RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) BAHASA INDONESIA SEMESTER 1




INGIN MENGUASAI BIDANG INI?????????
Anda ingin membuat silabus MI, RPP untuk SD,rencana perencanaan pembelajaran,rencana pelaksanaan pengajaran, Rencana pelaksanaan pembelajaran Sekolah Dasar,rencana pelaksanaan pembelajaran berkarakter SD,perangkat pembelajaran berkarakter SD,membuat RPP
berikut saya tampilkan contohnya, namun alangkah baiknya mengenal terlebih dahulu tentang RPP

PENGERTIAN RPP
Pengertian RPP, atau yang kita kenal dengan RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN adalah sebuah perangkat pembelajaran yang mendukung seorang guru dalam kegiatan belajar mengajar di kelas.
Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) adalah rencana yang untuk menggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar yang ditetapkan dalam Standar Isi dan telah dijabarkan dalam silabus. Lingkup Rencana Pembelajaran paling luas mencakup 1 (satu) kompetensi dasar yang terdiri atas 1 (satu) atau beberapa indikator untuk 1 (satu) kali  pertemuan atau lebih. Landasan RPP tertera pada PP NO 19 TAHUN 2005 Pasal 20 yang berbunyi “Perencanaan proses pembelajaran meliputi silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran yang memuat sekurang-kurangnya tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, metode pembelajaran, sumber belajar, dan penilaian hasil belajar
Dari pengertian RPP di atas dapat kita pahami bahwa fungsi RPP adalah untuk mencapai satu KD, dan tidak boleh memuat lebih dari satu kompetensi dasar di dalam sebuah RPP.
Dengan demikian RPP merupakan upaya untuk memperkirakan tindakan yang akan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran.

Contoh pembuatan rpp,rpp berkarakter,rpp tematik,laporan rpp
RPP bhs indonesia, RPP matematika, RPP IPA, RPP IPS, RPP pkn, RPP penjaskes

 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
BAHASA INDONESIA SEMESTER 1



SD                                 :
Mata Pelajaran          : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester         : III/ 1
Pertemuan ke -          :
Alokasi Waktu           : 3 x 35 (menit)


I.      Standar Kompetensi       
4.      Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk paragraf dan puisi.
II. Kompetensi Dasar
4.1 Menyusun paragraf berdasarkan bahan yang tersedia dengan memperhatikan penggunaan ejaan.
III.   .Indikator           
a.      Kognitif
1.       Menjelaskan cara penggunaan ejaan yang benar.
2.      Menjelaskan cara menyusun paragraf yang benar.
3.      Menjelaskan cara menyusun paragraf dengan penggunaan ejaan yang benar.

b.      Psikomotor
1.    Mempresentasikan hasil kerja (  keberanian melakukan presentasi, jelas dalam penyampaian, tutur bahasa santun dan mudah di pahami, sikap tubuh ketika presentasi )

c.       Afektif
1.      Karakter ( jujur, peduli, tanggung jawab, toleransi, selalu melakukan yang terbaik, kreatif, terbuka dan mendengarkan pendapat teman,tidak mencela teman, membantu teman yang membutuhkan )
2.      Keterampilan sosial ( bertanya, menyumbang ide atau berpendapat, menjadi pendengar yang baik, komunikasi bekerja sama )

3.        Tujuan Pembelajaran   
Kognitif
1.      Melalui penjelasan guru, siswa dapat menggunakan tanda ejaan dengan benar.
2.      Melalui buku, siswa dapat menyusun paragraf yang benar.
3.      Melalui pengamatan, siswa mampu menyusun paragraf dengan penggunaan ejaan yang benar.
Psikomotor
1.      Mempresentasikan hasil kerja ( keberanian melakukan presentasi, kejelasan dalam penyampain, tutur bahasanya santun dan mudah di pahami, sikap tubuh ketika presentasi )
     Afektif
     Karakter :
1.      Selama terlibat dalam proses pembelajaran yang berpusat pada siswa, paling tidak siswa mampu menunjukkan kemajuan dalam perilaku yang berkarakter  ( jujur, peduli, tanggung jawab, toleransi, selalu melakukan yang terbaik, kreatif, terbuka dan mendengarkan pendapat teman,tidak mencela teman, membantu teman yang membutuhkan )
      Keterampilan sosial  :
1.      Selama terlibat dalam proses pembelajaran yang berpusat pada siswa, paling tidak siswa mampu menunjukkan kemajuan sehingga dapat menunjukkan keterampilan sosial ( bertanya, menyumbang ide atau berpendapat, menjadi pendengar yang baik, komunikasi bekerja sama )

4.        Materi Pokok pembelajaran
Ø  Menyusun paragraf
*      Sub materi :
a.       Kesatuan
   Kesatuan paragraf berarti bahwa paragraf hanya mengandung satu gagasan pokok. Gagasan pokok diletakkan dalam sebuah kalimat utama.
b.      Kepaduan
Kepaduan paragraf adalah hubungan antara kalimat-kalimat dalam satu paragraf.


c.       Kelengkapan
Kelengkapan paragraf berarti bahwa kelimat-kalimat penjelas sudah tuntas menjelaskan kalimat utama.

5.        Pendekatan, Metode dan Model pembelajaran         
a.    Pendekatan                            : PAKEM
b.   Model                                     : JIGSAW
Langkah-Langkah :
1.         Siswa dikelompokkan ke dalam  anggota tim
2.         Tiap orang dalam tim diberi bagian materi yang berbeda
3.         Tiap orang dalam tim diberi bagian materi yang ditugaskan
4.         Anggota dari tim yang berbeda yang telah mempelajari bagian/sub bab yang sama bertemu dalam kelompok baru (kelompok ahli) untuk mendiskusikan sub bab mereka
5.         Setelah selesai diskusi sebagai tim ahli tiap anggota kembali ke kelompok asal dan bergantian mengajar teman satu tim mereka tentang sub bab yang mereka kuasai dan tiap anggota lainnya mendengarkan dengan sungguh-sungguh
6.         Tiap tim ahli mempresentasikan hasil diskusi
7.         Guru memberi evaluasi
8.         Penutup
6.      Langkah- langkah Pembelajaran
1.      Kegiatan Pendahuluan
Kegiatan
Penilaian oleh pengamat
1
2
3
4
Fase 1
megkondisikan siswa dalam keadaan siap belajar.
1.    Salam pembuka
2.    Presensi (kegiatan rutin guru)
3.   Refleksi materi dengan memberikan pertanyaan :
۞   Pernakah kalian menulis surat ?
4.   Diharapkan siswa dapat menyumbang ide atau berpendapat, sementara siswa lain mendengarkan pendapat temannya, terbuka ketika mendengarkan pendapat teman, tidak mencela pendapat teman, dan berkomunikasi secara santun. Guru secara sabar dan penuh perhatian memberi kesempatan kepada siswanya untuk menyampaikan ide-idenya.
5.   Guru mengaitkan dari jawaban yang diketahui siswa dengan materi yang akan diajarkan
6.   Siswa membentuk kelompok diskusi sesuai ketentuan.
7.   Siswa diminta untuk menyiapkan buku materi.






2.      kegiatan inti 
Kegiatan
Penilaian oleh pengamat
1
2
3
4
Fase 2
Penjelasan materi serta diskusi dalam kelompok.
1.      Guru melakukan orientasi, agar siswa dapat terpusat pada salah satu materi, yaitu menyusun paragraf dengan menggunakan ejaan.
2.      Guru menjelaskan cara penggunaan ejaan yang benar
3.      Guru menjelaskan cara-cara menyusun paragraf dengan menggunakan ejaan yang benar.
4.      Setiap siswa mendapat gambar yang berbeda, sedangkan siswa yang mendapat gambar yang sama membentuk kelompok ahli.
5.      Siswa berdiskusi dengan kelompoknya setelah mengamati gambar dan membuat satu paragraf menjadi kalimat sederhana.
6.      Guru memberikan bimbingan agar kerja kelompok dapat berjalan dengan baik, tiap anggota kelompok harus peduli, selalu melakukan yang terbaik, terbuka dan mendengarkan pendapat teman, tidak mencela teman dengan kasar.
7.      Guru secara aktif memantau dan memberikan bimbingan selama siswa bekerja kelompok, permasalahan yang timbul dalam kelompok diharapkan siswa dapat menyelesaikan bersama dengan kelompoknya masing – masing,
8.      Guru meminta siswa untuk berhati-hati dalam bekerja, mengoptimalkan kreativitasnya dan bertanggung jawab pada hasil kerjanya nanti, sepanjang pengawasan dan bimbingan dari guru, siswa diminta untuk bersikap jujur apabila ada permasalahan yang tidak bisa diselesaikan, mendorong siswa untuk dapat bekerja sama dan rukun serta membagi tugas secara adil, mendorong siswa yang pandai untuk membantu temannya yang membutuhkan bantuan, menyarankan pada temannya untuk dapat menyumbangkan ide atau pendapatnya saat diskusi.
9.      Tiap-tiap kelompok dapat mempresentasikan hasil kerjanya ke depan kelompok lain secara bergiliran, kelompok lain dapat menanggapi hasil kerja kelompok temanya, di perbolehkan memberikan pertanyaan maupun berpendapat yang lain.
10.  Guru memberikan evaluasi dan memberikan nilai pada tiap – tiap hasil kerja kelompok dan penampilan saat melakukan presentasi. Sebelum penilain guru memberikan bimbingan pada seluruh kelompok agar bertanggung jawab dari hasil kerja kelompoknya, apabila ada kelompok lain menanggapi dan terkesan memiliki toleransi terhadap perbedaan, maka guru segara mungkin memberikan pujian bagi siswa yang memberi tanggapan sebagai umpan balik agar karakter ini siswa yang lain dapat mengikutinya.






3.      Kegiatan Penutup 
Kegiatan
Penilaian oleh pengamat
1
2
3
4
Fase 3
Kesimpulan hasil pembelajaran.
1.      Bersama dengan siswa menyimpulkan proses terjadinya pembelajaran
2.      Guru memberikan tugas rumah agar senantiasa siswa dapat belajar di rumah untuk menyelesaikan tugas rumah tersebut.
3.      Salam penutup/do’a.





Kriteria penilaian pengamat
1 = Kurang
2 = Cukup
3 = Baik
4 = Baik Sekali

 
7.      Penilaian
1.      Tertulis : Lembar Kerja Siswa (LKS)

2.      Kinerja : Mandiri, kekompakan dalam kelompok.
NILAI AKHIR = Jumlah nilai yang diperoleh x 100
                  Jumlah nilai maksimal
 
 8.     Sumber Belajar
Ø  Media              : Menulis Paragraf Melalui Media Gambar.
Ø  Sumber            : Buku paket Bahasa Indonesia kelas III SD Penerbit Yudhistira.

 

          Temukan rpp yang diinginkan, semua rpp ada di sini
rpp bahasa indonesia kelas I sd semester 1
rpp bhs indonesia kelas III sd semester 1
rpp bhs indonesia kelas Iv sd semester 1
rpp bhs indonesia kelas V sd semester 1
rpp ilmu pengetahuan alam kelas III sd semester 1
rpp IPA kelas I sd semester 1
rpp IPA kelas IV sd semester 1
rpp ips kelas 4 semester 1
rpp IPS kelas III sd semester 1
rpp IPS kelas V sd semester 1
rpp ips,ipa,mat,bhs indonesia,pkn kelas 1 semester 1
rpp matematika kelas I sd semester 1
rpp matematika kelas III sd semester 1
rpp matematika  kelas IV semester 1
rpp matematika kelas II sd semester 1
rpp matematika kelas V sd semester 1
rpp penjaskes kelas X  semester 1
rpp penjaskes kelas XI  semester 1
rpp penjaskes kelas XII  semester 1
rpp PKN kelas 5 semester 1
rpp PKN kelas I semester 1


  


0 comments: