RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) IPS dan IPA
INGIN MENGUASAI BIDANG INI?????????
Les Privat BAHASA INGGRIS, Mahir Conversation, SPEAKING
AKTIF, Bisa
Komunikasi Inggris, MAMPU MENJAWAB
TES TOEFL, atau MAU
MAHIR KOMPUTER, Excel, AUTOCAD,
Coreldraw,
PHOTOSHOP. Kunjungi SITUS KAMI
Satuan
Pendidikan :
Mata
Pelajaran : IPS, IPA
Kelas
/ Semester : I / 1
Alokasi
Waktu : 2 x 35 menit
Tema :
Lingkungan
A.
Standar
Kompetensi
IPS
2.
Membiasakan
tertib di rumah dan di sekolah
IPA
2.
mengenal cara memeliharaa lingkungan agar tetap sehat
B.
Kompetensi
Dasar
IPS
2.1
Menjelaskan
pentingnya tata tertib di rumah dan di sekolah
IPA
2.2
membedakan lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat
C.
Indikator
IPS
1.
Kognitif
Ø Mendefinisikan
tata tertib
Ø Memahami
pentingnya tata tertib di rumah
Ø Memahami
pentingnya tata tertib di sekolah
Ø Menyebukan
tata tertib di rumah
Ø Menyebutkan tata tertib di sekolah
2.
Psikomotor
Ø Mempresentasikan
tugas diskusi kelompok di depan kelas, secara bergiliran. (keberanian dalam menceritakan, bahasa yang
disampaikan santun dan mudah dipahami, penampilan dalam simulasi).
3.
Afektif
Ø Jujur,
tanggungjawab, toleransi, terbuka, menghormati pendapat, membantu teman yang
membutuhkan.
IPA
1.
Kognitif
Ø
Menjelaskan cara menjaga lingkungan
Ø
Membedakan lingkungan sehat dan tidak sehat
Ø
Menjelaskan pentingnya lingkungan sehat
2.
Psikomotor
Ø Mempresentasikan
tugas diskusi kelompok di depan kelas, secara bergiliran. (keberanian dalam menceritakan, bahasa yang disampaikan
santun dan mudah dipahami, penampilan dalam simulasi).
3.
Afektif
Ø Jujur,
tanggungjawab, toleransi, terbuka, menghormati pendapat, membantu teman yang
membutuhkan.
D.
Tujuan
Pembelajaran
IPS
1.
Kognitif
Ø Dengan
diberikan contoh kegiatan sehari-hari, siswa mampu mendefinisikan tata tertib
dengan benar
Ø Setelah
siswa menceritakan kegiatannya sehari-hari dirumah, siswa dapat memahami
pentingnya tata tertib di rumah dengan benar
Ø Setelah
mendengar cerita guru tentang tata tertib di sekolah, siswa dapat memahami
pentingnya tata tertib di sekolah dengan benar
Ø Setelah
diberikan penjelasan, siswa dapat menyebutkan
tata tertib di rumah dengan benar
Ø Setelah
diberikan penjelasan, siswa dapat menyebutkan
tata tertib di sekolah
dengan benar
2.
Psikomotor
Ø Setelah diberikan
penjelasan oleh guru, siswa dapat mempresentasikan hasil diskusi kelompok di
depan kelas dengan berani. ( keberanian dalam menceritakan isi teks
bacaan, bahasa yang disampaikan santun ).
3.
Afektif
Ø Selama terlibat dalam proses belajar mengajar
yang berpusat pada siswa, paling tidak siswa mampu menunjukkan kemajuan
dalam prilaku yang berkarakter : (Jujur, tanggungjawab, toleransi, terbuka,
menghormati pendapat, membantu teman yang membutuhkan.)
IPA
1. Kognitif
Ø
Setelah diberikan contoh lingkungan sehat, siswa dapat menjelaskan cara
menjaga lingkungan agar tetap sehat dengan benar
Ø
Setelah diberikan penjelasan mengenai lingkungan sehat, siswa dapat membedakan
lingkungan sehat dan tidak sehat dengan benar
Ø
Setelah siswa paham mengenai lingkungan sehat, siswa dapat menjelaskan
pentingnya lingkungan sehat dengan benar
2. Psikomotor
Ø Setelah diberikan
penjelasan oleh guru, siswa dapat mempresentasikan hasil diskusi kelompok di
depan kelas dengan berani. ( keberanian dalam menceritakan isi teks
bacaan, bahasa yang disampaikan santun ).
3. Afektif
Ø Selama terlibat dalam proses belajar mengajar
yang berpusat pada siswa, paling tidak siswa mampu menunjukkan kemajuan
dalam prilaku yang berkarakter : (Jujur, tanggungjawab, toleransi, terbuka,
menghormati pendapat, membantu teman yang membutuhkan.)
E.
Materi
Pokok
v IPS
Tata tertib adalah aturan yang harus di
taati. Tata tertib ada untuk mengatur kehidupan manusia. Tata tertib dibedakan
menjadi tiga yaitu tata tertib di rumah, di sekolah dan di masyarakat.
Contoh tata tertib di rumah adalah
membantu orang tua, belajar, menghormati anggota keluarga, dan saling
menyayangi
Contoh tata tertib di sekolah adalah
datang tepat waktu, memakai seragam sekolah, menjaga kebersihan kelas, dan
menghormati guru
v IPA
Cara
memelihara lingkungan
o
Menyapu
halaman
o
Membuang
sampah pada tempatnya
o
Mengepel
lantai
o
Membersihkaan
kamar mandi
F.
Strategi
Pembelajaran
1.
Model
pembelajaran
Menggunakan
model pembelajaran STAD
2.
Metode
pembelajaran
a.
Ceramah
b.
Bercerita
c.
Tanya jawab
d.
Penugasan
e.
Simulasi
G.
Kegiatan
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
|
Pengorganisasian
|
Alokasi Waktu
|
Metode dan Media
|
|
Guru
|
Siswa
|
|||
Kegiatan
Awal
|
§ Berdo’a
bersama dilanjutkan melakukan administrasi rutin (absensi, cek kebersihan)
§ Memotivasi
siswa dengan mengajak
bernyanyi “bangun tidur”
§ Menyampaikan
tujuan pembelajaran
|
§ Menjalankan
instruksi dari guru
§ Menyanyi bersama guru
§ Mendengarkan
tujuan pembelajaran yang disampaikan oleh guru
|
10 menit
|
-
Tanya jawab
Ceramah
|
Kegiatan
Inti
|
§ Mendefinisikan
pengertian tata tertib
§ Menjelaskan
macam-macam tata tertib
§ Menunjuk
beberapa siswa untuk menceritakan kegiatan yang dilakukan di rumah mengenai menjaga lingkungan agar tetap sehat
§ Guru
menjelaskan pentingnya tata tertib di rumah
§ Guru
bercerita tentang tata tertib di sekolah
§ Guru membagi siswa menjadi 8 kelompok
§ Guru membagikan LKS pada Siswa
|
§ Mendengarkan
penjelasan guru
§ Siswa
diminta untuk menceritakan kegiatan yang dilakukan di rumah mengenai menjaga lingkungan sehat
§ Siswa mendengarkan penjelasan guru
§ Siswa terbagi menjadi 8 kelompok
§ Siswa
mengerjakan LKS yang
diberikan guru
|
50
menit
|
Ceramah dengan media buku ajar
Bercerita
Ceramah dan penugasan dengan
media buku ajar dan LKS
Ceramah dengan media buku ajar
Ceramah dan penugasan dengan
media buku ajar dan LKS
|
Kegiatan
Penutup
|
§ Guru
mengadakan evaluasi tentang pembelajaran yang telah dilaksanakan
§ Membantu
siswa merangkum materi
|
§ Melaksanakan
evaluasi yang diadakan guru
§ Merangkum
materi yang telah dipelajari
|
10
menit
|
tanya jawab dengan media buku ajar
tanya jawab
|
H.
Sumber
Belajar
§ Ilmu Pengetahuan Sosial SD/MI kelas
I
§ Sulistyanto, heri. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam
untuk SD/MI kelas I. Jakarta : Depdiknas
§ Gambar
tentang tata tertib di sekolah dan di rumah
§ Tabel
tata tertib
§ LKS
I.
Penilaian
Tes Tulis : Penilaian
tertulis dapat dilakukan dengan Lembar Penilaian Siswa
Tes Lisan : Siswa menjawab pertanyaan yang di ajukan oleh guru
Tes Kinerja : Diskusi kelompok tentang tata tertib di rumah dan
disekolah, cara memelihara
lingkungan
Alat
penilaian :
a.
Lembar
Kerja Siswa (Terlampir)
b.
Kunci
LKS (Terlampir)
c.
Butir-butir
soal tes (Terlampir)
Surabaya,
……..
contoh rpp
rpp sd
rpp matematika
rpp bahasa inggris
rpp bahasa indonesia
rpp dan silabus
rpp smp
rpp sma
silabus dan rpp
rpp bahasa inggris sd
rpp matematika smp
rpp smk
rpp bahasa inggris smp
rpp bahasa indonesia smp
rpp matematika sma
rpp seni budaya
rpp matematika sd
rpp pai
rpp bahasa inggris sma
rpp tik
rpp bahasa inggris smk
contoh rpp sd
rpp ips
rpp fisika smk
rpp biologi
rpp bahasa arab
rpp bahasa indonesia sma
rpp kimia
rpp bahasa inggris sd kelas 1-6
rpp kelas 3 sd
contoh rpp sd
contoh rpp sma
contoh rpp ktsp
contoh rpp 2013
contoh rpp matematika
contoh rpp biologi
contoh rpp tematik
contoh rpp smp
contoh rpp bahasa inggris
contoh rpp pai
contoh rpp tk
contoh rpp bahasa indonesia
contoh rpp ekonomi
contoh rpp fiqih
contoh rpp sekolah dasar
contoh rpp kurtilas
contoh rpp terpadu
contoh rpp bahasa inggris smp
contoh pembuatan rpp
contoh rpp kelas rangkap
contoh rpp bahasa inggris sd
contoh rpp ski
contoh rpp ipa
contoh rpp berkarakter
contoh silabus dan rpp
contoh rpp bahasa arab
contoh rpp terbaru
contoh rpp tematik kelas 3
contoh rpp bahasa inggris sma
contoh format rpp
0 comments: