RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) MATEMATIKA KELAS III (TIGA) / SEMESTER I (SATU)
INGIN MENGUASAI BIDANG INI?????????
Les Privat BAHASA INGGRIS, Mahir Conversation, SPEAKING
AKTIF, Bisa
Komunikasi Inggris, MAMPU MENJAWAB
TES TOEFL, atau MAU
MAHIR KOMPUTER, Excel, AUTOCAD,
Coreldraw,
PHOTOSHOP. Kunjungi SITUS KAMI
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : III (Tiga) / I (Satu)
Alokasi Waktu : 2 x 35 Menit
Tema : Pengalaman
A.
STANDAR
KOMPETENSI
1. melakukan
operasi hitung bilangan sampai tiga angka
B.
KOMPETENSI
DASAR :
1.3 melakukan perkalian yang hasilnya
bilangan tiga angka dan pembagian bilangan tiga angka (perkalian)
C.
INDIKATOR
1. Kognitif
a.
Mendeskripsikan
pengertian perkalian
b.Melakukan operasi hitung perkalian bilangan yang
hasilnya 3 angka dengan cara mendatar
c.
Melakukan operasi hitung perkalian bilangan yang hasilnya 3 angka dengan
cara bersusun panjang
d.
Melakukan operasi hitung perkalian bilangan yang hasilnya 3 angka dengan
cara bersusun pendek
2.
Psikomotor
a. Mempresentasikan tugas
diskusi kelompok di depan kelas, secara bergiliran.
(keberanian dalam menceritakan, bahasa yang disampaikan santun dan mudah
dipahami, penampilan dalam simulasi).
3.
Afektif
a.
Jujur,
tanggungjawab, toleransi, terbuka, menghormati pendapat, membantu teman yang
membutuhkan.
D.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.
Kognitif
a. Setelah
diberikan penjelasan mengenai konsep perkalian, siswa dapat mendeskripsikan
konsep perkalian dengan benar
b. Setelah
diberikan contoh cara menghitung perkalian, siswa dapat melakukan operasi hitung perkalian bilangan yang hasilnya 3 angka dengan
cara mendatar dengan benar
c. Setelah
diberikan contoh cara menghitung perkalian, siswqa dapat melakukan operasi hitung perkalian bilangan
yang hasilnya 3 angka dengan cara bersusun panjang dengan benar
d. Setelah
diberikan penjelasan mengenai cara melakukan operasi hitung perkalian, siswa
dapat melakukan operasi hitung
perkalian bilangan yang hasilnya 3 angka dengan cara bersusun pendek dengan
benar
2.
Psikomotor
a. Setelah dibverikan penjelasan oleh guru, siswa dapat mempresentasikan hasil
diskusi kelompok di depan kelas dengan berani. (
keberanian dalam menceritakan isi teks bacaan, bahasa yang disampaikan santun
).
3.
Afektif
a. Selama
terlibat dalam proses belajar mengajar yang berpusat pada siswa, paling tidak
siswa mampu menunjukkan kemajuan dalam prilaku yang berkarakter : (Jujur,
tanggungjawab, toleransi, terbuka, menghormati pendapat, membantu teman yang
membutuhkan.)
E.
MATERI
POKOK
Ø Melakukan
operasi hitung perkalian
Ø Sifat-sifat
perkalian
Sifat assosiatif
Sifat Komutatif
Sifat distributif
Ø Cara
melakukan operasi hitung perkalian
Menghitung perkalian
dengan menggunakan cara mendatar
Menghitung perkalian
dengan menggunakan cara bersusun panjang
Menghitung perkalian
dengan menggunakan cara bersusun pendek
F.
MODEL
DAN PEMBELAJARAN
a. Model : Model pembelajaran Kooperative tipe
Number Head Together
b. Metode : diskusi, tanya jawab, ceramah
G.
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Fase-fase
|
Kegiatan pembelajaran
|
|
01
|
02
|
03
|
|
Pendahuluan
(10 Menit)
|
Fase I
Menyiapkan siswa dan
penyampaian tujuan pembelajaran
|
·
Salam pembuka
·
Kegiatan rutin guru :
presensi, cek kerapian
·
Apersepsi : guru mengulas pelajaran yang lalu.
·
Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran
|
·
Salam pembuka
·
Kegiatan ruti siswa :
presensi, cek kerapian
·
Apersepsi : siswa mengulas pembelajaran yang lalu
·
Siswa mendengarkan
tujuan pembelajaran yang disampaikan oleh guru
|
Kegiatan Inti
(50 Menit)
|
Fase II
Penyajian informasi
|
·
Guru menjelaskan tentang
konsep perkalian
·
Guru menjelaskan cara
mengoperasikan operasi hitung perkalian dengan cara bersusun panjang dan
bersusun pendek
|
·
Siswa mendengarkan
penjelasan guru mengenai operasi hitung perkalian
·
Siswa mendengarkan
penjelasan guru mengenai operasi hitung perkalian dengan cara bersusun
panjang dan bersusun pendek
|
Fase III
Pengorganisasian
siswa
|
·
Guru membagi siswa menjadi 8 kelompok.
Setiap kelompok terdiri dari 6 siswa dan setiap siswa mendapatkan nomor urut
1-6
·
Guru memberikan LKS
pada masing-masing kelompok
|
·
Siswa dibagi menjadi
8 kelompok. Setiap kelompok terdiri dari 6 orang dan setiap siswa mendapatkan
nomor urut 1-6
·
Siswa mendapatkan LKS
yang diberikan guru dan cara mengerjakannya disesuaikan dengan nomor urut
yang diberikan
|
|
Fase IV
komunikasi
|
·
Guru menyuruh siswa
untuk mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya
·
Guru mengajak
perwakilan dari kelompo untuk mempraktekkan cara menerapkan hidup rukun di
rumah dan di sekolah
|
·
Siswa
mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas
·
Siswa mempraktekkan
cara menerapkan hidup rukun di rumah dan di sekolah
|
|
Fase VI
Evaluasi
|
·
Guru membagikan
Lembar Penilaian pada masing-masing siswa
|
·
Siswa mengerjakan
Lembar penilaian yang diberikan oleh guru
|
|
Penutup
(10 menit)
|
Fase VII
Penutup dan Pemberian
reward
|
·
guru
bersama-sama dengan siswa menyimpulkan
materi diakhir pembelajaran.
·
Pemberian reward bagi
kelompok belajar terbaik dan bagi siswa yang aktif dalam proses pembelajaran.
|
·
Siswa bersama dengan
guru menyimpulkan materi yang telah diajarkan
·
Siswa yang aktif
menerima reward
|
H. SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
1.
Sumber Belajar :
a.
Fajariyah, nur. 2008. Pandai
berhitung matematika : Untuk SD / MI kelas III. Jakarta. Pusat perbukuan
b.
Suharyanto.2008. Matematika II1 :
Untuk SD / MI kelas III. Jakarta.
Pusat perbukuan
c.
Bahan ajar
d.
Buku penunjang lain yang relevan
e.
LKS
2.
Alat / Media :
a.
Tabel perkalian
I. PENILAIAN
1.
Tes Tulis : Penilaian tertulis dapat dilakukan dengan
Lembar Penilaian tentang operasi hitung perkalian
- Tes Lisan : Siswa menjawab pertanyaan yang di ajukan Guru
- Penugasan : mengerjakan soal yang diberikan guru
0 comments: