RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) ILMU PENGETAHUAN ALAM
INGIN MENGUASAI BIDANG INI?????????
Les Privat BAHASA INGGRIS, Mahir Conversation, SPEAKING
AKTIF, Bisa
Komunikasi Inggris, MAMPU MENJAWAB
TES TOEFL, atau MAU
MAHIR KOMPUTER, Excel, AUTOCAD,
Coreldraw,
PHOTOSHOP. Kunjungi SITUS KAMI
Anda ingin membuat silabus MI, RPP untuk SD,rencana perencanaan
pembelajaran,rencana pelaksanaan pengajaran, Rencana pelaksanaan pembelajaran Sekolah
Dasar,rencana pelaksanaan pembelajaran berkarakter SD,perangkat pembelajaran
berkarakter SD,membuat RPP
berikut saya tampilkan contohnya, namun alangkah baiknya mengenal
terlebih dahulu tentang RPP
PENGERTIAN
RPP
Pengertian RPP, atau yang kita kenal dengan RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN
adalah sebuah perangkat pembelajaran yang mendukung seorang guru dalam kegiatan
belajar mengajar di kelas.
Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) adalah rencana yang untuk menggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar yang ditetapkan dalam Standar Isi dan telah dijabarkan dalam silabus. Lingkup Rencana Pembelajaran paling luas mencakup 1 (satu) kompetensi dasar yang terdiri atas 1 (satu) atau beberapa indikator untuk 1 (satu) kali pertemuan atau lebih. Landasan RPP tertera pada PP NO 19 TAHUN 2005 Pasal 20 yang berbunyi “Perencanaan proses pembelajaran meliputi silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran yang memuat sekurang-kurangnya tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, metode pembelajaran, sumber belajar, dan penilaian hasil belajar”
Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) adalah rencana yang untuk menggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar yang ditetapkan dalam Standar Isi dan telah dijabarkan dalam silabus. Lingkup Rencana Pembelajaran paling luas mencakup 1 (satu) kompetensi dasar yang terdiri atas 1 (satu) atau beberapa indikator untuk 1 (satu) kali pertemuan atau lebih. Landasan RPP tertera pada PP NO 19 TAHUN 2005 Pasal 20 yang berbunyi “Perencanaan proses pembelajaran meliputi silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran yang memuat sekurang-kurangnya tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, metode pembelajaran, sumber belajar, dan penilaian hasil belajar”
Dari
pengertian RPP di atas dapat kita pahami bahwa fungsi RPP adalah untuk mencapai
satu KD, dan tidak boleh memuat lebih dari satu kompetensi dasar di dalam
sebuah RPP.
Dengan
demikian RPP merupakan upaya untuk memperkirakan tindakan yang akan dilakukan
dalam kegiatan pembelajaran.
Contoh pembuatan rpp,rpp berkarakter,rpp
tematik,laporan rpp
RPP bhs indonesia, RPP matematika, RPP IPA, RPP IPS,
RPP pkn, RPP penjaskes
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester :
III/ 1
Alokasi
Waktu : 2 x 35 menit
Tema : Lingkungan
Standar
Kompetesi : Memahami ciri – ciri
kebutuhan makhluk hidup serta hal – hal yang
mempengaruhi perubahan pada makhluk hidup.
Kompetensi
Dasar : 1.1 Mengidentifikasi ciri – ciri
kebutuhan makhluk hidup.
A.
INDIKATOR
1.
Kognitif
Produk
:
Mampu
Ø Mengidentifikasi
ciri – ciri dan kebutuhan makhluk hidup.
Ø Membedakan
antara makhluk hidup dan makhluk tak hidup berdasarkan pengamatan ciri cirinya
Ø Mencari
informasi kebutuhan makhluk hidup antara lain manusia, hewan,dan tumbuhan.
Proses :
Ø Menemukan
ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup.
Ø Menjelaskan
antara makhluk hidup dan makhluk tak hidup berdasarkan pengamatan ciri-cirinya.
Ø Menyebutkan
kebutuhan makhluk hidup antara lain manusia, hewan, dan tumbuhan.
2.
Psikomotor
Menuliskan ciri-ciri dan kebutuhan
makhluk hidup yang dilihat berdasarkan
pengamatannya dan memberikan informasi tentang makhluk hidup dan tak hidup.
3.
Afektif
Mengembangkan
perilaku karakter :
Merespon pertanyaan dan
pendapat teman-temannya tentang mengidentifikasi ciri – ciri
kebutuhan makhluk hidup.
Mengembangkan
keterampilan sosial :
Memberikan komentar
atau pendapat dalam proses pembelajaran tentang mengidentifikasi
ciri – ciri kebutuhan makhluk hidup.
B.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.
Kognitif
Produk
:
Ø Dengan
adanya penjelasan langsung dari guru, siswa dapat mengidentifikasi
ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup.
Ø Dengan
disediakan contoh gambar makhluk
hidup yang telah di definisikannya,siswa
dapat membedakan antara makhluk hidup dan tak hidup berdasarkan pengamatan
ciri-cirinya.
Ø Dengan
hasil pengamatannya, siswa dapat memperoleh informasi kebutuhan makhluk hidup
antara lain manusia, hewan,dan tumbuhan.
Proses
:
Ø Dengan
mengikuti proses pembelajaran,siswa dapat mengidentifikasi cirri-ciri dan
kebutuhan makhluk hidup.
Ø Melalui
kegiatan diskusi siswa dapat membedakan antara makhluk hidup dan makhluk tak
hidup berdasarkan pengamatan ciri cirinya.
Ø Melalui
penjelasan dari guru, siswa dapat memperoleh informasi
kebutuhan makhluk hidup antara lain manusia, hewan,dan tumbuhan.
2.
Psikomotor
Dengan bimbingan guru,
siswa mampu menuliskan ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup yang dilihat berdasarkan pengamatannya dan
memberikan informasi tentang makhluk hidup dan tak hidup.
3.
Afektif
Mengembangkan perilaku
karakter :
Dengan mengikuti proses pembelajaran
yang disediakan, siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan makhluk
hidup.
Mengembangkan
keterampilan sosial :
Dengan
terlibat aktif dalam pembelajaran, siswa dapat mengkomunikasikan pembelajaran
melalui presentasi, tanya jawab, dan refleksi antara peserta belajar
C.
MATERI
POKOK
Ø Ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup
D.
MODEL
DAN METODE PEMBELAJARAN
Ø Model
: Direction Learning
Ø Metode : Ceramah, Tanya jawab, Penugasan, Diskusi
E. LANGKAH – LANGKAH
PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Fase - fase
|
Kegiatan guru dan
siswa
|
01
|
02
|
03
|
Pendahuluan
(5 menit)
|
Fase I
Menyampaikan
tujuan dan mempersiapkan siswa
|
Ø Salam
pembuka
Ø Doa
Ø Kegiatan
rutin guru : presensi, cek kebersihan
Ø Apersepsi
: memberikan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan tentang peristiwa:
1. Guru
menanyakan gambar apakah ini? (gambar kucing)
2. Siapa
yang bisa memberikan tanggapan pada gambar tersebut?
Ø Guru
mengaitkan jawaban siswa dengan materi yang akan diajarkan
Ø Menyampaikan tujuan pembelajaran tentang ciri-ciri dan
kebutuhan makhluk hidup
Ø Mengidentifikasi
ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup kemudian mencari informasi tentang makhluk
hidup dan tak hidup
Ø Menceritakan
hasil kesimpulan mengenai ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup
|
Kegiatan
inti
(55
menit)
|
Fase
II
Menyampaikan
informasi
|
Ø Guru
menyajikan informasi berupa makhluk hidup dan tak hidup
Ø Guru
menjelaskan materi yang akan diajarkan kepada siswa
|
Fase
III
Mengoganisasikan
siswa dalam kelompok belajar
|
Ø Guru
membagi siswa menjadi beberapa kelompok,
pembagian kelompok secara
heterogen
Ø Siswa
mengikuti proses pembelajaran agar dapat menyebutkan ciri-ciri dan kebutuhan makhluk
hidup
Ø Siswa
disuruh membedakan antara makhluk hidup dan makhluk tak hidup berdasarkan
pengamatan ciri cirinya
Ø Guru
membimbing kelompok belajar yang terbentuk agar bekerja sama dalam
menyelesaikan tugas yang diberikan.diskusi
Ø Guru
membagikan LKS dan cara penyelesaiannya. penugasan
|
|
Fase
IV
Membimbing
kelompok
|
Ø Guru
memantau kegiatan / aktivitas masing-masing kelompok dalam menyelesaikan soal-soal dalam LKS
Ø Guru
membimbing kelompok belajar yang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan LKS
|
|
Fase
V
Evaluasi
|
Ø Masing-masing
kelompok mempresentasikan hasil diskusi
Ø Guru
mengecek pemahaman siswa dengan memberikan beberapa pertanyaan untuk
persiapan evaluasi
Ø Masing-masing
siswa menyelesaikan soal-soal pada
lembar penilaian yang disiapkan guru
|
|
Penutup
(10
menit)
|
Fase
V1
Memberi
penghargaan
|
Ø Guru
membantu siswa dalam
merangkum materi
Ø Guru
memberikan tugas lanjutan (PR)
Ø Guru
memberikan reward bagi kelompok yang terbaik dan bagi beberapa orang siswa
yang antusias mengikuti pelajaran.
|
F. MEDIA DAN
SUMBER BELAJAR
1.
Media yang digunakan
v Gambar
(ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup)
v LKS
2.
Sumber belajar
o Rositawati S, Muharam Aris. 2008. Senang
Belajar Ilmu Pengetahuan Alam 1. Jakarta : Depdiknas
o Sulistyanto, Heri dan Wiyono,Edi. 2008.Ilmu
Pengetahuan Alam 3 SD/MI Kelas III.Jakarta : Depdiknas
o Buku pegangan siswa lain yang mendukung yang
berkaitan dengan IPA
o Internet
G. PENILAIAN
1. Tes Tulis : Penilaian tertulis
dapat dilakukan dengan mengerjakan
lembar penilaian tentang ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup yang di lengkapi
dengan kunci jawaban lembar penilaian.
2.
Tes kinerja : penilaian kinerja
dapat dilakukan melakukan diskusi selama pembelajaran berlangsung.
3.Hasil karya
siswa : LKS
Temukan
rpp yang diinginkan, semua rpp ada di sini
rpp bahasa indonesia kelas I sd semester 1
rpp bhs indonesia kelas III sd semester 1
rpp bhs indonesia kelas Iv sd semester 1
rpp bhs indonesia kelas V sd semester 1
rpp ilmu pengetahuan alam kelas III sd semester 1
rpp IPA kelas I sd semester 1
rpp IPA kelas IV sd semester 1
rpp ips kelas 4 semester 1
rpp IPS kelas III sd semester 1
rpp IPS kelas V sd semester 1
rpp ips,ipa,mat,bhs indonesia,pkn kelas 1 semester 1
rpp matematika kelas I sd semester 1
rpp
matematika kelas III sd semester 1
rpp matematika kelas IV semester
1
rpp matematika kelas II sd semester 1
rpp matematika kelas V sd semester 1
rpp penjaskes kelas X semester 1
rpp penjaskes kelas XI semester 1
rpp penjaskes kelas XII semester
1
rpp PKN kelas 5 semester 1
rpp PKN kelas I semester 1
0 comments: