RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP) ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS)
INGIN MENGUASAI BIDANG INI?????????
Les Privat BAHASA INGGRIS, Mahir Conversation, SPEAKING
AKTIF, Bisa
Komunikasi Inggris, MAMPU MENJAWAB
TES TOEFL, atau MAU
MAHIR KOMPUTER, Excel, AUTOCAD,
Coreldraw,
PHOTOSHOP. Kunjungi SITUS KAMI
Contoh pembuatan rpp,rpp berkarakter,rpp
tematik,laporan rpp
RPP bhs indonesia, RPP matematika, RPP
IPA, RPP IPS, RPP pkn, RPP penjaskes
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP)
ILMU PENGETAHUAN
SOSIAL (IPS)
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Ilmu
Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas / Semester : IV ( Empat ) /
1 ( Satu )
Alokasi Waktu : 2 x 35
Menit (1pertemuan)
Pokok
Bahasan : Menghargai Peninggalan Sejarah
I. Standar
Kompetensi
1. Memahami kenampakan alam, dan keragaman suku bangsa di
lingkungan kabupaten/kota dan provinsi.
II. Kompetensi
Dasar
1.5
Menghargai
berbagai peninggalan sejarah di lingkungan setempat (kabupaten/kota,provinsi
) dan menjaga kelestarianya
III. Indikator
Kognitif
1. Menyebutkan macam –
macam peninggalan sejarah.
2. Mengkatagorikan
sikap – sikap yang menunjukkan menghargai peninggalan bersejarah dengan sikap –
sikap yang tidak menghargai peninggalan bersejarah
3. Menyebutkan manfaat adanya peninggalan sejarah
4. Menyebutkan cara
menjaga kelestarian peninggalan sejarah di lingkungan setempat.
Psikomotor
1. Mempresentasikan tugas diskusi kelompok di depan
kelas, secara bergiliran. (keberanian dalam menceritakan,
bahasa yang disampaikan santun dan mudah dipahami, penampilan dalam simulasi).
Afektif
1.
Jujur,
tanggungjawab, toleransi, terbuka, menghormati pendapat, membantu teman yang
membutuhkan.
IV. Tujuan
Pembelajaran
Kognitif
1. Setelah diberikan penjelasan mengenai macam-macam peninggalan sejarah,
siswa dapat menyebutkan macam – macam peninggalan sejarah dengan benar.
2. setelah diberikan penjelasan mengenai peninggalan sejarah, siswa dapat mengkatagorikan
sikap – sikap yang menunjukkan menghargai peninggalan bersejarah dengan sikap –
sikap yang tidak menghargai peninggalan bersejarah dengan benar
3. setelah mengerti mengenai macam-macam peninggalan sejaran, siswa dapat
menyebutkan manfaat adanya peninggalan sejarah dengan benar
4. setelah diberikan contoh macam-macam peninggalan sejarah, siswa dapat menyebutkan cara
menjaga kelestarian peninggalan sejarah di lingkungan setempat dengan benar.
Psikomotor
1.
Setelah dibverikan
penjelasan oleh guru, siswa dapat mempresentasikan hasil diskusi kelompok di
depan kelas dengan berani. (
keberanian dalam menceritakan isi teks bacaan, bahasa yang disampaikan santun
).
afektif
1. Selama
terlibat dalam proses belajar mengajar yang berpusat pada siswa, paling tidak
siswa mampu menunjukkan kemajuan dalam prilaku yang berkarakter : (Jujur, tanggungjawab, toleransi, terbuka,
menghormati pendapat, membantu teman yang membutuhkan.)
V. Materi
Pokok
Menghargai Peninggalan Sejarah
A. Pengertian
Peninggalan Sejarah
B. Bentuk
- bentuk Peninggalan Sejarah
a. Tulisan
1.
Prasasti
2.
Naskah
kuno
b. Benda
– benda
1.
Arca
2.
Fosil
3.
Artefak
c. Bangunan
1.
Candi
2.
Benteng
3.
Tempat
ibadah
4.
Gedung
5.
Istana
dan keraton
6.
Tugu/Monumen
7.
Makam
8.
Museum
d. Cerita
Macam – macam cerita rakyat
1.
Legenda
2.
Mitos
3.
Donggeng
4.
Fabel
5.
Sage
D. Menghargai
Peninggalan Sejarah
E. Manfaat
Peninggalan Sejarah
VI. Model
dan Metode Pembelajaran
a.
Model
: Pembelajaran Cooperatif Tipe Picture
and picture
b.
Metode: :
§
Ceramah
§
Tanya jawab
§
Diskusi
§
Penugasan
VII.
Langkah – Langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Fase
|
Kegiatan
|
Pengorga-nisasian
|
|
Guru
|
Siswa
|
|||
Kegiatan Awal
(10 Menit)
|
Menyampaikan tujuan dan
mempersiapkan siswa
|
§ Mengkondisikan siswa:
1. Apersepsi:
Bertanya tentang:
a)
Apakah kalian
pernah berkunjung ke candi Borobudur?
§ Mengkaitkan dengan materi yang akan dipelajari: “Menghargai
Peninggalan Sejarah ”
§ Menyampaikan tujuan pembelajaran tentang
menghargai peninggalan sejarah.
|
§ Memperhatikan guru
dan menjawab pertanyaan dari guru.
1.
Siswa menjawab pertanyaan
dari guru:
|
Klasikal
|
Kegiatan inti
(50 Menit)
|
Fase I
Mengalami
|
§ Menyajikan informasi berupa gambar “siswa SD sedang
berkunjung ke museum dan candi borobudur”. Selanjutnya, meminta siswa untuk
mengamati gambar.
§ Bertanya kepada siswa :
§ Setelah kalian mengamati
gambar, sekarang ibu bertanya gambar apakah itu ?
|
§
Mengamati gambar yang di pajang oleh guru.
§
Siswa menjawab :
§ Gambar anak SD sedang
berkunjung ke museum dan candi borobudur.
|
klasikal
|
Fase II
Interaksi
|
§
Guru menjelaskan tentang macam-macam peninggalan
sejarah dan cara menghargainya
§
Guru membagi siswa menjadi 10 kelompok.
§
Masing-masing kelompok mendapatkan gambar peninggalan
sejaran yang berbeda-beda.
§
Guru membagikan LKS
tentang :
1.
Cara menghargai peninggalan sejarah.
|
§
Siswa mendengarkan penjelasan guru
§
Berkumpul bersama kelompoknya
§
Berdiskusi bersama kelompok
|
Klasikal
berkelompok
|
|
Fase III
Komunikasi
|
Perwakilan dari masing-masing kelompok
membacakan hasil diskusinya
|
§
Siswa mempresentasikan hasil diskusinya
|
kelompok
|
|
Fase IV
Inovasi
|
§
Membagikan Lembar Penilaian pada siswa.
|
§
Siswa mengerjakan Lembar Penilaian
|
klasikal
|
|
Fase V
Refleksi
|
§
Guru membahas hasil Lembar penilaian yang dikerjakan
siswa
|
§
Siswa mencocokkan lembar Penilaian yang telah
dikerjakan
|
klasikal
|
|
Kegiatan Akhir
(10 menit)
|
§ Meminta siswa untuk
menyimpulkan mengenai materi yang telah dibahas.
§
Pemberian reward bagi kelompok belajar terbaik
dan bagi beberapa orang siswa yang antusias mengikuti pembelajaran.
|
§
Siswa menyimpulkan hasil pembelajaran
§
Siswa menerima reward
|
klasikal
|
VIII. Media
dan sumber belajar
a.
Media : Gambar – gambar Peninggalan sejarah.
b.
Sumber :
§
P. Hisnu Tantya,dkk.
2008. Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas IV Sekolah Dasar. Jakarta: BSE.
§
Sadiman.S.1,dkk. 2008.
Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas IV Sekolah Dasar. Jakarta: BSE.
§
Museum Tugu Pahlawan
IX. Penilaian.
- Bentuk : Tes tulis
- Jenis : Uraian
- Alat penilaian :
a.
Lembar
Kerja Siswa (Terlampir)
b.
Lembar
observasi kegiatan (Terlampir)
c.
Lembar
penilaian siswa (Terlampir)
Temukan rpp yang diinginkan, semua
rpp ada di sini
rpp
bahasa indonesia kelas I sd semester 1
rpp
bhs indonesia kelas III sd semester 1
rpp
bhs indonesia kelas Iv sd semester 1
rpp
bhs indonesia kelas V sd semester 1
rpp
ilmu pengetahuan alam kelas III sd semester 1
rpp
IPA kelas I sd semester 1
rpp
IPA kelas IV sd semester 1
rpp
ips kelas 4 semester 1
rpp
IPS kelas III sd semester 1
rpp
IPS kelas V sd semester 1
rpp
ips,ipa,mat,bhs indonesia,pkn kelas 1 semester 1
rpp
matematika kelas I sd semester 1
rpp matematika
kelas III sd semester 1
rpp
matematika kelas IV semester 1
rpp
matematika kelas II sd semester 1
rpp
matematika kelas V sd semester 1
rpp
penjaskes kelas X semester 1
rpp
penjaskes kelas XI semester 1
rpp
penjaskes kelas XII semester 1
rpp
PKN kelas 5 semester 1
rpp
PKN kelas I semester 1
0 comments: