RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
INGIN MENGUASAI BIDANG INI?????????
Les Privat   BAHASA INGGRIS,   Mahir Conversation,   SPEAKING
AKTIF,   Bisa
Komunikasi Inggris, MAMPU MENJAWAB
TES TOEFL,  atau   MAU
MAHIR KOMPUTER,   Excel,    AUTOCAD,  
 Coreldraw,
PHOTOSHOP.   Kunjungi    SITUS KAMI
Contoh
pembuatan rpp,rpp berkarakter,rpp tematik,laporan rpp
RPP
bhs indonesia, RPP matematika, RPP IPA, RPP IPS, RPP pkn, RPP penjaskes
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) IPS
DAN BAHASA INDONESIA
Nama
Sekolah           : 
Tema                          : Lingkungan
Kelas/
Semester          : III/ 1
Mata
Pelajaran          : 1. IPS
2.
  BAHASA INDONESIA
Standar
Kompetensi 
1.   
IPS
1. Memahami lingkungan dan melaksanakan
kerjasama di sekitar rumah dan sekolah
2.   
BAHASA INDONESIA 
1. Mengungkapkan
pikiran, perasaan, pengalaman, dan petunjuk dengan bercerita dan memberikan
tanggapan/ saran
Kompetensi Dasar     
1.   
IPS
1.3 Membuat
denah dan peta lingkungan rumah dan sekolah
2.   
BAHASA INDONESIA 
2.1 Menceritakan pengalaman yang
mengesankan dengan menggunakan 
kalimat yang runtut
dan mudah dipahami
A.   
INDIKATOR
1. IPS
a.   
Kognitif
b.      Menjelaskan
pengertian denah dan  fungsi denah 
c.       Menjelaskan
arah mata angin dan
fungsi mata angin.
d.      Menceritakan
dan membaca tentang denah dan peta lingkungan.
e.       Membuat
denah rumah
menurut petunjuk yang diberikan.
b.  
Afektif
c.   
Psikomotor
2.   
BAHASA INDONESIA
a.   
Kognitif
b.  
Afektif
c.   
Psikomotor
B. 
TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.   
IPS
a.   
Kognitif
b.     
Setelah dijelaskan oleh guru tentang pengertian denah dan
fungsi denah, siswa dapat menjelaskan pengertian denah dan  fungsi denah dengan lancar.
c.      
Setelah
ditunjukkan gambar arah mata angin, siswa dapat menjelaskan arah mata
angin dan
fungsi mata angindengan baik
d.      Setelah ditunjukkan gambar denah dan peta lingkungan,
siswa dapat menceritakan dan membaca tentang denah dan peta
lingkungan dengan benar.
e.       Dengan mengikuti proses pembelajaran, siswa dapat membuat
denah rumah
menurut petunjuk yang diberikandengan
baik
b.  
Afektif
c.   
Psikomotor
2.   
BAHASA INDONESIA
d.   Kognitif
e.   
Afektif
f.    
Psikomotor
C.    MATERI POKOK
1.    IPS
     Denah dan peta
2.    BAHASA
INDONESIA
     Membuat atau melakukan
sesuatu berdasarkan urutan tertentu
D.   
MODEL DAN METODE
PEMBELAJARAN
1.                                                         
MODEL        :Pembelajaran
kooperatif tipe EXAMPLE NON EXAMPLE
2.     
METODE     :Ceramah,
diskusi, tanya jawab, presentasi, penugasan
E.    
LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
Kegiatan 
 | 
  
Fase-Fase 
 | 
  
Kegiatan
  Guru dan Siswa 
 | 
 
Pendahuluan  
(10
  menit) 
 | 
  
Fase I 
Menyampaikan tujuan dan mempersiapkan siswa 
 | 
  
CLUE:
   
1.    Aku
  adalah gambar yang menunjukkan lokasi atau bagian dari
  suatu tempat, siapakah aku? 
2.   
  Aku adalah gambaran bumi yang memiliki skala dan aku digunakan untuk mencari letak suatu tempat, siapakah aku? 
 | 
 
Kegiatan Inti  
( 50 menit) 
 | 
  
Fase II 
Menyajikan
  Informasi 
 | 
  |
Fase III 
Mengorganisasikan siswa dalam kelompok belajar 
 | 
  
Kelompok
  I 
Kelompok
  II 
Kelompok
  III 
Kelompok
  IV 
 | 
 |
Fase IV 
Membimbing
  kelompok 
 | 
  ||
Fase V 
Evaluasi 
 | 
  ||
Penutup
  (10
  menit) 
 | 
  
Fase VI 
Penutup dan Pemberian
  penghargaan 
 | 
  
F.    
SUMBER DAN MEDIA
PEMBELAJARAN
a.               
Sumber Belajar 
ü Warsidi,
Edi dan Farika. 2008. Bahasa Indonesia Membuatku Cerdas untuk kelas III SD /
MI. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional
ü Nursa’ban dan Rosmawan.2008.”Ilmu
Pengetahuan Sosial 3”.Jakarta;Pusat Perbukuan Depdiknas.
ü Sunarso dan Anis.2008.”Ilmu Pengetahuan
Sosial 3”.Jakarta:Pusat Perbukuan Depdiknas.
ü Hernawan,Edi dan Endang.2009.”Ilmu
Pengetahuan Sosial”.Jakarta;Pusat Perbukuan Depdiknas.
ü Inoki dan Mariono.2009.” Ilmu Pengetahuan
Sosial Bangga Menjadi Insan Berwawasan Lingkungan”.Jakarta;Pusat Perbukuan
Depdiknas.
ü Buku
Ajar
b.               
Media
ü Gambar-gambar ruangan dalam rumah
ü Gambar mata angin
ü Gambar peta jalan
G.   
PENILAIAN
1.     
Teknik Penilaian
a. Tes lisan   :  penilaian dilaksanakan pada saat siswa
presentasi.
b. Tes tulis :  LKS (Lembar Kerja
Siswa) dan Lembar Penilaian/ lembar evaluasi.
2.     
Bentuk Instrumen
a.
Pilihan ganda
b. Uraian
Temukan rpp yang
diinginkan, semua rpp ada di sini
rpp bahasa
indonesia kelas I sd semester 1
rpp bhs indonesia
kelas III sd semester 1
rpp bhs indonesia
kelas Iv sd semester 1
rpp bhs indonesia
kelas V sd semester 1
rpp ilmu
pengetahuan alam kelas III sd semester 1
rpp IPA kelas I
sd semester 1
rpp IPA kelas IV
sd semester 1
rpp ips kelas 4
semester 1
rpp IPS kelas III
sd semester 1
rpp IPS kelas V
sd semester 1
rpp
ips,ipa,mat,bhs indonesia,pkn kelas 1 semester 1
rpp matematika
kelas I sd semester 1
rpp matematika kelas III sd
semester 1
rpp matematika  kelas IV semester 1
rpp matematika
kelas II sd semester 1
rpp matematika
kelas V sd semester 1
rpp penjaskes
kelas X  semester 1
rpp penjaskes
kelas XI  semester 1
rpp penjaskes
kelas XII  semester 1
rpp PKN kelas 5
semester 1
rpp PKN kelas I
semester 1
0 comments: