RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) IPS dan IPA
Anda butuh RPP, silahkan. berikut RPP yang kami sajikan semoga bermanfaat
Satuan
Pendidikan :
Mata
Pelajaran : IPS, IPA
Kelas
/ Semester : I / 1
Alokasi
Waktu : 2 x 35 menit
Tema :
Lingkungan
A.
Standar
Kompetensi
IPS
2.
Membiasakan
tertib di rumah dan di sekolah
IPA
2.
mengenal cara memeliharaa lingkungan agar tetap sehat
B.
Kompetensi
Dasar
IPS
2.1
Menjelaskan
pentingnya tata tertib di rumah dan di sekolah
IPA
2.2
membedakan lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat
C.
Indikator
IPS
1.
Kognitif
Ø Mendefinisikan
tata tertib
Ø Memahami
pentingnya tata tertib di rumah
Ø Memahami
pentingnya tata tertib di sekolah
Ø Menyebukan
tata tertib di rumah
Ø Menyebutkan tata tertib di sekolah
2.
Psikomotor
Ø Mempresentasikan
tugas diskusi kelompok di depan kelas, secara bergiliran. (keberanian dalam menceritakan, bahasa yang
disampaikan santun dan mudah dipahami, penampilan dalam simulasi).
3.
Afektif
Ø Jujur,
tanggungjawab, toleransi, terbuka, menghormati pendapat, membantu teman yang
membutuhkan.
IPA
1.
Kognitif
Ø
Membedakan lingkungan sehat dan tidak sehat
Ø
Menjelaskan pentingnya lingkungan sehat
2.
Psikomotor
Ø Mempresentasikan
tugas diskusi kelompok di depan kelas, secara bergiliran. (keberanian dalam menceritakan, bahasa yang disampaikan
santun dan mudah dipahami, penampilan dalam simulasi).
3.
Afektif
Ø Jujur,
tanggungjawab, toleransi, terbuka, menghormati pendapat, membantu teman yang
membutuhkan.
D.
Tujuan
Pembelajaran
IPS
1.
Kognitif
Ø Dengan
diberikan contoh kegiatan sehari-hari, siswa mampu mendefinisikan tata tertib
dengan benar
Ø Setelah
siswa menceritakan kegiatannya sehari-hari dirumah, siswa dapat memahami
pentingnya tata tertib di rumah dengan benar
Ø Setelah
mendengar cerita guru tentang tata tertib di sekolah, siswa dapat memahami
pentingnya tata tertib di sekolah dengan benar
Ø Setelah
diberikan penjelasan, siswa dapat menyebutkan
tata tertib di rumah dengan benar
Ø Setelah
diberikan penjelasan, siswa dapat menyebutkan
tata tertib di sekolah
dengan benar
2.
Psikomotor
Ø Setelah diberikan
penjelasan oleh guru, siswa dapat mempresentasikan hasil diskusi kelompok di
depan kelas dengan berani. ( keberanian dalam menceritakan isi teks
bacaan, bahasa yang disampaikan santun ).
3.
Afektif
Ø Selama terlibat dalam proses belajar mengajar
yang berpusat pada siswa, paling tidak siswa mampu menunjukkan kemajuan
dalam prilaku yang berkarakter : (Jujur, tanggungjawab, toleransi, terbuka,
menghormati pendapat, membantu teman yang membutuhkan.)
IPA
1. Kognitif
Ø
Setelah diberikan contoh lingkungan sehat, siswa dapat menjelaskan cara
menjaga lingkungan agar tetap sehat dengan benar
Ø
Setelah diberikan penjelasan mengenai lingkungan sehat, siswa dapat membedakan
lingkungan sehat dan tidak sehat dengan benar
Ø
Setelah siswa paham mengenai lingkungan sehat, siswa dapat menjelaskan
pentingnya lingkungan sehat dengan benar
2. Psikomotor
Ø Setelah diberikan
penjelasan oleh guru, siswa dapat mempresentasikan hasil diskusi kelompok di
depan kelas dengan berani. ( keberanian dalam menceritakan isi teks
bacaan, bahasa yang disampaikan santun ).
3. Afektif
Ø Selama terlibat dalam proses belajar mengajar
yang berpusat pada siswa, paling tidak siswa mampu menunjukkan kemajuan
dalam prilaku yang berkarakter : (Jujur, tanggungjawab, toleransi, terbuka,
menghormati pendapat, membantu teman yang membutuhkan.)
E.
Materi
Pokok
v IPS
Tata tertib adalah aturan yang harus di
taati. Tata tertib ada untuk mengatur kehidupan manusia. Tata tertib dibedakan
menjadi tiga yaitu tata tertib di rumah, di sekolah dan di masyarakat.
Contoh tata tertib di rumah adalah
membantu orang tua, belajar, menghormati anggota keluarga, dan saling
menyayangi
Contoh tata tertib di sekolah adalah
datang tepat waktu, memakai seragam sekolah, menjaga kebersihan kelas, dan
menghormati guru
v IPA
Cara
memelihara lingkungan
o
Menyapu
halaman
o
Membuang
sampah pada tempatnya
o
Mengepel
lantai
o
Membersihkaan
kamar mandi
F.
Strategi
Pembelajaran
1.
Model
pembelajaran
Menggunakan
model pembelajaran STAD
2.
Metode
pembelajaran
a.
Ceramah
b.
Bercerita
c.
Tanya jawab
d.
Penugasan
e.
Simulasi
G.
Kegiatan
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
|
Pengorganisasian
|
Alokasi Waktu
|
Metode dan Media
|
|
Guru
|
Siswa
|
|||
Kegiatan
Awal
|
§ Berdo’a
bersama dilanjutkan melakukan administrasi rutin (absensi, cek kebersihan)
§ Memotivasi
siswa dengan mengajak
bernyanyi “bangun tidur”
§ Menyampaikan
tujuan pembelajaran
|
§ Menjalankan
instruksi dari guru
§ Menyanyi bersama guru
§ Mendengarkan
tujuan pembelajaran yang disampaikan oleh guru
|
10 menit
|
-
Tanya jawab
Ceramah
|
Kegiatan
Inti
|
§ Mendefinisikan
pengertian tata tertib
§ Menjelaskan
macam-macam tata tertib
§ Menunjuk
beberapa siswa untuk menceritakan kegiatan yang dilakukan di rumah mengenai menjaga lingkungan agar tetap sehat
§ Guru
menjelaskan pentingnya tata tertib di rumah
§ Guru
bercerita tentang tata tertib di sekolah
§ Guru membagi siswa menjadi 8 kelompok
§ Guru membagikan LKS pada Siswa
|
§ Mendengarkan
penjelasan guru
§ Siswa
diminta untuk menceritakan kegiatan yang dilakukan di rumah mengenai menjaga lingkungan sehat
§ Siswa mendengarkan penjelasan guru
§ Siswa terbagi menjadi 8 kelompok
§ Siswa
mengerjakan LKS yang
diberikan guru
|
50
menit
|
Ceramah dengan media buku ajar
Bercerita
Ceramah dan penugasan dengan
media buku ajar dan LKS
Ceramah dengan media buku ajar
Ceramah dan penugasan dengan
media buku ajar dan LKS
|
Kegiatan
Penutup
|
§ Guru
mengadakan evaluasi tentang pembelajaran yang telah dilaksanakan
§ Membantu
siswa merangkum materi
|
§ Melaksanakan
evaluasi yang diadakan guru
§ Merangkum
materi yang telah dipelajari
|
10
menit
|
tanya jawab dengan media buku ajar
tanya jawab
|
H.
Sumber
Belajar
§ Ilmu Pengetahuan Sosial SD/MI kelas
I
§ Sulistyanto, heri. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam
untuk SD/MI kelas I. Jakarta : Depdiknas
§ Gambar
tentang tata tertib di sekolah dan di rumah
§ Tabel
tata tertib
§ LKS
I.
Penilaian
Tes Tulis : Penilaian
tertulis dapat dilakukan dengan Lembar Penilaian Siswa
Tes Lisan : Siswa menjawab pertanyaan yang di ajukan oleh guru
Tes Kinerja : Diskusi kelompok tentang tata tertib di rumah dan
disekolah, cara memelihara
lingkungan
Alat
penilaian :
a.
Lembar
Kerja Siswa (Terlampir)
b.
Kunci
LKS (Terlampir)
c.
Butir-butir
soal tes (Terlampir)
Surabaya,
……..
0 comments: