RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) MATEMATIKA III (TIGA)/ SEMESTER 1 (SATU)



INGIN MENGUASAI BIDANG INI?????????



  
Nama Sekolah               :
Mata Pelajaran              : Matematika
Kelas/ Semester            : III (tiga)/ 1 (satu)
Alokasi Waktu              : 2 x 35 menit
Tahun Ajaran                :









 


I.          Standar Kompetensi      
1.         Melakukan operasi hitung bilangan sampai tiga angka.

II.        Kompetensi Dasar         
1.1 Melakukan penjumlahan dan pengurangan tiga angka.

III.       Indikator                       
1.         Menuliskan penjumlahan tanpa teknik menyimpan. (kognitif)
2.         Menuliskan penjumlahan dengan satu kali teknik penyimpanan. (kognitif)
3.         Menuliskan penjumlahan dengan dua kali teknik penyimpanan. (kognitif)
4.         Melakukan tugas dengan baik dan penuh tanggung jawab. (afektif)
5.         Mendiskusikan tentang kegiatan operasi hitung penjumlahan. (psikomotor)

IV.       Tujuan Pembelajaran   
1.         Dengan diberikan penjelasan dan contoh, siswa dapat menuliskan penjumlahan tanpa teknik menyimpan dengan baik dan benar.
2.         Dengan diberikan contoh soal dan penjelasan, siswa dapat menuliskan penjumlahan dengan satu kali teknik penyimpanan dengan baik dan benar.
3.         Dengan diberikan penjelasan dan contoh soal, siswa dapat menuliskan penjumlahan dengan dua kali teknik penyimpanan dengan baik dan benar.
4.         Dengan mengikuti kegiatan pembelajaran, siswa dapat melakukan tugas dengan baik dan penuh tanggung jawab.
5.         Dengan melakukan diskusi bersama, siswa dapat memahami tenatng operasi hitung penjumlahan dengan baik dan benar.

V.        Materi Pokok                 
Operasi Hitung Penjumlahan. (terlampir)

VI.       Model Pembelajaran   
Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT)
VII.     Proses Belajar Mengajar
Sintaks Pendekatan Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT)
Waktu yang digunakan 2 jp x 35 menit

Kegiatan
Fasefase
Kegiatan Guru dan Siswa
Karakter
01
02
03
04
Pendahuluan (10 menit)
Fase I
Menyampaikan tujuan dan mempersiapkan siswa.
·      Salam pembuka.
·      Kegiatan rutin guru : presensi, cek kebersihan.
·      Apersepsi : Guru memberikan motivasi siswa dengan melakukan tanya jawab dengan menanyakan berbagai pertanyaan, diantaranya:
a.       Anak-anak, siapa diantara kalian yang mempunyai uang seribu rupiah? Ayo angkat tangan!
b.      Ada juga yang mempunyai uang logam lima ratus rupiah?
c.       Sekarang siapa diantara kalian yang bisa menjumlahkan antara seribu rupiah di tambah dengan lima ratus rupiah tadi!
·      Guru dengan sabar memberikan kesempatan kepada seluruh siswa untuk mengutarakan pendapat sesuai dengan apa yang mereka ketahui.
·      Guru mengkaitkan jawaban siswa dengan materi yang akan diajarkan.
·      Guru mengkomunikasikan tujuan pembelajaran yang akan dilaksanakan pada pertemuan ini, agar siswa mempunyai arah yang jelas mengenai pembelajaran yang akan dilaksanakan.
(ceramah)

peduli
Kegiatan Inti
(55 menit)
Fase II
Menyampaikan informasi.
·     Guru menyajikan informasi dengan cara menuliskan salah satu contoh soal operasi hitung tanpa teknik menyimpan, untuk mempermudah pemahaman siswa mengenai operasi hitung penjumlahan.
(tanya jawab)
·     Kemudian guru melanjutkan menjelaskan tentang penjumlahan dengan cara satu kali teknik menyimpan, dan penjumlahan dengan cara dua kali teknik menyimpan. (ceramah dan tanya jawab)

peduli

Fase III
Mengorganisasikan siswa dan membimbing dalam kelompok belajar.
·      Guru mengorganisasikan siswa dalam membentuk kelompok diskusi, sesuai dengan pendekatan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together yang digunakan.
·      Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :
-          Penomoran
Penomoran adalah hal yang utama di dalam Numbered Heads Together, dalam tahap ini guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok atau tim yang beranggotakan tiga sampai lima orang dan memberi siswa nomor sehingga setiap siswa dalam tim mempunyai nomor berbeda-beda, sesuai dengan jumlah siswa di dalam kelompok.
-          Pengajuan Pertanyaan.
Langkah berikutnya adalah pengajuan pertanyaan, yaitu dengan cara guru membagikan LKS dan mengajukan pertanyaan kepada siswa. Pertanyaan yang diberikan dapat diambil dari materi pelajaran tentang operasi hitung penjumlahan yang memang sedang di pelajari. Dalam membuat pertanyaan ini  guru berusaha dengan cara berbagai variasi dari yang spesifik hingga bersifat umum dan dengan tingkat kesulitan yang bervariasi pula.
-          Berpikir Bersama.
Setelah mendapatkan pertanyaan-pertanyaan dari LKS yang diberikan oleh guru, siswa berpikir bersama untuk menemukan jawaban dan menjelaskan jawaban kepada anggota dalam timnya sehingga semua anggota mengetahui jawaban dari masing-masing pertanyaan. Dan guru membimbing kelompok belajar yang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan LKS.
-          Pemberian Jawaban.
Langkah terakhir yaitu guru menyebutkan salah satu nomor dan setiap siswa dari tiap kelompok/ tim yang bernomor sama untuk mengangkat tangan dan menyiapkan jawaban untuk seluruh kelas, kemudian guru secara random memilih kelompok yang harus menjawab pertanyan tersebut. Selanjutnya siswa yang nomornya disebut guru dari kelompok tersebut mengangkat tangan dan berdiri untuk menjawab pertanyaan. Kelompok lain yang bernomor sama menanggapi jawaban tersebut.

peduli,
kerja sama,
tanggung jawab

Fase IV
Evaluasi
·      Guru mengecek pemahaman siswa dengan beberapa pertanyaan untuk persiapan evaluasi.
·      Selanjutnya masing-masing siswa menyelesaikan soal-soal pada Tes Hasil Belajar (THB) yang disiapkan oleh guru.

peduli



kejujuran

Penutup
(15 menit)
Fase V
Pemberian penghargaan.
·      Guru membantu siswa dalam merangkum materi.
·      Guru memberikan tugas lanjutan (PR).
·      Pemberian reward/ penghargaan bagi kelompok belajar terbaik dan bagi beberapa orang siswa yang antusias dalam mengikuti pembelajaran.

peduli


VIII.    Media dan Sumber Belajar
a.       Media yang digunakan :
1.      Kalkulator
2.      Nomor Model Numbered Heads Together (NHT)
b.      Sumber belajar :
1.      Nur Fajariyah dan Defi Triratnawati. 2008. Cerdas Berhitung MATEMATIKA Untuk SD/ MI Kelas 3. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
2.      Buku pegangan siswa yang berkaitan dengan Matematika Kelas III.
3.      Buku siswa.
4.      Lembar Kegiatan Siswa (LKS)




IX.       Penilaian
1.      Tertulis : Penilaian tertulis dapat dilakukan dengan Tes Hasil Belajar (THB) tentang kegiatan melakukan operasi hitung penjumlahan tanpa menyimpan dan dengan menyimpan dilengkapi dengan lembar jawaban. (terlampir)
2.      Kinerja  : Diskusi, tentang kegiatan Operasi Hitung Penjumlahan. (terlampir)


                                

0 comments: