RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) KELAS MATEMATIKA V (LIMA) /SEMESTER 1 (SATU)
INGIN MENGUASAI BIDANG INI?????????
Les Privat BAHASA INGGRIS, Mahir Conversation, SPEAKING
AKTIF, Bisa
Komunikasi Inggris, MAMPU MENJAWAB
TES TOEFL, atau MAU
MAHIR KOMPUTER, Excel, AUTOCAD,
Coreldraw,
PHOTOSHOP. Kunjungi SITUS KAMI
Nama
Sekolah :
Mata
Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : V (Lima) / 1 (satu)
Alokasi
Waktu :2 X 35 menit
Tahun
Pelajaran : 2011/2012
Standar Kompetensi :
2. Menggunakan pengukuran waktu, sudut, jarak, dan
kecepatan dalam pemecahan masalah.
Kompetensi
Dasar :
2.5 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
waktu, jarak, dan kecepatan
A.
INDIKATOR
1.
Kognitif
a. Menjelaskan tentang pengertian jarak.
b. Mendiskripsikan tentang pengetian kecepatan.
c. Menjelaskan satuan jarak dan kecepatan.
d. Menentukan jarak jika waktu dan kecepatan telah diketahui.
e. Menentukan kecepatan jika jarak dan waktu telah
diketahui.
f. Menentukan waktu, jika jarak dan kecepatan telah
diketahui.
g. Menentukan waktu keberangkatan dan waktu tiba.
h. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan waktu, jarak,
dan kecepatan
2.
Afektif
a.
Karakter :
Jujur,
bertanggungjawab, toleransi, terbuka, menghormati pendapat, membantu teman yang
kesulitan.
b.
Keterampilan soaial :
1)
Bertanya saat mengikuti proses
pembelajaran tentang materi yang belum jelas saat mengalami kesulitan.
2)
Mendengarkan dengan baik penjelasan
guru, menyampaian pendapat dan menghormati pendapat orang lain.
3)
Bekerja sama dan saling membatu antar
teman.
3.
Psikomotor
a.
Menghitung jarak dan kecepatan apbila salah satunya sudah diketahui.
(tekun,
rajin, toleransi
dalam mengerjakan tugas)
b.
Mempresentasikan
hasil diskusi antar kelompok tentang cara menentukan jarak dan kecepatan.
(keberanian dalam melakukan presentasi, bahasa
yang disampaikan santun dan mudah dipahami, penampilan dalam presentasi).
B.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.
Kognitif
a. Setelah diberi penjelasan tentang suatu kejadian, siswa
dapat menjelaskan tentang pengertian jarak dengan benar.
b. Setelah diberikan suatu permasalahan, siswa dapat
mendiskripsikan tentang pengetian kecepatan dengan benar.
c. Setelah menjelaskan pengertian jarak dan kecepatan, siswa
dapat menjelaskan satuan jarak dengan benar
d. Setelah menjelaskan pengertian jarak dan kecepatan, siswa
dapat menjelaskan satuan kecepatan dengan benar.
e. Dengan diberikan suatu permasalahan yang berkaitan dengan
jarak dan kecepatan, siswa dapat menentukan jarak jika waktu dan kecepatan
telah diketahui dengan benar.
f. Dengan diberikan contoh soal, siswa dapat menentukan
kecepatan jika jarak dan waktu telah diketahui dengan benar.
g. Ketika diberikan soal-soal latihan, siswa dapat
menentukan waktu, jika jarak dan kecepatan telah diketahui dengan benar.
h. Dengan diberikan contoh soal tentang masalah yang
berkaitan jarak dan kecepatan, siswa dapat menentukan waktu keberangkatan dan
waktu tiba dengan benar.
i.
Dengan
diberikan penjelasan mengenai menentukan jarak dan kecepatan, siswa dapat
menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan jarak dengan benar.
j.
Dengan
diberikan penjelasan mengenai menentukan jarak dan kecepatan, siswa dapat
menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kecepatan dengan benar.
2. Afektif
a. Karakter :
Selama
terlibat dalam proses belajar mengajar yang berpusat pada siswa, paling tidak
siswa mampu menunjukkan kemajuan yang dinilai dengan lembar penilaian siswa
dalam perilaku yang berkarakter : Jujur, bertanggungjawab, toleransi, terbuka,
menghormati pendapat, membantu teman yang kesulitan.
b. Keterampilan
sosial :
Selama terlibat dalam proses belajar mengajar yang
berpusat pada siswa, paling tidak siswa dapat :
a)
Bertanya saat mengikuti proses
pembelajaran tentang materi yang belum jelas saat mengalami kesulitan.
b)
Mendengarkan dengan baik penjelasan
guru, menyampaian pendapat dan menghormati pendapat orang lain.
c)
Bekerja sama dan saling membatu antar
teman.
3. Psikomotor
a.
Setelah mengikuti proses pembelajaran,
siswa dapat menghitung jarak
dan kecepatan apabila salah satunya sudah diketahui.
(tekun,
rajin, toleransi
dalam mengerjakan tugas)
b. Dengan
diberikan kesempatan untuk
presentasi didepan kelas, siswa dapat mempresentasikan hasil diskusi antar kelompok tentang cara
menentukan jarak dan kecepatan. (keberaniandalam melakukan
presentasi, bahasa yang disampaikan santun dan mudah dipahami, penampilan dalam
presentasi)
C.
MATERI
POKOK
Jarak
menyatakan panjang atau jauh antara dua benda atau tempat. Satuan jarak adalah
kilometer (km), meter (m), atau sentimater (cm).
Kecepatan
adalah waktu yang digunakan untuk menempuh jarak tertentu, dalam waktu
tertentu. Satuan kecepatan misalnya km/jam atau “kam per jam”.
Rumus
untuk mencari waktu, jarak, dan kecepatan
KETERANGAN :
S = JARAK
V = KECEPATAN
T = WAKTU
|
V = S
t
|
S = V X t
|
t = S
v
|
D.
MODEL
DAN METODE PEMBELAJARAN
Model : STAD (Student Teams – Achievement Divisions)
Metode : Ceramah,
Tanya-Jawab, Diskusi,
Penugasan.
E.
LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
Alokasi
Waktu : 2 x 35menit
Kegiatan
|
Fase-fase
|
Kegiatan Pembelajaran
|
|
Guru
|
Siswa
|
||
Pendahuluan
(15 menit)
|
Fase I
Menyampaikan
tuhuan dan mempersiapkan siswa
|
·
Mengucapkan salam pembuka
·
Kegiatan rutin guru : mengabsen siswa, cek
kebersihan.
·
Apersepsi :
memberi motifasi dengan menunjuk salah satu siswa untuk berjalan dari tempat
satu ketempat lain.
·
Guru mengaitkan jawaban siswa dengan materi yang
akan diajarkan.
·
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan
dicapai
|
·
Menjawab salam
dari guru.
·
Masuk kelas tepat waktu dan menjaga kebersihan.
·
Melakukan apa yang
diperintahkan guru.
·
Memperhatikan penjelasan guru
·
Mendengarkan apa yang dismpaikan guru.
|
Kegiatan inti
(45
menit)
|
Fase II
Menyajikan
informasi
|
·
Menyampaikan
informasi tentang pegertian jarak dan kecepatan.
·
Menentukan satuan
jarak dan kecepatan
·
Memberikan soal
latiahan untuk menentukan jarak dan kecepatan.
|
·
Mendengarkan
penjelasan guru.
·
Memberi pendapat
tentang pengertian dan satuan jarak dan kecepatan.
·
Mencari informasi
tentang cara menentukan jarak dan kekepatan apabila salah satunya telah
diketahui.
·
Menentukan jarak
dan kecepatan dari suatu permasalahan.
·
Menyelesaikan
suatu permasalahan yang berhubungan dengan jarak dan kecepatan.
|
Fase III
Mengorganisasikan
siswa dalam kelompok belajar
|
·
Mengorganisasikan siswa dalam kelompok belajar
yang terdiri dari 5 sampai 6
siswa.
·
Guru Memberi tugas siswa untuk berdiskusi bersama anggota
kelompok untuk mengerjakan LKS.
|
·
Membentuk
kelompok sesuai dengan arahan guru.
·
Memperhatikan
penjelasan yang diberikan guru tentang tugas yang akan dikerjakan.
·
Berinteraksi antar kelompok untuk mengerjakan
tugas.
|
|
Fase IV
Membimbing kelompok
|
·
Membimbing kelompok belajar dalam mengerjakan soal – soal dalam LKS.
·
Sebagai
fasilitator.
|
·
Berdiskusi bersama anggota kelompok untuk mengerjakan LKS.
·
Mencari informasi tentang
soal – soal dalam LKS untuk dicari jawabanya.
·
Mengajukan
pertanyaan apabila mengalami kesulitan.
|
|
Fase V
Komunikasi
|
·
Membimbing siswa dalam proses pembelajaran.
·
Guru mengarahkan kegiatan siswa.
|
·
Mempresentasikan hasil diskusi dari masing-masing
kelompok didepan kelas.
·
Melakukan timbal
balik dengan kelompok lain.
·
Membahas LKS yang
telah didiskusikan.
|
|
Fase VI
Evaluasi
|
·
Guru mengevaluasi hasil pekerjaan siswa dalam
diskusi.
·
Guru membagi lembar penilaian
dan menjelaskan cara penyelesaianya.
|
·
Mendengarkan
penjelasan dari guru.
·
Mengajukan
pendapat dan bertanya tentang meteri yang belum jelas.
·
Mengerjakan
soal-soal dalam lembar penilaian yang diberikan oleh guru.
·
Mengumpulkan
hasil pekerjaan masing-masing untuk dikoreksi.
|
|
Penutup
(10 menit)
|
Fase VI
Pemberian
tugas dan penghargaan
|
·
Mengarahkan siswa dalam menyimpulkan materi.
·
Memberikan tugas lanjutan berupa pekerjaan rumah
(PR).
·
Pemberian reward bagi kelompok belajar terbaik dan
bagi siswa yang aktif dalam proses pembelajaran.
|
·
Menyimpulkan materi diakhir pembelajaran tentang materi yang telah dipelajari.
·
Siswa mencatat tugas rumah yang diberikan guru.
·
Menerima
penghargaan yang diberikan oleh guru.
|
F.
MEDIA
dan SUMBER BELAJAR
Soenarjo. 2007. Matematika 5 SD dan MI Kelas 5. Jakarta:
Depdiknas.
Sumanto, dkk. 2008. Gemar Matematika Untuk SD/Mi Kelas V.
Jakarta: Depdiknas.
Lembar
Kerja Siswa.
Buku
Siswa.
Permaianan ular naga.
G.
PENILAIAN
1.
Tes Tertulis : Penilaian tertulis dapat dilakukan
dengan Lembar Penilaian tentang pengalaman
mengesankan yang pernah dialami.
- Penugasan : mengerjakan soal yang diberikan guru (LKS)
- Performance : Diskusi
Surabaya,
…………
0 comments: