RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) KELAS MATEMATIKA V (LIMA) /SEMESTER 1 (SATU)




Nama Sekolah            :          
Mata Pelajaran            : Matematika

Kelas/Semester            : V (Lima) / 1 (satu)
Alokasi Waktu            :2 X 35 menit
Tahun Pelajaran           : 2011/2012


Standar Kompetensi   :
2. Menggunakan pengukuran waktu, sudut, jarak, dan kecepatan dalam pemecahan masalah.
Kompetensi Dasar :
2.5 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan waktu, jarak, dan kecepatan
A.    INDIKATOR
1.      Kognitif
a.       Menjelaskan tentang pengertian jarak.
b.      Mendiskripsikan tentang pengetian kecepatan.
c.       Menjelaskan satuan jarak dan kecepatan.
d.      Menentukan jarak jika waktu dan kecepatan telah diketahui.
e.       Menentukan kecepatan jika jarak dan waktu telah diketahui.
f.       Menentukan waktu, jika jarak dan kecepatan telah diketahui.
g.      Menentukan waktu keberangkatan dan waktu tiba.
h.      Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan waktu, jarak, dan kecepatan

2.      Afektif
a.       Karakter :
Jujur, bertanggungjawab, toleransi, terbuka, menghormati pendapat, membantu teman yang kesulitan.
b.      Keterampilan soaial :
1)      Bertanya saat mengikuti proses pembelajaran tentang materi yang belum jelas saat mengalami kesulitan.
2)      Mendengarkan dengan baik penjelasan guru, menyampaian pendapat dan menghormati pendapat orang lain.
3)      Bekerja sama dan saling membatu antar teman. 

3.      Psikomotor
a.       Menghitung jarak dan kecepatan apbila salah satunya sudah diketahui. (tekun, rajin, toleransi dalam mengerjakan tugas)
b.      Mempresentasikan hasil diskusi antar kelompok tentang cara menentukan jarak dan kecepatan. (keberanian dalam melakukan presentasi, bahasa yang disampaikan santun dan mudah dipahami, penampilan dalam presentasi).
B.     TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Kognitif
a.       Setelah diberi penjelasan tentang suatu kejadian, siswa dapat menjelaskan tentang pengertian jarak dengan benar.
b.      Setelah diberikan suatu permasalahan, siswa dapat mendiskripsikan tentang pengetian kecepatan dengan benar.
c.       Setelah menjelaskan pengertian jarak dan kecepatan, siswa dapat menjelaskan satuan jarak dengan benar
d.      Setelah menjelaskan pengertian jarak dan kecepatan, siswa dapat menjelaskan satuan kecepatan dengan benar.
e.       Dengan diberikan suatu permasalahan yang berkaitan dengan jarak dan kecepatan, siswa dapat menentukan jarak jika waktu dan kecepatan telah diketahui dengan benar.
f.       Dengan diberikan contoh soal, siswa dapat menentukan kecepatan jika jarak dan waktu telah diketahui dengan benar.
g.      Ketika diberikan soal-soal latihan, siswa dapat menentukan waktu, jika jarak dan kecepatan telah diketahui dengan benar.
h.      Dengan diberikan contoh soal tentang masalah yang berkaitan jarak dan kecepatan, siswa dapat menentukan waktu keberangkatan dan waktu tiba dengan benar.
i.        Dengan diberikan penjelasan mengenai menentukan jarak dan kecepatan, siswa dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan jarak dengan benar.
j.        Dengan diberikan penjelasan mengenai menentukan jarak dan kecepatan, siswa dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kecepatan dengan benar.

2.      Afektif
a.       Karakter :
Selama terlibat dalam proses belajar mengajar yang berpusat pada siswa, paling tidak siswa mampu menunjukkan kemajuan yang dinilai dengan lembar penilaian siswa dalam perilaku yang berkarakter : Jujur, bertanggungjawab, toleransi, terbuka, menghormati pendapat, membantu teman yang kesulitan.
b.      Keterampilan sosial :
Selama terlibat dalam proses belajar mengajar yang berpusat pada siswa, paling tidak siswa dapat :
a)      Bertanya saat mengikuti proses pembelajaran tentang materi yang belum jelas saat mengalami kesulitan.
b)      Mendengarkan dengan baik penjelasan guru, menyampaian pendapat dan menghormati pendapat orang lain.
c)      Bekerja sama dan saling membatu antar teman. 

3.      Psikomotor
a.       Setelah mengikuti proses pembelajaran, siswa dapat menghitung jarak dan kecepatan apabila salah satunya sudah diketahui. (tekun, rajin, toleransi dalam mengerjakan tugas)
b.      Dengan diberikan kesempatan untuk presentasi didepan kelas, siswa dapat mempresentasikan hasil diskusi antar kelompok tentang cara menentukan jarak dan kecepatan. (keberaniandalam melakukan presentasi, bahasa yang disampaikan santun dan mudah dipahami, penampilan dalam presentasi)

C.    MATERI POKOK
*      Jarak menyatakan panjang atau jauh antara dua benda atau tempat. Satuan jarak adalah kilometer (km), meter (m), atau sentimater (cm).
*      Kecepatan adalah waktu yang digunakan untuk menempuh jarak tertentu, dalam waktu tertentu. Satuan kecepatan misalnya km/jam atau “kam per jam”.









*      Rumus untuk mencari waktu, jarak, dan kecepatan
KETERANGAN :
S = JARAK
V = KECEPATAN
T = WAKTU
V =  S
        t
S = V X t
 








t =  S
       v
 





D.    MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN
Model                   : STAD (Student Teams – Achievement Divisions)
Metode                 : Ceramah, Tanya-Jawab, Diskusi, Penugasan.

E.     LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Alokasi Waktu : 2 x 35menit
Kegiatan
Fase-fase
Kegiatan Pembelajaran
Guru
Siswa
Pendahuluan
(15 menit)
Fase I
Menyampaikan tuhuan dan mempersiapkan siswa
·         Mengucapkan salam pembuka
·         Kegiatan rutin guru : mengabsen siswa, cek kebersihan.


·         Apersepsi : memberi motifasi dengan menunjuk salah satu siswa untuk berjalan dari tempat satu ketempat lain.

·         Guru mengaitkan jawaban siswa dengan materi yang akan diajarkan.

·         Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
·         Menjawab salam dari guru.
·         Masuk kelas tepat waktu  dan menjaga kebersihan.

·         Melakukan apa yang diperintahkan guru.





·         Memperhatikan penjelasan guru



·         Mendengarkan apa yang dismpaikan guru.

Kegiatan inti
(45 menit)
Fase II
Menyajikan informasi
·         Menyampaikan informasi tentang pegertian jarak dan kecepatan.
·         Menentukan satuan jarak dan kecepatan



·         Memberikan soal latiahan untuk menentukan jarak dan kecepatan.
·         Mendengarkan penjelasan guru.


·         Memberi pendapat tentang pengertian dan satuan jarak dan kecepatan.


·         Mencari informasi tentang cara menentukan jarak dan kekepatan apabila salah satunya telah diketahui.
·         Menentukan jarak dan kecepatan dari suatu permasalahan.
·         Menyelesaikan suatu permasalahan yang berhubungan dengan jarak dan kecepatan.











Fase III
Mengorganisasikan siswa dalam kelompok belajar

·         Mengorganisasikan siswa dalam kelompok belajar yang terdiri dari 5 sampai 6 siswa.

·         Guru Memberi tugas siswa untuk berdiskusi bersama anggota kelompok untuk mengerjakan LKS.

                                        
·         Membentuk kelompok sesuai dengan arahan guru.


·         Memperhatikan penjelasan yang diberikan guru tentang tugas yang akan dikerjakan.
·         Berinteraksi antar kelompok untuk mengerjakan tugas.

Fase IV
Membimbing kelompok
·         Membimbing kelompok belajar dalam mengerjakan soal – soal dalam LKS.
·         Sebagai fasilitator.
·         Berdiskusi bersama anggota kelompok untuk mengerjakan LKS.
·         Mencari informasi tentang soal – soal dalam LKS untuk dicari jawabanya.
·         Mengajukan pertanyaan apabila mengalami kesulitan.

Fase V
Komunikasi
·         Membimbing siswa dalam proses pembelajaran.
·         Guru mengarahkan kegiatan siswa.
·         Mempresentasikan hasil diskusi dari masing-masing kelompok didepan kelas.
·         Melakukan timbal balik dengan kelompok lain.
·         Membahas LKS yang telah didiskusikan.


Fase VI
Evaluasi
·         Guru mengevaluasi hasil pekerjaan siswa dalam diskusi.




·         Guru membagi lembar penilaian dan menjelaskan cara penyelesaianya.
·         Mendengarkan penjelasan dari guru.
·         Mengajukan pendapat dan bertanya tentang meteri yang belum jelas.
·         Mengerjakan soal-soal dalam lembar penilaian yang diberikan oleh guru.
·         Mengumpulkan hasil pekerjaan masing-masing untuk dikoreksi.

Penutup
(10 menit)
Fase VI
Pemberian tugas dan penghargaan
·         Mengarahkan siswa dalam menyimpulkan materi.



·         Memberikan tugas lanjutan berupa pekerjaan rumah (PR).

·         Pemberian reward bagi kelompok belajar terbaik dan bagi siswa yang aktif dalam proses pembelajaran.
·         Menyimpulkan materi diakhir pembelajaran tentang materi yang telah dipelajari.

·         Siswa mencatat tugas rumah yang diberikan guru.


·         Menerima penghargaan yang diberikan oleh guru.




F.     MEDIA dan SUMBER BELAJAR
*   Soenarjo. 2007. Matematika 5 SD dan MI Kelas 5. Jakarta: Depdiknas.
*   Sumanto, dkk. 2008. Gemar Matematika Untuk SD/Mi Kelas V. Jakarta: Depdiknas.
*   Lembar Kerja Siswa.
*   Buku Siswa.
*   Permaianan ular naga.

G.    PENILAIAN
1.      Tes Tertulis : Penilaian tertulis dapat dilakukan dengan Lembar Penilaian tentang pengalaman mengesankan yang pernah dialami.
  1. Penugasan : mengerjakan soal yang diberikan guru (LKS)
  2. Performance : Diskusi
  



  Surabaya,  …………
           

0 comments: