikan kesempatan pada siswa untuk berpendapat,
sehingga siswa dapat menjawab
pertanyaan mengenai memahami
isi suatu teks dengan membaca cepat dengan benar.
3. Afektif
Perilaku
berkarakter
a. Dengan jujur, siswa mengisi lembar penilaian yang
diberikan oleh guru.
Ketrampilan
sosial
a. Dengan jujur dan tanpa menyontek siswa lain, siswa menjawab setiap pertanyaan dalam
lembar penilaian.
C. MATERI
POKOK
Membaca
cepat 75 kata permenit.
1. Sebuah teks bacaan yang baik mempunyai gagasan utama.
2. Gagasan utama adalah gagasan yang menjadi dasar
pengembangan suatu teks bacaan Fungsinya sebagai pokok, patokan atau dasar
acuan suatu paragraf. Kita dapat menemukan gagasan utama di awal paragraf,
akhir paragraf, atau di awal dan di akhir paragraf.
D. MODEL
DAN METODE PEMBELAJARAN
1.
Model
: Model pembelajaran Konvensional
2.
Strategi :
Berpusat Pada Guru
3. Metode : Ceramah
E. LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Fase-fase
|
Kegiatan guru dan siswa
|
01
|
02
|
03
|
Pendahuluan
(10 menit)
|
Fase I
Menyampaikan tujuan dan
mempersiapkan siswa (apersepsi).
|
·
Salam pembuka
·
Mengisi daftar kelas, berdoa, mempersiapkan materi ajar.
·
Mempersiapkan siswa menerima pelajaran.
·
Menyampaikan tujuan pembelajaran.
·
Guru memberikan teks bacaan yang
akan dibaca siswa 75 kata per menit
·
Siswa mencermati teks bacaan yang
diberikan siswa
mendengarkan penjelasan guru dengan seksama.
·
Siswa membaca teks tersebut bersama-sama sesuai
dengan aba-aba mulai
·
Siswa yang selesai terlebih
dahulu mengacungkan tangan dan maju kedepan kelas.
·
Guru bertanya pada 5 siswa yang tercepat dalam membaca apa inti
bacaan tersebut. berani menjawab setiap pertanyaan yang diberikan oleh guru.
|
Kegiatan itnti
(55 menit)
|
Fase II
Menyampaikan informasi/ materi dengan demonstrasi.
|
·
Guru menyampaikan informasi dari
makna membaca cepat.
·
Siswa mencatat penjelasan dari
guru.
·
Guru meminta siswa membaca bacaan
yang telah mereka ambil dari Koran atau majalah secara bersama-sama sesuai
aba-aba dan memberikan tanta saat aba-aba tanda 1 menit didengar sampai
seterusnya.
·
Siswa menghitung berapa kata yang
dapat mereka baca pada waktu per satu menit.
·
Dan siswa di minta untuk
menuliskan inti dari bacaan tersebut.
·
Guru menginformasikan pada siswa
untuk menggaris bawahi pokok pikiran setiap paragraph.
|
Fase
III
Evaluasi
|
·
Setelah itu siswa diberi tugas untuk mengerjakan lembar evaluasi yang dikerjakan secara
individu langsung dikumpulkan.
|
|
Penutup
(5 menit)
|
Fase IV
Pemberian tugas dan penghargaan
|
·
Memberikan kesimpulan dan evaluasi pada akhir pembelajaran.
·
Memberikan tugas rumah berupa dan diharapkan siswa jujur mengisi lembar penilaian yang diberikan oleh guru.
·
Menutup pembelajaran dengan doa bersama.
|
F. SUMBER
DAN MEDIA PEMBELAJARAN
1. Sumber
a.
Warsidi
Edi dan Farika. 2008. Bahasa Indonesia Membuatku Cerdas untuk SD/MI kelas V.
Jakarta: Pusar Perbukua DEPDIKNAS
b.
Nur’aini
Umri, dkk. 2008. Bahasa Indonesia Untuk SD Kelas V. Jakarta : Pusar Perbukua
DEPDIKNAS
2. Media
Alat
pengukur waktu
Teks
Bacaan:
a.
Putri Gisela
b.
Lautan dan
Isinya
G. PENILAIAN
1.
Teknik
tes :
1)
Tes
lisan :
a)
Keberanian
menjawab dan menyampaikan pendapat dalam diskusi kecil.
b)
Ketepatan
jawaban.
c)
Keseriusan
dan kosentrasi dalam menyimak pertanyaan.
2)
Tes
tulis
a)
Pilihan
ganda.
b)
Isian
3)
Tes
perbuatan
2.
Instrumen
tes :
1). LKS.
2). Lembar
penilaian.
Temukan
rpp yang diinginkan, semua rpp ada di sini
rpp bahasa
indonesia kelas I sd semester 1
rpp bhs indonesia
kelas III sd semester 1
rpp bhs indonesia
kelas Iv sd semester 1
rpp bhs indonesia
kelas V sd semester 1
rpp ilmu
pengetahuan alam kelas III sd semester 1
rpp IPA kelas I
sd semester 1
rpp IPA kelas IV
sd semester 1
rpp ips kelas 4
semester 1
rpp IPS kelas III
sd semester 1
rpp IPS kelas V
sd semester 1
rpp
ips,ipa,mat,bhs indonesia,pkn kelas 1 semester 1
rpp matematika
kelas I sd semester 1
rpp matematika kelas III sd
semester 1
rpp matematika kelas IV semester 1
rpp matematika
kelas II sd semester 1
rpp matematika
kelas V sd semester 1
rpp penjaskes
kelas X semester 1
rpp penjaskes
kelas XI semester 1
rpp penjaskes
kelas XII semester 1
rpp PKN kelas 5
semester 1
rpp PKN kelas I
semester 1
0 comments: