ENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
INGIN MENGUASAI BIDANG INI?????????
Les Privat BAHASA INGGRIS, Mahir Conversation, SPEAKING
AKTIF, Bisa
Komunikasi Inggris, MAMPU MENJAWAB
TES TOEFL, atau MAU
MAHIR KOMPUTER, Excel, AUTOCAD,
Coreldraw,
PHOTOSHOP. Kunjungi SITUS KAMI
Contoh
pembuatan rpp,rpp berkarakter,rpp tematik,laporan rpp
RPP
bhs indonesia, RPP matematika, RPP IPA, RPP IPS, RPP pkn, RPP penjaskes
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) IPS
DAN BAHASA INDONESIA
Nama
Sekolah :
Tema : Lingkungan
Kelas/
Semester : III/ 1
Mata
Pelajaran : 1. IPS
2. BAHASA INDONESIA
Standar
Kompetensi
1.
IPS
1. Memahami lingkungan dan melaksanakan
kerjasama di sekitar rumah dan sekolah
2.
BAHASA INDONESIA
1. Mengungkapkan
pikiran, perasaan, pengalaman, dan petunjuk dengan bercerita dan memberikan
tanggapan/ saran
Kompetensi Dasar
1.
IPS
1.3 Membuat
denah dan peta lingkungan rumah dan sekolah
2.
BAHASA INDONESIA
2.1 Menceritakan pengalaman yang
mengesankan dengan menggunakan
kalimat yang runtut
dan mudah dipahami
A.
INDIKATOR
1. IPS
a.
Kognitif
b. Menjelaskan
pengertian denah dan fungsi denah
c. Menjelaskan
arah mata angin dan
fungsi mata angin.
d. Menceritakan
dan membaca tentang denah dan peta lingkungan.
e. Membuat
denah rumah
menurut petunjuk yang diberikan.
b.
Afektif
Mendengarkan
penjelasan guru atau teman saat pelajaran.
Bekerjasama
dengan kelompok dalam menyelesaikan tugas
Jujur
dalam menyelesaikan tugas
c.
Psikomotor
Menjodohkan
gambar suatu kegiatan dengan ruangan dalam denah
2.
BAHASA INDONESIA
a.
Kognitif
Menceritakan pengalaman yang mengesankan
b.
Afektif
Mendengarkan
penjelasan guru
Berani menceritakan pengalaman mengesankan yang pernah dialami
c.
Psikomotor
Memberikan
tanggapan pada cerita yang
telah diceritakan teman yang lain
B.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.
IPS
a.
Kognitif
b.
Setelah dijelaskan oleh guru tentang pengertian denah dan
fungsi denah, siswa dapat menjelaskan pengertian denah dan fungsi denah dengan lancar.
c.
Setelah
ditunjukkan gambar arah mata angin, siswa dapat menjelaskan arah mata
angin dan
fungsi mata angindengan baik
d. Setelah ditunjukkan gambar denah dan peta lingkungan,
siswa dapat menceritakan dan membaca tentang denah dan peta
lingkungan dengan benar.
e. Dengan mengikuti proses pembelajaran, siswa dapat membuat
denah rumah
menurut petunjuk yang diberikandengan
baik
b.
Afektif
Dengan
mendengarkan penjelasan dari guru, siswa akan dapat menyelesaikan tugas-tugas
yang diberikan oleh guru dengan baik dan benar.
Dengan
bekerja sama dengan kelompok, siswa akan dapat mengerjakan tugas sesuai dengan materi
yang di sampaikan guru dengan
cepat dan tepat
Dengan
jujur dalam menyelesaikan tugas, siswa akan dapat menyelesaikan tugas dengan
percaya diri dan mandiri
c.
Psikomotor
Setelah mengikuti proses pembelajaran tentang denah,
siswa dapat menjodohkan gambar suatu kegiatan dengan ruangan dalam denah dengan benar
2.
BAHASA INDONESIA
d. Kognitif
Dengan mengikuti proses pembelajaran, siswa dapat menceritakan
pengalaman yang mengesankan dengan lancar
e.
Afektif
Dengan mendengarkan penjelasan guru, siswa dapat menceritakan bagaimana cara bercerita
dengan baik
Setelah mengalami pengalaman yang mengesankan, siswa berani menceritakan pengalaman mengesankan yang pernah dialami dengan
lancar
f.
Psikomotor
Setelah mendengarkan cerita teman, siswa dapat memberikan
tanggapan pada cerita yang
telah diceritakan teman yang lain dengan benar
C. MATERI POKOK
1. IPS
Denah dan peta
2. BAHASA
INDONESIA
Membuat atau melakukan
sesuatu berdasarkan urutan tertentu
D.
MODEL DAN METODE
PEMBELAJARAN
1.
MODEL :Pembelajaran
kooperatif tipe EXAMPLE NON EXAMPLE
2.
METODE :Ceramah,
diskusi, tanya jawab, presentasi, penugasan
E.
LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Fase-Fase
|
Kegiatan
Guru dan Siswa
|
Pendahuluan
(10
menit)
|
Fase I
Menyampaikan tujuan dan mempersiapkan siswa
|
Salam
pembuka
Absensi yang dilakukan oleh guru
Kegiatan
rutin guru : cek kebersihan dan kerapian.
Apersepsi
: memotivasi siswa dengan cara memberikan
pertanyaan – pertanyaan yang dapat memancing siswa terhadap materi. Guru memberikan
beberapa pertanyaan clue untuk membuka
gambar rahasia.(Metode Tanya jawab)
CLUE:
1. Aku
adalah gambar yang menunjukkan lokasi atau bagian dari
suatu tempat, siapakah aku?
2.
Aku adalah gambaran bumi yang memiliki skala dan aku digunakan untuk mencari letak suatu tempat, siapakah aku?
Guru
mengaitkan jawaban siswa dengan materi yang akan diajarkan.
|
Kegiatan Inti
( 50 menit)
|
Fase II
Menyajikan
Informasi
|
Guru
menyiapkan gambar-gambar yang yang berhubungan dengan materi ajar.
Guru
memfokuskan siswa pada gambar.
|
Guru menyajikan informasi berupa contoh – contoh gambar denah rumah, sekolahan dan peta
Guru menunjukkan gambar denah rumah, sekolahan dan peta.
Guru menjelaskan denah dan arah
mata angin
|
||
Fase III
Mengorganisasikan siswa dalam kelompok belajar
|
Guru
membagi siswa menjadi beberapa kelompok (tiap kelompok belajar 4 orang).
Kelompok dibentuk dengan siswa berkemampuan tinggi, sedang, rendah.
Kelompok
I
Kelompok
II
Kelompok
III
Kelompok
IV
|
|
Fase IV
Membimbing
kelompok
|
Guru
membimbing kelompok belajar yang terbentuk agar bekerja sama dalam
menyelesaikan tugas yang diberikan.
(Diskusi)
Guru
menyampaikan cara penyelesaian tugas yaitu dengan menjodohkan gambar suatu kegiatan dengan ruangan dalam denah dan
kemudian mendeskripsikan gambar yang didapat pada lembar kerja siswa . (Penugasan)
Guru membimbing kelompok belajar
yang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan tugas.
Siswa mempresentasikan
LKS di depan kelas.
Guru memberikan waktu pada siswa yang lain untuk
menanggapi jawaban yang telah dibacakan beberapa
siswa didepan kelas.
Guru membahas tugas
yang telah diselesaikan, dan memfokuskan siswa pada gambar benda di depan
kelas.
|
|
Fase V
Evaluasi
|
Guru
mengevaluasi hasil diskusi siswa, disamping itu juga memberikan pemahaman bagi siswa yang mengalami kesulitan.
Guru
memberikan pertanyaan sebagai pemantapan pemahaman. Setelah itu, guru menunjuk
beberapa siswa untuk disuruh menceritakan pengalaman yang mengesankan yaitu disaat masuk rumah waktu
pulang dari sekolah
Guru
membagika lembar evaluasi pada setiap siswa untuk dikerjakan secara individu.
|
|
Penutup
(10
menit)
|
Fase VI
Penutup dan Pemberian
penghargaan
|
Guru
membantu siswa dalam merangkum materi.
Pemberian
reward bagi kelompok belajar terbaik dan bagi siswa yang antusias mengikuti
pembelajaran.
Berdo’a bersama
|
F.
SUMBER DAN MEDIA
PEMBELAJARAN
a.
Sumber Belajar
ü Warsidi,
Edi dan Farika. 2008. Bahasa Indonesia Membuatku Cerdas untuk kelas III SD /
MI. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional
ü Nursa’ban dan Rosmawan.2008.”Ilmu
Pengetahuan Sosial 3”.Jakarta;Pusat Perbukuan Depdiknas.
ü Sunarso dan Anis.2008.”Ilmu Pengetahuan
Sosial 3”.Jakarta:Pusat Perbukuan Depdiknas.
ü Hernawan,Edi dan Endang.2009.”Ilmu
Pengetahuan Sosial”.Jakarta;Pusat Perbukuan Depdiknas.
ü Inoki dan Mariono.2009.” Ilmu Pengetahuan
Sosial Bangga Menjadi Insan Berwawasan Lingkungan”.Jakarta;Pusat Perbukuan
Depdiknas.
ü Buku
Ajar
b.
Media
ü Gambar-gambar ruangan dalam rumah
ü Gambar mata angin
ü Gambar peta jalan
G.
PENILAIAN
1.
Teknik Penilaian
a. Tes lisan : penilaian dilaksanakan pada saat siswa
presentasi.
b. Tes tulis : LKS (Lembar Kerja
Siswa) dan Lembar Penilaian/ lembar evaluasi.
2.
Bentuk Instrumen
a.
Pilihan ganda
b. Uraian
Temukan rpp yang
diinginkan, semua rpp ada di sini
rpp bahasa
indonesia kelas I sd semester 1
rpp bhs indonesia
kelas III sd semester 1
rpp bhs indonesia
kelas Iv sd semester 1
rpp bhs indonesia
kelas V sd semester 1
rpp ilmu
pengetahuan alam kelas III sd semester 1
rpp IPA kelas I
sd semester 1
rpp IPA kelas IV
sd semester 1
rpp ips kelas 4
semester 1
rpp IPS kelas III
sd semester 1
rpp IPS kelas V
sd semester 1
rpp
ips,ipa,mat,bhs indonesia,pkn kelas 1 semester 1
rpp matematika
kelas I sd semester 1
rpp matematika kelas III sd
semester 1
rpp matematika kelas IV semester 1
rpp matematika
kelas II sd semester 1
rpp matematika
kelas V sd semester 1
rpp penjaskes
kelas X semester 1
rpp penjaskes
kelas XI semester 1
rpp penjaskes
kelas XII semester 1
rpp PKN kelas 5
semester 1
rpp PKN kelas I
semester 1
0 comments: