RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) KELAS IV / SEMESTER 1
INGIN MENGUASAI BIDANG INI?????????
Les Privat BAHASA INGGRIS, Mahir Conversation, SPEAKING
AKTIF, Bisa
Komunikasi Inggris, MAMPU MENJAWAB
TES TOEFL, atau MAU
MAHIR KOMPUTER, Excel, AUTOCAD,
Coreldraw,
PHOTOSHOP. Kunjungi SITUS KAMI
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : IV
/ 1
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
Tahun Pelajaran :
A.
Standar Kompetensi : 3.Menggunakan pengukuran sudut, panjang, dan berat dalam pemecahan masalah
B.
Kompetensi Dasar : 3.1. Menentukan
besar sudut dengan satuan tidak baku dan satuan derajat
C. Indikator
ü Kognitif
1.
Membandingkan
dua besar sudut.
2.
Menentukan
besar sudut dengan satuan tidak baku
ü Afektif
1.
Karakter
a. Peduli terhadap
guru dan teman-temannya
b. Kejujuran
adalah siswa jujur dalam mengerjakan tugas
c. Tanggung jawab
adalah siswa bertanggung jawab terhadap tugas yang di berikan guru
d. Kerja sama
adalah siswa bekerja sama dengan guru maupun dengan teman-temannya dalam
mengerjakan tugas kelompok
e. Toleransi
adalah menerima semua masukan dari guru dan anggota kelompok dalam mengerjakan
tugas.
f. Kreatif
adalah dalam mengerjakan tugas selalu berusaha mencari cara baru.
2.
Ketrampilan sosial
a.
Bertanya saat mengikuti proses
pembelajaran tentang materi yang belum jelas saat mengalami kesulitan
b.
Mendengarkan dengan baik
penjelasan guru, menyampaikan pendapat dan menghargai pendapat orang lain.
c.
Bekerja sama dan membantu antar
teman
ü Psykomotor
1.
Menampilkan sikap positif. (peduli, jujur, tanggung jawab, kerja sama,
toleransi, kreatif)
2.
Menceritakan kegiatan
membandingkan dan menentukan besar sudut dengan satuan baku. (keberanian melakukan presentasi, kejelasan
dalam penyampaian, tutur bahasax santun dan mudah dipahami, sikap tubuh ketika
presentasi)
D. Tujuan Pembelajaran
1.
Setelah
mendapatkan penjelasan dari guru, siswa dapat membandingkan
dua besar sudut dengan satuan
baku dengan tepat
2. Setelah mendapatkan penjelasan dari guru, siswa
dapat menentukan besar sudut
dengan satuan baku dengan benar
E.
Materi pokok
1.
Sudut
F. Model dan Metode
Pembelajaran
- Model : Pembelajaran kooperatif tipe STAD
- Pendekatan : RME
- Metode : Ceramah, tanya jawab, diskusi, pemberian tugas
G. Langkah – langkah
Pembelajaran ( pertemuan ke dua)
Kegiatan
guru
|
Kegiatan
siswa
|
Alokasi
waktu
|
Tahap
RME
|
Kegiatal
awal
|
|||
1.
Guru mengucapkan salam
2.
Guru mengabsen siswa dan
menanyakan siswa yang tidak masuk
|
1.
Siswa menjawab salam
2.
Siswa menjawab jika namanya
diabsen
|
5
menit
|
|
Fase
I
Menyaimpaikan
tujuan dan memotivasi siswa
|
|||
1. Apersepsi : memotivasi siswa dengan menunjukkan benda-benda yang ada di sekitar
kelas, misal papan tulis, meja dan lain-lain dan memberikan beberapa pertanyaan
Pertanyaan:
a) Siapakah diantara kalian yang pernah
membandingkan besar sudut antara papan tulis dan meja?
b)
Ketika kalian membandingkannya sudut , mana yang lebih besar antara papan tulis dan dan meja?
2. Guru mengaitkan jawaban siswa dengan
materi yang akan di ajarkan
3. Menyampaikan tujuan pembelajaran tentang menentukan besar
sudut dengan satuan tidak baku
a) Membandingkan besar dua sudut
b) Menentukan besar sudut dengan satuan
baku
|
1.
Siswa mendengarkan penjelasan
guru dan menjawab pertanyaan guru
2.
Mendengarkan penjelasan guru
tentang.
|
10
menit
|
Tahap
1
|
Kegiatan
Inti
|
|||
Fase
II
Menyajikan
dan menyampaikan informasi
|
|||
1. Guru menggambarkan macam-macam berbagai
sudut
2.
Guru memberikan penjelasan tentang menentukan besar sudut dengan satuan
baku
3.
Guru memberikan contoh tentang menentukan besar sudut dengan satuan tidak
baku
dan menyuruh siswa membandingkan serta menentukan sudut di sekitar dengan
satuan baku.
|
1. Siswa mendengarkan penjelasan dari guru.
2. Siswa membandingkan besar dua sudut
3. Siswa menentukan besar sudut dari benda
di sekitar dengan satuan baku
|
10
menit
|
Tahap
2
Tahap
3
|
Fase
III
Mengorganisasikan
siswa dalam kelompok-kelompok belajar
|
|||
1.
Guru membentuk kelompok
terdiri dari 4 siswa dalam 1 kelompok secara heterogen dan diberi tugas
2.
Masing – masing kelompok
mengerjakan soal – soal latihan pada lembar
kegiatan siswa diberikan guru yang berkaitan dengan :
a)
Menentukan besar sudut dengan
satuan baku.
|
1. Siswa menerima tugas dari guru
2. Siswa mengerjakan tugas kelompok
|
10 menit
|
Tahap
3
|
Fase
IV
Membimbing
kelompok bekerja dan belajar
|
|||
1.
Guru membimbing kelompok
belajar yang terbentuk agar bekerja bersama dalam menyelesikan tugas yang diberikan
2.
Guru memantau aktivitas
masing – masing kelompok dalam menyelesaikan tugas LKS yang di berikan.
3.
Guru membimbing kelompok
belajar yang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan tugas
|
1.
Siswa yang ada kesulitan
dibimbing guru dalam mengerjakan tugas kelompok
|
15
menit
|
Tahap
4
|
Fase
V
Evaluasi
|
|||
1.
Masing – masing kelompok
mempresentasi hasil diskusi dilanjutkan dengan koreksi hasil diskusi
2.
Guru mengecek pemahaman siswa
dengan memberikan kepada masing-masing siswa lembar penilaian
( penugasan)
3.
Masing-masing siswa
menyelesaikan soal-soal pada lembar penilaian yang disediakan guru
|
1.
siswa presentasi didepan
kelompok yang lain
2.
siswa menerima tugas lanjutan
3.
siswa mengerjakan soal lembar
penilaian
|
15
menit
|
Tahap
5
|
Kegiatan
Penutup
|
|||
Fase
VI
Memberikan
penghargaan
|
|||
1. Guru membantu siswa dalam membuat rangkuman hasil belajar
2. Guru
memberikan tugas lanjutan ( PR )
3. Pemberian
reward bagi kelompok terbaik dan bagi beberapa siswa yang antusias selama
proses pembelajaran.
4. Do’a Penutup
|
1.
Siswa membuat rangkuman hasil
belajar
2.
Siswa mendapat tugas dirumah
3.
Siswa yang antusias mengukuti
pembelajaran hari ini mendapat reward dari guru
4.
Do’a penutup
|
5
menit
|
Tahap
6
|
H.
MEDIA DAN SUMBER BELAJAR
1. Media yang di gunakan : Gambar-gambar sudut, jam dinding dan busur.
2. Sumber Belajar :
a) Mustaqim Burhan, Astuty Ary. 2008. Ayo Belajar Matematika Untuk SD/MI Kelas
IV. Depdiknas(BSE) :Jakarta
b) LKS Matematika Kelas IV Semester 1
I.
PENILAIAN
- Tertulis :Penilaian tertulis dapat di lakukan dengan lembar Penilaian tentang menentukan besar sudut dengan satuan tidak baku Kinerja :Diskusi, menceritakan bagaimana mempraktekkan menentukan besar sudut dengan satuan tidak baku
- Lisan : Penilaian lisan dapat di lakukan dengan tanya jawab dan pendapat-pendapat yang di ungkapan
- Hasil karya siswa : LKS
Mengetahui
Kepala
Sekolah Guru
Kelas
( ……………….) (…………..)
0 comments: