RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA ( RPP ) KELAS EKSPERIMEN
INGIN MENGUASAI BIDANG INI?????????
Les Privat BAHASA INGGRIS, Mahir Conversation, SPEAKING
AKTIF, Bisa
Komunikasi Inggris, MAMPU MENJAWAB
TES TOEFL, atau MAU
MAHIR KOMPUTER, Excel, AUTOCAD,
Coreldraw,
PHOTOSHOP. Kunjungi SITUS KAMI
Anda ingin membuat
silabus MI, RPP untuk SD,rencana perencanaan pembelajaran,rencana pelaksanaan
pengajaran, Rencana pelaksanaan pembelajaran Sekolah Dasar,rencana pelaksanaan
pembelajaran berkarakter SD,perangkat pembelajaran berkarakter SD,membuat RPP
berikut saya
tampilkan contohnya, namun alangkah baiknya mengenal terlebih dahulu tentang
RPP
PENGERTIAN RPP
Pengertian RPP,
atau yang kita kenal dengan RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN adalah sebuah
perangkat pembelajaran yang mendukung seorang guru dalam kegiatan belajar
mengajar di kelas.
Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) adalah rencana yang untuk menggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar yang ditetapkan dalam Standar Isi dan telah dijabarkan dalam silabus. Lingkup Rencana Pembelajaran paling luas mencakup 1 (satu) kompetensi dasar yang terdiri atas 1 (satu) atau beberapa indikator untuk 1 (satu) kali pertemuan atau lebih. Landasan RPP tertera pada PP NO 19 TAHUN 2005 Pasal 20 yang berbunyi “Perencanaan proses pembelajaran meliputi silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran yang memuat sekurang-kurangnya tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, metode pembelajaran, sumber belajar, dan penilaian hasil belajar”
Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) adalah rencana yang untuk menggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar yang ditetapkan dalam Standar Isi dan telah dijabarkan dalam silabus. Lingkup Rencana Pembelajaran paling luas mencakup 1 (satu) kompetensi dasar yang terdiri atas 1 (satu) atau beberapa indikator untuk 1 (satu) kali pertemuan atau lebih. Landasan RPP tertera pada PP NO 19 TAHUN 2005 Pasal 20 yang berbunyi “Perencanaan proses pembelajaran meliputi silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran yang memuat sekurang-kurangnya tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, metode pembelajaran, sumber belajar, dan penilaian hasil belajar”
Dari pengertian RPP di atas dapat kita pahami bahwa fungsi RPP
adalah untuk mencapai satu KD, dan tidak boleh memuat lebih dari satu
kompetensi dasar di dalam sebuah RPP.
Dengan demikian
RPP merupakan upaya untuk memperkirakan tindakan yang akan dilakukan dalam
kegiatan pembelajaran.
Contoh pembuatan rpp,rpp
berkarakter,rpp tematik,laporan rpp
RPP bhs indonesia, RPP matematika, RPP
IPA, RPP IPS, RPP pkn, RPP penjaskes
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BAHASA
INDONESIA
( RPP ) KELAS EKSPERIMEN
Nama Sekolah :
Mata pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / semester : 5 / 1
Tahun pelajaran : 2011/2012
Alokasi
waktu : 2 x
35 menit
A. Standar Kompetensi : 4. Mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi
dan pengalaman secara tertulis dalam bentuk karangan, surat undangan dan dialog
tertulis.
B. Kompetensi Dasar : 4.3. Menulis dialog sederhana antara 2 atau 3 tokoh
dengan memperhatikan isi serta peranannya.
C. Indikator :
1. Kognitif
a.
Menentukan topik atau tema
b.
Menulis
dialog wawancara sederhana
c.
Menyimpulkan isi dialog.
2. Psikomotor
a.
Melakukan
observasi ke lapangan
3. Afektif
a.
Perilaku berkarakter
1) Siswa berani menjawab setiap pertanyaan
yang diberikan oleh guru.
b. Ketrampilan sosial
1) Siswa mampu bekerjasama dalam
menyeleseikan tugas.
2) Siswa mampu bersosialisasi dengan
lingkungan sekolah
D. Tujuan Pembelajaran
1. Kognitif
a.
Dengan diberi penjelasan tentang topik atau tema, siswa dapat menentukan topik atau tema
dengan sendiri yang sesuai
b.
Dengan dijelaskan
cara menulis dialog dan melakukan observasi secara berkelompok, siswa dapat dapat menulis dialog sederhana hasil wawancara dengan baik.
c.
Dengan memperhatikan pembacaan dialog, siswa akan dapat
menyimpulkan isi dialog dengan benar.
2. Psikomotor
a.
Dengan
diberikan kesempatan belajar di lapangan, siswa dapat
melakukan observasi
3. Afektif
a.
Perilaku berkarakter
1) Dengan diberikan kesempatan untuk
menjawab, siswa mengisi lembar
penilaian yang diberikan oleh guru dengan jujur tanpa menyontek jawaban
temannya.
b.
Ketrampilan sosial
1) Setelah
melakukan kegiatan kelompok, Siswa
mampu bekerjasama dalam menyeleseikan tugas dengan jujur tanpa menyontek
jawaban kelompok lain.
2) Setelah
melakukan kegiatan dilingkungan sekolah, Siswa mampu bersosialisasi dengan lingkungan sekolah secara lancar.
E. Materi Pokok : Menulis Dialog
Sederhana hasil wawancara
F. Metode,Model Dan Pendekata Pembelajaran :
a. Metode : Ceramah, diskusi , penugasan, dan tanya jawab.
b. Model : Picture and Picture
c. Pendekatan : Kontekstual
G. Langkah-langkah Pembelajaran :
1. Kegiatan Pendahuluan
a. Salam pembuka
b.Kegiatan rutin guru : Presensi
c. Apersepsi :
memotivasi siswa dengan membacakan contoh teks dialog dan memberikan beberapa
pertanyaan (pemodelan)
1) Apa
topik dari dialog yang baru saja ibu baca?(Tanya jawab)
2) Siapa
saja pelaku pada dialog tersebut?(Tanya jawab)
d.
Guru mengaitkan jawaban siswa dengan materi yang akan
diajarkan.
e. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
2. Kegiatan Inti
a. Guru menunjukkan gambar antara 2 orang yang sedang
melakukan wawancara. (pemodelan)
b.Siswa memperhatikan gambar yang ditunjukan oleh guru
c. Siswa mendengarkan pejelasan dari guru
d.
Guru menjelaskan
cara menulis dialog dan cara menentukan topik atau tema
e. Guru
membentuk siswa menjadi beberapa kelompok setiap kelompok berjumlah 4-5
siswa.(masyarakat belajar)
f. Guru membagikan tugas yang akan dikerjakan saat
observasi.
g.Siswa merencanakan kegiatan yang akan dilakukan saat melakukan
observasi(inkuiri)
h.Siswa secara kelompok melakukan observasi ke lapangan untuk wawancara ke
narasumber.(masyarakat belajar)
i. Guru memantau kegiatan siswa disaat melakukan
wawancara ke narasumber
j. Siswa membuat dialog secara kelompok.(kontruktivisme)
k.Perwakilan dari tiap kelompok membacakan dialog yang sudah dibuat didepan
kelas
l. Guru
mengomentari penampilan siswa.(penilaian otentik)
m. Guru membagikan lembar evaluasi
n.
Siswa
mengerjakan lembar evaluasi.( kontruktivisme)
o.
Guru
memantau siswa di saat mengerjakan lembar evaluasi
p.
Guru dan
siswa mengoreksi hasil lembar evaluasi. .(penilaian otentik)
3. Kegiatan Akhir
a. Guru bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan materi yang dipelajari terhadap proses dan hasil belajar hari itu.(refleksi)
b. Guru memberikan kesempatan siswa untuk
mengungkapkan pengalaman siswa jika ada yang mengalami kegagalan karena
perencanaan yang kurang cermat. (refleksi)
c. Pemberian
reword bagi siswa belajar
terbaik dan bagi beberapa siswa yang antusias mengikuti pembelajaran
d. Guru
memberi tugas lanjutan
H. Alat/Bahan, media dan Sumber
Belajar :
1. Alat/bahan : a. instrumen penilaian
3)
Lembar
evaluasi
2. Media :
naska dialog dan gambar orang yang melakukan wawancara
3. Sumber
belajar :
Tim
Forum. Pendamping BSE Bahasa Indonesia
untuk SD Kelas V Semester 1. Surabaya :
Lentera Ilmu
Edi
Warsidi. 2008. Bahasa Indonesia membuatku
cerdas 5 : untuk kelas V
SD/MI. Jakarta : Pusat Perbukuan. Departemen Pendidikan Nasional
I.
Penilaian : a. Tes Tulis
b. Kinerja
c. Tes lisan
Temukan rpp yang diinginkan, semua rpp ada di sini
rpp bahasa indonesia kelas I sd semester 1
rpp bhs indonesia kelas III sd semester 1
rpp bhs indonesia kelas Iv sd semester 1
rpp bhs indonesia kelas V sd semester 1
rpp ilmu pengetahuan alam kelas III sd semester 1
rpp IPA kelas I sd semester 1
rpp IPA kelas IV sd semester 1
rpp ips kelas 4 semester 1
rpp IPS kelas III sd semester 1
rpp IPS kelas V sd semester 1
rpp ips,ipa,mat,bhs indonesia,pkn kelas 1 semester 1
rpp matematika kelas I sd semester 1
rpp matematika
kelas III sd semester 1
rpp matematika kelas
IV semester 1
rpp matematika kelas II sd semester 1
rpp matematika kelas V sd semester 1
rpp penjaskes kelas X
semester 1
rpp penjaskes kelas XI
semester 1
rpp penjaskes kelas XII
semester 1
rpp PKN kelas 5 semester 1
rpp PKN kelas I semester 1
0 comments: