RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA ( RPP ) KELAS EKSPERIMEN





 
Anda ingin membuat silabus MI, RPP untuk SD,rencana perencanaan pembelajaran,rencana pelaksanaan pengajaran, Rencana pelaksanaan pembelajaran Sekolah Dasar,rencana pelaksanaan pembelajaran berkarakter SD,perangkat pembelajaran berkarakter SD,membuat RPP
berikut saya tampilkan contohnya, namun alangkah baiknya mengenal terlebih dahulu tentang RPP
PENGERTIAN RPP
Pengertian RPP, atau yang kita kenal dengan RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN adalah sebuah perangkat pembelajaran yang mendukung seorang guru dalam kegiatan belajar mengajar di kelas.
Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) adalah rencana yang untuk menggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar yang ditetapkan dalam Standar Isi dan telah dijabarkan dalam silabus. Lingkup Rencana Pembelajaran paling luas mencakup 1 (satu) kompetensi dasar yang terdiri atas 1 (satu) atau beberapa indikator untuk 1 (satu) kali  pertemuan atau lebih. Landasan RPP tertera pada PP NO 19 TAHUN 2005 Pasal 20 yang berbunyi “Perencanaan proses pembelajaran meliputi silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran yang memuat sekurang-kurangnya tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, metode pembelajaran, sumber belajar, dan penilaian hasil belajar
Dari pengertian RPP di atas dapat kita pahami bahwa fungsi RPP adalah untuk mencapai satu KD, dan tidak boleh memuat lebih dari satu kompetensi dasar di dalam sebuah RPP.
Dengan demikian RPP merupakan upaya untuk memperkirakan tindakan yang akan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran.


Contoh pembuatan rpp,rpp berkarakter,rpp tematik,laporan rpp
RPP bhs indonesia, RPP matematika, RPP IPA, RPP IPS, RPP pkn, RPP penjaskes
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA
( RPP ) KELAS EKSPERIMEN


Nama Sekolah             :
Mata pelajaran             : Bahasa Indonesia
Kelas / semester          : 5 / 1
Tahun pelajaran           : 2011/2012
Alokasi waktu             : 2 x 35 menit


 
A.      Standar Kompetensi        : 4.      Mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi dan pengalaman secara tertulis dalam bentuk karangan, surat undangan dan dialog tertulis.
B.      Kompetensi Dasar           : 4.3.  Menulis dialog sederhana antara 2 atau 3 tokoh dengan memperhatikan isi serta peranannya.
C.     Indikator :
1.   Kognitif
a.                                                          Menentukan topik atau tema
b.                                                         Menulis dialog wawancara sederhana
c.                                                          Menyimpulkan isi dialog.
2.   Psikomotor
a.                                                          Melakukan observasi ke lapangan
3.   Afektif
a.                 Perilaku berkarakter
1)   Siswa berani menjawab setiap pertanyaan yang diberikan oleh guru.
b. Ketrampilan sosial
1)   Siswa mampu bekerjasama dalam menyeleseikan tugas.
2)   Siswa mampu bersosialisasi dengan lingkungan sekolah


D.     Tujuan Pembelajaran
1.   Kognitif
a.    Dengan diberi penjelasan tentang topik atau tema, siswa dapat menentukan topik atau tema dengan sendiri yang sesuai
b.   Dengan dijelaskan cara menulis dialog dan melakukan observasi  secara berkelompok, siswa dapat dapat menulis dialog sederhana hasil wawancara dengan baik.
c.    Dengan memperhatikan pembacaan dialog, siswa akan dapat menyimpulkan isi dialog dengan benar.
2.   Psikomotor
a.    Dengan diberikan kesempatan belajar di lapangan, siswa dapat melakukan observasi  
3.   Afektif
a.   Perilaku berkarakter
1)      Dengan diberikan kesempatan untuk menjawab, siswa mengisi lembar penilaian yang diberikan oleh guru dengan jujur tanpa menyontek jawaban temannya.
b.                                                         Ketrampilan sosial
1)      Setelah melakukan kegiatan kelompok, Siswa mampu bekerjasama dalam menyeleseikan tugas dengan jujur tanpa menyontek jawaban kelompok lain.
2)      Setelah melakukan kegiatan dilingkungan sekolah, Siswa mampu bersosialisasi dengan lingkungan sekolah secara lancar.
E.      Materi Pokok                 : Menulis Dialog Sederhana hasil wawancara
F.      Metode,Model Dan  Pendekata Pembelajaran            :
a.      Metode          : Ceramah, diskusi , penugasan, dan tanya jawab.
b.      Model                        : Picture and Picture
c.       Pendekatan   : Kontekstual



G. Langkah-langkah Pembelajaran   :
1.   Kegiatan Pendahuluan
a. Salam pembuka
b.Kegiatan rutin guru : Presensi
c. Apersepsi : memotivasi siswa dengan membacakan contoh teks dialog dan memberikan beberapa pertanyaan (pemodelan)
1)   Apa topik dari dialog yang baru saja ibu baca?(Tanya jawab)
2)   Siapa saja pelaku pada dialog tersebut?(Tanya jawab)
d.                        Guru mengaitkan jawaban siswa dengan materi yang akan diajarkan.
e. Menyampaikan tujuan pembelajaran
2.   Kegiatan Inti
a. Guru menunjukkan gambar antara 2 orang yang sedang melakukan wawancara. (pemodelan)
b.Siswa memperhatikan gambar yang ditunjukan oleh guru
c. Siswa mendengarkan pejelasan dari guru
d.                        Guru menjelaskan cara menulis dialog dan cara menentukan topik atau tema
e. Guru membentuk siswa menjadi beberapa kelompok setiap kelompok berjumlah 4-5 siswa.(masyarakat belajar)
f. Guru membagikan tugas yang akan dikerjakan saat observasi.
g.Siswa merencanakan kegiatan yang akan dilakukan saat melakukan observasi(inkuiri)
h.Siswa secara kelompok melakukan observasi ke lapangan untuk wawancara ke narasumber.(masyarakat belajar)
i.  Guru memantau kegiatan siswa disaat melakukan wawancara ke narasumber
j.  Siswa membuat dialog secara kelompok.(kontruktivisme)
k.Perwakilan dari tiap kelompok membacakan dialog yang sudah dibuat didepan kelas
l.  Guru mengomentari penampilan siswa.(penilaian otentik)
m. Guru membagikan lembar evaluasi
n.   Siswa mengerjakan lembar evaluasi.( kontruktivisme)
o.   Guru memantau siswa di saat mengerjakan lembar evaluasi
p.   Guru dan siswa mengoreksi hasil lembar evaluasi. .(penilaian otentik)
3.   Kegiatan Akhir
a.    Guru bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan materi yang dipelajari terhadap proses dan hasil belajar hari itu.(refleksi)
b.   Guru memberikan kesempatan siswa untuk mengungkapkan pengalaman siswa jika ada yang mengalami kegagalan karena perencanaan yang kurang cermat. (refleksi)
c.    Pemberian reword bagi siswa belajar terbaik dan bagi beberapa siswa yang antusias mengikuti pembelajaran
d.   Guru memberi tugas lanjutan
H.      Alat/Bahan, media dan Sumber Belajar          :          
1.    Alat/bahan        :  a. instrumen penilaian
3)   Lembar evaluasi
2.    Media                : naska dialog dan gambar orang yang melakukan wawancara
3.    Sumber belajar  : 
*   Tim Forum. Pendamping BSE Bahasa       Indonesia untuk  SD Kelas V Semester 1. Surabaya : Lentera Ilmu
*   Edi Warsidi. 2008. Bahasa Indonesia        membuatku cerdas 5 : untuk kelas V SD/MI. Jakarta : Pusat Perbukuan. Departemen Pendidikan Nasional





I.         Penilaian :    a. Tes Tulis
           b. Kinerja
           c. Tes lisan

Artikel terkait:
rpp, silabus untuk smp, silabus rpp sma
silabus rpp sd
silabus mi
silabus download
silabus dan rpp sma
silabus dan rpp
silabus & rpp
rpp untuk smp
rpp untuk sma
rpp untuk sd
rpp tkj smk
rpp tkj
rpp tk
rpp tik sma
rpp tik sd
rpp tik
rpp terpadu
rpp terbaru
rpp tematik sd
rpp tata busana
rpp tata boga
rpp sosiologi sma
rpp sosiologi
rpp smp terbaru
rpp smp penjas
rpp smp ips berkarakter
rpp smp ips
rpp smp biologi
rpp smp
rpp smk tkj
rpp smk akuntansi
rpp smk
rpp sma sejarah
rpp sma fisika
rpp sma ekonomi
rpp sma biologi
rpp ski mts
rpp ski
rpp silabus smp
rpp silabus sd
rpp silabus mi
rpp sekolah dasar berkarakter
rpp sekolah dasar
rpp sejarah smp
rpp sejarah sma
rpp sejarah
rpp sd terbaru
rpp sd penjaskes
rpp sd lengkap
rpp sd gratis
rpp sd doc
rpp sd
rpp sbk sd
rpp sbk
rpp quran hadis
rpp pkn smp
rpp pkn sma
rpp pkn sd
rpp penjaskes smp
rpp penjaskes smk
rpp penjaskes sma
rpp penjaskes sd
rpp penjas smp
rpp penjas smk
rpp penjas sma
rpp penjas sd
rpp pendidikan kewarganegaraan
rpp pdf
rpp paud
rpp pai smp
rpp pai smk
rpp pai sma
rpp pai sd
rpp pai
rpp otomotif
rpp olahraga
rpp olah raga
rpp multimedia
rpp mts
rpp mi berkarakter
rpp matematika smp
rpp matematika smk
rpp matematika sma
rpp matematika sd
rpp matematika
rpp lengkap sd
rpp komputer
rpp kls 5
rpp kls 4
rpp kls 3
rpp kls 1
rpp kkpi smk
rpp kkpi
rpp kimia smk
rpp kimia sma
rpp kimia
rpp kewirausahaan smk
rpp kesenian
rpp kesehatan



contoh rpp

rpp sd

rpp matematika

rpp bahasa inggris

rpp bahasa indonesia

rpp dan silabus

rpp smp

rpp sma

silabus dan rpp

rpp bahasa inggris sd

rpp matematika smp

rpp smk
rpp bahasa inggris smp

rpp bahasa indonesia smp

rpp matematika sma

rpp seni budaya

rpp matematika sd

rpp pai

rpp bahasa inggris sma

rpp tik

rpp bahasa inggris smk

contoh rpp sd

rpp ips

rpp fisika smk

rpp biologi

rpp bahasa arab

rpp bahasa indonesia sma

rpp kimia

rpp bahasa inggris sd kelas 1-6

rpp kelas 3 sd

contoh rpp sd

contoh rpp sma

contoh rpp ktsp

contoh rpp 2013

contoh rpp matematika

contoh rpp biologi

contoh rpp tematik

contoh rpp smp

contoh rpp bahasa inggris

contoh rpp pai

contoh rpp tk

contoh rpp bahasa indonesia

contoh rpp ekonomi

contoh rpp fiqih

contoh rpp sekolah dasar

contoh rpp kurtilas

contoh rpp terpadu

contoh rpp bahasa inggris smp

contoh pembuatan rpp

contoh rpp kelas rangkap

contoh rpp bahasa inggris sd

contoh rpp ski

contoh rpp ipa

contoh rpp berkarakter

contoh silabus dan rpp

contoh rpp bahasa arab

contoh rpp terbaru

contoh rpp tematik kelas 3

contoh rpp bahasa inggris sma

contoh format rpp





































































































0 comments: