RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA
Contoh
pembuatan rpp,rpp berkarakter,rpp tematik,laporan rpp
RPP
bhs indonesia, RPP matematika, RPP IPA, RPP IPS, RPP pkn, RPP penjaskes
INGIN MENGUASAI BIDANG INI?????????
Les Privat BAHASA INGGRIS, Mahir Conversation, SPEAKING
AKTIF, Bisa
Komunikasi Inggris, MAMPU MENJAWAB
TES TOEFL, atau MAU
MAHIR KOMPUTER, Excel, AUTOCAD,
Coreldraw,
PHOTOSHOP. Kunjungi SITUS KAMI
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : V (lima)/I (satu)
Alokasi Waktu : 2 X 35 Menit
Tahun
Pelajaran :
Standar Kompetensi
: 3. Memahami teks
dengan membaca teks percakapan, membaca cepat 75 kata / menit, dan membaca
puisi
Kompetensi Dasar
: 3.2.Menemukan gagasan utama suatu teks yang dibaca dengan
kecepatan 75 kata per menit
A. INDIKATOR
1. Kognitif
a.
Membaca
teks bacaan dengan kecepatan 75 kata per menit
b.
Mencatat
hal – hal yang penting dalam teks
c.
Menyimpulkan
isi bacaan
2. Afektif
Perilaku berkarakter
a.
Siswa
mendengarkan penjelasan guru dengan seksama. ketelitian
b.
Siswa berani menjawab setiap pertanyaan yang
diberikan oleh guru.
Ketrampilan
sosial
a.
Siswa
mampu bekerjasama dalam menyeleseikan
tugas kelompok.
b.
Siswa
mampu berbagi pendapat dengan teman dalam kelompok. Berani mengutarakan pendapat
3. Psikomotor
a.
Memaparkan
jawaban dari diskusi yang dilaksanakan.
B. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1. Kognitif
a.
Dengan di latih untuk membaca bacaan
dengan cepat, siswa dapat membaca teks bacaan 75 kata per menit dengan cepat.
b. Setelah
membaca cepat 75 kata per menit, siswa akan mampu mencatat hal – hal penting
yang ada dalam teks
c. Setelah
dilakukannya tanya jawab. Siswa dapat menyimpulkan isi bacaan yang telah
dibaca.
2. Psikomotor
a.
Dalam
pelaksanaan presentasi guru memberikan kesempatan pada siswa untuk berpendapat,
sehingga siswa dapat menyajikanhasil diskusi kelompok mengenai memahami isi
suatu teks dengan membaca cepat dengan benar.
3. Afektif
Perilaku
berkarakter
a. Dengan jujur, siswa mengisi lembar penilaian yang
diberikan oleh guru. Jujur dalam
mengerjakan tugas.
Ketrampilan
sosial
a. Dengan jujur dan
tanpa menyontek kelompok lain, siswa menjawab setiap pertanyaan ketika
diskusi kelompok.
C. MATERI
POKOK
Membaca
cepat 75 kata permenit.
1. Sebuah teks bacaan yang baik mempunyai gagasan utama.
2. Gagasan utama adalah gagasan yang menjadi dasar
pengembangan suatu teks bacaan Fungsinya sebagai pokok, patokan atau dasar
acuan suatu paragraf. Kita dapat menemukan gagasan utama di awal paragraf,
akhir paragraf, atau di awal dan di akhir paragraf.
D. MODEL
DAN METODE PEMBELAJARAN
1.
Model
: Model pembelajaran kooperatif tipe STAD
2.
Pendekatan : PAIKEM
3.
Strategi :
Berpusat Pada Siswa
4. Metode : Permainan dengan teknik bentuk
kuis
E. LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Fase-fase
|
Kegiatan guru dan siswa
|
01
|
02
|
03
|
Pendahuluan
(10 menit)
|
Fase I
Menyampaikan tujuan dan
mempersiapkan siswa (apersepsi).
|
·
Salam pembuka
·
Mengisi daftar kelas, berdoa, mempersiapkan materi ajar.
·
Mempersiapkan siswa menerima pelajaran.
·
Menyampaikan tujuan pembelajaran.
·
Guru memberikan teks bacaan yang
akan dibaca siswa 75 kata per menit
·
Siswa mencermati teks bacaan yang
diberikan siswa
mendengarkan penjelasan guru dengan seksama.
·
Siswa membaca teks tersebut bersama-sama sesuai
dengan aba-aba mulai
·
Siswa yang selesai terlebih
dahulu mengacungkan tangan dan maju kedepan kelas.
·
Guru bertanya pada 5 siswa yang tercepat dalam membaca apa inti
bacaan tersebut. berani menjawab setiap pertanyaan yang diberikan oleh guru.
|
Kegiatan itnti
(55 menit)
|
Fase II
Menyampaikan informasi/ materi dengan demonstrasi.
|
·
Guru menyampaikan informasi dari
makna membaca cepat.
·
Siswa mencatat penjelasan dari
guru.
·
Guru meminta siswa membaca bacaan
yang telah mereka ambil dari Koran atau majalah secara bersama-sama sesuai
aba-aba dan memberikan tanta saat aba-aba tanda 1 menit didengar sampai
seterusnya.
·
Siswa menghitung berapa kata yang
dapat mereka baca pada waktu per satu menit.
·
Dan siswa di minta untuk
menuliskan inti dari bacaan tersebut.
·
Guru menginformasikan pada siswa
untuk menggaris bawahi pokok pikiran setiap paragraph.
|
Fase III
Mengorganisasikan siswa dalam
kelompok belajar.
|
·
Membagi siswa menjadi beberapa kelompok belajar di kelas dengan cara
mengundi dengan kartu angka dimana siswa yang mendapatkan angka sama berarti
berkumpul menjadi satu.
·
Mengajak siswa untuk melakukan permainan di kelas.
·
Membagikan setiap lembar kerja untuk dikerjakan oleh siswa dengan cara
berdiskusi kelompok dengan harapan siswa
mampu bekerjasama dalam menyeleseikan tugas kelompok.
·
Memberikan instruksi tentang tata cara permainan yang akan di lakukan
setiap kelompok wajib membuat yel-yel. di harapkan siswa jujur dan tanpa menyontek kelompok lain, siswa menjawab setiap
pertanyaan ketika diskusi kelompok.
·
Memantau setiap aktivitas diskusi siswa dan diharapkan siswa mampu berbagi pendapat dengan teman dalam
kelompok.
|
|
Fase IV
Komunikasi
|
·
Mengintruksikan siswa untuk mempresentasikan hasil diskusi kelompok dan
harapan guru pada siswa berani
mempresentasikan hasil dari setiap diskusi yang telah dilaksanakan di kelas.
·
Kelompok yang yang ingin menjawab pertanyaan ketua kelompok yang harus
angkat tangan.
·
Membuka forum tanya jawab/ sanggahan ketika presentasi dibuka dan siswa berani menjawab setiap pertanyaan
dalam diskusi kelompok serta siswa
berani memberikan tanggapan ketika berdiskusi.
·
Mengoreksi hasil pembelajaran kelompok dan memberikan pembenaran.
·
Bagi kelompok yang dapat menjawab dan jawabanya benar wajib menyanyikan
yel-yel kelompok yang telah dibuat.
|
|
Fase
V
Evaluasi
|
·
Setelah berdiskusi kelompok siswa diberi tugas untuk mengerjakan lembar
evaluasi yang dikerjakan secara individu langsung dikumpulkan.
|
|
Penutup
(5 menit)
|
Fase VI
Pemberian tugas dan penghargaan
|
·
Memberikan kesimpulan dan evaluasi pada akhir pembelajaran.
·
Memberikan tugas rumah berupa dan diharapkan siswa jujur mengisi lembar penilaian yang diberikan oleh guru.
·
Memberikan penghargaan untuk kelompok yang terbaik dan siswa yang aktif
dan kelompok yang terbaik wajib menyanyikan yel-yel didepan kelas.
·
Menutup pembelajaran dengan doa bersama.
|
F. SUMBER
DAN MEDIA PEMBELAJARAN
1. Sumber
a.
Warsidi
Edi dan Farika. 2008. Bahasa Indonesia Membuatku Cerdas untuk SD/MI kelas V.
Jakarta: Pusar Perbukua DEPDIKNAS
b.
Nur’aini
Umri, dkk. 2008. Bahasa Indonesia Untuk SD Kelas V. Jakarta : Pusar Perbukua
DEPDIKNAS
2. Media
Alat
pengukur waktu
Teks
Bacaan:
a.
Taman Instan
di Rumah Mungil
b.
Yang bisa
Ditanam di Pekarangan Rumah
c.
Putri Gisela
d.
Lautan dan
Isinya
G. PENILAIAN
1.
Teknik
tes :
1)
Tes
lisan :
a)
Keberanian
menjawab dan menyampaikan pendapat dalam diskusi kecil.
b)
Ketepatan
jawaban.
c)
Keseriusan
dan kosentrasi dalam menyimak pertanyaan.
2)
Tes
tulis
a)
Pilihan
ganda.
b)
Isian
3)
Tes
perbuatan
2.
Instrumen
tes :
1). LKS.
2). Lembar
penilaian.
Temukan rpp yang
diinginkan, semua rpp ada di sini
rpp bahasa indonesia
kelas I sd semester 1
rpp bhs indonesia kelas
III sd semester 1
rpp bhs indonesia kelas
Iv sd semester 1
rpp bhs indonesia kelas
V sd semester 1
rpp ilmu pengetahuan
alam kelas III sd semester 1
rpp IPA kelas I sd
semester 1
rpp IPA kelas IV sd
semester 1
rpp ips kelas 4 semester
1
rpp IPS kelas III sd
semester 1
rpp IPS kelas V sd
semester 1
rpp ips,ipa,mat,bhs
indonesia,pkn kelas 1 semester 1
rpp matematika kelas I sd
semester 1
rpp matematika kelas III sd semester
1
rpp matematika kelas IV semester 1
rpp matematika kelas II
sd semester 1
rpp matematika kelas V
sd semester 1
rpp penjaskes kelas X
semester 1
rpp penjaskes kelas XI
semester 1
rpp penjaskes kelas XII
semester 1
rpp PKN kelas 5 semester 1
rpp PKN kelas I semester 1
contoh rpp
rpp sd
rpp matematika
rpp bahasa inggris
rpp bahasa indonesia
rpp dan silabus
rpp smp
rpp sma
silabus dan rpp
rpp bahasa inggris sd
rpp matematika smp
rpp smk
rpp bahasa inggris smp
rpp bahasa indonesia smp
rpp matematika sma
rpp seni budaya
rpp matematika sd
rpp pai
rpp bahasa inggris sma
rpp tik
rpp bahasa inggris smk
contoh rpp sd
rpp ips
rpp fisika smk
rpp biologi
rpp bahasa arab
rpp bahasa indonesia sma
rpp kimia
rpp bahasa inggris sd kelas 1-6
rpp kelas 3 sd
contoh rpp sd
contoh rpp sma
contoh rpp ktsp
contoh rpp 2013
contoh rpp matematika
contoh rpp biologi
contoh rpp tematik
contoh rpp smp
contoh rpp bahasa inggris
contoh rpp pai
contoh rpp tk
contoh rpp bahasa indonesia
contoh rpp ekonomi
contoh rpp fiqih
contoh rpp sekolah dasar
contoh rpp kurtilas
contoh rpp terpadu
contoh rpp bahasa inggris smp
contoh pembuatan rpp
contoh rpp kelas rangkap
contoh rpp bahasa inggris sd
contoh rpp ski
contoh rpp ipa
contoh rpp berkarakter
contoh silabus dan rpp
contoh rpp bahasa arab
contoh rpp terbaru
contoh rpp tematik kelas 3
contoh rpp bahasa inggris sma
contoh format rpp
contoh rpp
rpp sd
rpp matematika
rpp bahasa inggris
rpp bahasa indonesia
rpp dan silabus
rpp smp
rpp sma
silabus dan rpp
rpp bahasa inggris sd
rpp matematika smp
rpp smk
rpp bahasa inggris smp
rpp bahasa indonesia smp
rpp matematika sma
rpp seni budaya
rpp matematika sd
rpp pai
rpp bahasa inggris sma
rpp tik
rpp bahasa inggris smk
contoh rpp sd
rpp ips
rpp fisika smk
rpp biologi
rpp bahasa arab
rpp bahasa indonesia sma
rpp kimia
rpp bahasa inggris sd kelas 1-6
rpp kelas 3 sd
contoh rpp sd
contoh rpp sma
contoh rpp ktsp
contoh rpp 2013
contoh rpp matematika
contoh rpp biologi
contoh rpp tematik
contoh rpp smp
contoh rpp bahasa inggris
contoh rpp pai
contoh rpp tk
contoh rpp bahasa indonesia
contoh rpp ekonomi
contoh rpp fiqih
contoh rpp sekolah dasar
contoh rpp kurtilas
contoh rpp terpadu
contoh rpp bahasa inggris smp
contoh pembuatan rpp
contoh rpp kelas rangkap
contoh rpp bahasa inggris sd
contoh rpp ski
contoh rpp ipa
contoh rpp berkarakter
contoh silabus dan rpp
contoh rpp bahasa arab
contoh rpp terbaru
contoh rpp tematik kelas 3
contoh rpp bahasa inggris sma
contoh format rpp
0 comments: