Kursus Microsoft Excel

Belajar Microsoft Excel 

INGIN MAHIR KOMPUTER? INGIN MENGUASAIN EXCEL? 

LES PRIVAT SAJA 085730135166

Biar Anda tau, apa itu Microsoft Excel, maka silahkan baca artikel berikut ini.
Pada awal-awal peluncurannya, Excel menjadi sasaran tuntutan perusahaan lainnya yang bergerak dalam bidang industri finansial yang telah menjual sebuah perangkat lunak yang juga memiliki nama Excel.

Excel merupakan program spreadsheet pertama yang mengizinkan pengguna untuk mendefinisikan bagaimana tampilan dari spreadsheet yang mereka sunting seperti font, atribut karakter, dan tampilan setiap sel. Excel juga menawarkan penghitungan kembali terhadap sel-sel secara cerdas, di mana hanya sel yang berkaitan dengan sel tersebut saja yang akan diperbarui nilanya (di mana program-program spreadsheet lainnya akan menghitung ulang keseluruhan data atau menunggu perintah khusus dari pengguna). Selain itu, Excel juga menawarkan fitur pengolahan grafik yang sangat baik.
Penggunaan ExcelProgram Microsoft Excel sering disebut dengan spreadsheet (lembar kerja elektronik) yang beroperasi di bawah sistem operasi windows. Kegunaan Microsoft excel adalah sebagai berikut :
  • Bidang Akuntansi
Contoh dari penggunaan program microsoft excel dalam bidang akuntansi adalahmenghitung jumlah rugi/laba suatu perusahaan, mencari besarnya keuntungan selamasatu tahun, menghitung gaji karyawan, dan sebagainya.
  • Kalkulasi Matematis
Kalkulasi matematis digunakan untuk mencari data dari hasil penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian, serta berbagai variasinya.
  • Pengelolaan Data
Penggunaan pengelolaan data yaitu untuk pengelolaan data base statistik, mencari nilai tengah, rata-rata, dan pencarian nilai maksimum serta nilai minimum sebuah data.
  • Pembuatan grafik
Excel dapat digunakan untuk membuat grafik, misalnya grafik perkembangan nilai komputer siswa dalam lima tahun, grafik perkembangan jumlah penduduk selama satutahun, grafik kunjungan siswa ke perpustakaan selama satu tahun, grafik kelulusan siswaselama 10 tahun, dan sebagainya.
  • Operasi Tabel
Dengan jumlah baris pada microsoft excel yang mencapai 1.084.576 dan jumlah kolom16.384, maka tidak akan merasa kesulitan apabila melakukan input data yang membutuhkan jumlah kolom dan baris yang sangat banyak.

Microsoft Excel mempunyai 9 buah menu, yaitu sebagai berikut:
1. Menu File
Menu File memuat perintah-perintah yang berhubungan dengan pengaturan file-file lembaran kerja. Perintah yang terdapat di menu File antara lain: Open, New, Close, Print,Page Setup, Exit dan lain-lain seperti terlihat pada Gambar 4.5
Gambar 4.5 : Tampilan pulldown menu File
2. Menu Edit
Menu Edit memuat perintah-perintah untuk melakukan pengeditan lembaran kerja. Perintah-perintah yang terdapat dalam menu Edit antara lain: Undo, Copy, Paste, Delete, Find, Replace, dan lain-lain. Seperti terlihat pada Gambar 4.6
Gambar 4.6 : Tampilan pulldown menu Edit
3. Menu View
Menu View memuat perintah-perintah untuk mengatur apa saja yang ditampilkan di jendela Microsoft Excel dan mengatur bagaimana tampilan sebuah lembaran. Perintah-perintah yang terdapat dalam menu View antara lain Normal, Page break Preview, Task Pane, Toolbars, Formula bar, Status Bar, Header and Footer, Comments, CustomViews, Full Screen, Zoom. Seperti terlihat pada Gambar 4.7
Gambar 4.7 : Tampilan pulldown menu View
4. Menu Insert
Menu Insert memuat perintah-perintah yang berhubungan dengan penyisipan. Perintah yang terdapat di menu Insert antara lain: Cells, Rows, Columns, Worksheet, Chart, Symbols, dan lain-lain seperti terlihat pada Gambar 4.8
Gambar 4.8 : Tampilan pulldown menu Insert
5. Menu Format
Menu Format memuat perintah-perintah untuk melakukan pengaturan sel. Perintah-perintah yang terdapat dalam menu Format antara lain: Cells, Row, Column, Sheet, Autoformat, Style dan lain-lain. Seperti terlihat pada Gambar 4.9
Gambar 4.9 : Tampilan pulldown menu Format
6. Menu Tools
Menu Tools memuat perintah-perintah pendukung untuk pengaturan lembar kerja. Perintah-perintahnya antara lain: Speeling, Speech, Protection, Macro, dan lain-lain. Seperti terlihat pada Gambar 4.10
Gambar 4.10 : Tampilan pulldown menu Tools
7. Menu Data
Menu Data memuat perintah-perintah yang berhubungan dengan pengaturan data. Perintah yang terdapat di menu Data antara lain: Sort, Filter, SubTotal, Table, TexttoColumn dan lain-lain seperti terlihat pada Gambar 4.11
Gambar 4.11 : Tampilan pulldown menu Data
8. Menu Window
Menu Window memuat perintah-perintah untuk melakukan pengaturan tampilan lembaran kerja. Perintah-perintah yang terdapat dalam menu Window antara lain: New Window, Arrange, Hide, Split, Freeze Panes, dan lain-lain. Seperti terlihat pada Gambar 4.12
Gambar 4.12 : Tampilan pulldown menu Window
9. Menu Help
Menu Help memuat bantuan yang umum diperlukan untuk menjelaskan fungsi dan contoh penggunaan perintah di Excel. Perintah-perintah yang terdapat dalam menu Help antara lain Microsoft Excel Helps, Show Office Assistant, Contact Us, Check for Update dan lain-lain. Seperti terlihat pada Gambar 4.13
Gambar 4.13 : Tampilan pulldown menu Help
D. Baris Rumus (Menu Formula) dan Fungsi (Function)
Rumus (formula) adalah suatu bentuk perhitungan yang dibuat oleh kita sendiri dengan tujuan tertentu, misalnya menjumlahkan, mengurangkan, dan mengalikan. Melalui rumus ini, kita dapat memasukan data dengan menggunakan operator hitung (operator aritmatik), diantaranya adalah :
* + (plus) : penjumlahan
* * (kali) : perkalian
* ^ (pangkat) : pemangkatan
* – (minus) : pengurangan
* / (bagi) : pembagian
E. Lembaran Kerja
Lembaran kerja Micrososft Excel berbentuk tabel yang terdiri dari kolom-kolom dan baris-baris. Setiap kolom mempunyai kepala kolom yang dimulai dari A,B,C, .Z, AA, AB, dan seterusnya sampai kolom IV. Jumlah kolom 256 diawali kolom A dan diakhiri kolom IV. Sebaliknya, baris mempunyai kepala baris yang dimulai dari 1, 2, 3, dan seterusnya sampai baris 65536.
Setiap kotak yang terdapat di lembaran kerja disebut dengan sel. Setiap sel mempunyai alamat yang merupakan kombinasi dari kolom dan baris dimana sel tersebut berada. Misalnya sel yang terdapat dikolom H baris ke 15, maka sel tersebut disebut dengan sel H15. Alamat sel tersebut akan digunakan sebagai acuan dalam perhitungan, baik menggunakan rumus maupun fungsi-fungsi yang terdapat di Microsoft Excel.
Gambar 4.14 : Lembaran Kerja
F. Tab Lembaran Kerja
Tab lembaran kerja terdapat pada bagian bawah jendela Microsoft Excel dan sejajar dengan scroll bar horizontal. Tab lembaran kerja berfungsi untuk mengaktifkan sebuah lembaran kerja. Tab lembaran kerja yang aktif akan tampak lebih terang dari pada tab lembaran kerja yang lain. Lembaran kerja diaktifkan dengan cara mengeklik tab lembaran kerja yang bersangkutan.

Mengenal Fungsi atau Rumus Microsoft Excel

Setelah mengenal Tipe Data Microsoft Excel, dan bisa memulai menggunakan aplikasi excel sekarang Kita coba bahas rumus excel yang sering digunakan dalam dunia kerja atau administrasi perkantoran.

1. Fungsi Average


Fungsi ini digunakan untuk mencari nilai rata-rata dari sekumpulan data (range). Bentuk umum penulisannya adalah ;

=AVERAGE(number1, number2,…), dimana number1, number2, dan seterusnya adalah range data yang akan dicari nilai rata-ratanya. Misalnya untuk mengisi nilai rata-rata dari range data E8 sampai G8, maka rumusnya adalah =AVERAGE(E8:G8) kemudian tekan tombol Enter.



2. Fungsi Sum

Fungsi SUM digunakan untuk menjumlahkan sekumpulan data pada suatu range. Bentuk umum penulisan fungsi ini adalah =SUM(number1, number2,…). Dimana number1, number2 dan seterusnya adalah range data yang akan dijumlahkan. Misalnya untuk menjumlahkan range data E8 sampai G8, maka rumusnya adalah =SUM(E8:G8) kemudian tekan tombol Enter.


3. Fungsi Max
Fungsi ini digunakan untuk mencari nilai tertinggi dari sekumpulan data (range). Bentuk umum penulisannya adalah ;
=MAX(number1, number2,…), dimana number1, number2, dan seterusnya adalah range data (numerik) yang akan dicari nilai tertingginya. Misalnya untuk mencari nilai maksimal dari range data E8 sampai G8, maka rumusnya adalah =MAX(E8:G8) kemudian tekan tombol Enter.

4. Fungsi Min
Fungsi Min adalah kebalikan dari fungsi Max, jika fungsi Max untuk mencari nilai tertinggi atau maksimal maka Min adalah untuk mencari nilai terkecil atau minimum dari sekumpulan data numerik. Bentuk umum penulisannya adalah ; 
=MIN(number1, number2,…), dimana number1, number2, dan seterusnya adalah range data (numerik) yang akan dicari nilai tertingginya. Sebagai contoh untuk mencari nilai terendah dari range data E8 sampai G8, maka rumusnya adalah =MIN(E8:G8) kemudian tekan tombol Enter.
5. Fungsi Count
Fungsi Count digunakan untuk menghitung jumlah data dari suatu range yang kita pilih. Bentuk umum penulisannya adalah ; 
=COUNT(number1, number2,…), dimana number1, number2, dan seterusnya adalah range data (numerik) yang akan dihitung jumlah datanya. Sebagai contoh untuk menghitung jmlah data dari range data E8 sampai G8, maka rumusnya adalah =COUNT(E8:G8) kemudian tekan tombol Enter.


0 comments: