RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)BAHASA INDONESIA KELAS V SD



Contoh pembuatan rpp,rpp berkarakter,rpp tematik,laporan rpp
RPP bhs indonesia, RPP matematika, RPP IPA, RPP IPS, RPP pkn, RPP penjaskes


Nama Sekolah             :
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester            : V (lima)/I (satu)
Alokasi Waktu            : 2 X 35 Menit
Tahun Pelajaran           : 2011/2012

Standar Kompetensi    : 3. Memahami teks dengan membaca teks percakapan, membaca cepat 75 kata / menit, dan membaca puisi
Kompetensi Dasar      : 3.2.Menemukan gagasan utama suatu teks yang dibaca dengan kecepatan 75 kata per menit
A.    INDIKATOR
1.      Kognitif
a.       Membaca teks bacaan dengan kecepatan 75 kata per menit
b.      Mencatat hal – hal yang penting dalam teks
c.       Menyimpulkan isi bacaan
2.      Afektif
Perilaku berkarakter
a.       Siswa mendengarkan penjelasan guru dengan seksama. Ketelitian
b.      Siswa berani menjawab setiap pertanyaan yang diberikan oleh guru. Berani menjawab pertanyaan
Ketrampilan sosial
a.       Siswa mampu bekerjasama dalam menyeleseikan tugas.
b.      Siswa mampu berbagi pendapat dengan teman dalam pembelajaran. Berani mengutarakan pendapat didepan temen-teman
3.      Psikomotor
a.       Memaparkan jawaban dan mengajukan pendapat.

B.     TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Kognitif
a.       Dengan di latih untuk membaca bacaan dengan cepat, siswa dapat membaca teks bacaan 75 kata per menit dengan cepat.
b.      Setelah membaca cepat 75 kata per menit, siswa akan mampu mencatat hal – hal penting yang ada dalam teks
c.       Setelah dilakukannya tanya jawab. Siswa dapat menyimpulkan isi bacaan yang telah dibaca.
2.      Psikomotor
a.       Dalam pelaksanaan pembelajaran guru memberikan kesempatan pada siswa untuk berpendapat, sehingga siswa dapat menjawab pertanyaan mengenai memahami isi suatu teks dengan membaca cepat dengan benar.
3.      Afektif
Perilaku berkarakter
a.      Dengan jujur, siswa mengisi lembar penilaian yang diberikan oleh guru.
Ketrampilan sosial
a.      Dengan jujur dan tanpa menyontek siswa lain, siswa menjawab setiap pertanyaan dalam lembar penilaian.

C.    MATERI POKOK
Membaca cepat 75 kata permenit.
1.    Sebuah teks bacaan yang baik mempunyai gagasan utama.
2.    Gagasan utama adalah gagasan yang menjadi dasar pengembangan suatu teks bacaan Fungsinya sebagai pokok, patokan atau dasar acuan suatu paragraf. Kita dapat menemukan gagasan utama di awal paragraf, akhir paragraf, atau di awal dan di akhir paragraf.



D.    MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN
1.      Model                        : Model pembelajaran Konvensional
2.   Strategi            : Berpusat Pada Guru
3.   Metode            : Ceramah

E.     LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan
Fase-fase
Kegiatan guru dan siswa
01
02
03
Pendahuluan
(10 menit)
Fase I
Menyampaikan tujuan dan mempersiapkan siswa (apersepsi).
·         Salam pembuka
·         Mengisi daftar kelas, berdoa, mempersiapkan materi ajar.
·         Mempersiapkan siswa menerima pelajaran.
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran.
·         Guru memberikan teks bacaan yang akan dibaca siswa 75 kata per menit
·         Siswa mencermati teks bacaan yang diberikan siswa  mendengarkan penjelasan guru dengan seksama.
·         Siswa membaca teks tersebut bersama-sama sesuai dengan aba-aba mulai
·         Siswa yang selesai terlebih dahulu mengacungkan tangan dan maju kedepan kelas.
·         Guru bertanya pada 5 siswa yang tercepat dalam membaca apa inti bacaan tersebut. berani menjawab setiap pertanyaan yang diberikan oleh guru.

Kegiatan itnti
(55 menit)
Fase II
Menyampaikan informasi/ materi dengan demonstrasi.
·         Guru menyampaikan informasi dari makna membaca cepat.
·         Siswa mencatat penjelasan dari guru.
·         Guru meminta siswa membaca bacaan yang telah mereka ambil dari Koran atau majalah secara bersama-sama sesuai aba-aba dan memberikan tanta saat aba-aba tanda 1 menit didengar sampai seterusnya.
·         Siswa menghitung berapa kata yang dapat mereka baca pada waktu per satu menit.
·         Dan siswa di minta untuk menuliskan inti dari bacaan tersebut.
·         Guru menginformasikan pada siswa untuk menggaris bawahi pokok pikiran setiap paragraph.
Fase III
Evaluasi
·         Setelah itu siswa diberi tugas untuk mengerjakan lembar evaluasi yang dikerjakan secara individu langsung dikumpulkan.
Penutup
(5 menit)
Fase IV
Pemberian tugas dan penghargaan
·         Memberikan kesimpulan dan evaluasi pada akhir pembelajaran.
·         Memberikan tugas rumah berupa dan diharapkan siswa jujur mengisi lembar penilaian yang diberikan oleh guru.
·         Menutup pembelajaran dengan doa bersama.


F.     SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
1.      Sumber
a.       Warsidi Edi dan Farika. 2008. Bahasa Indonesia Membuatku Cerdas untuk SD/MI kelas V. Jakarta: Pusar Perbukua DEPDIKNAS
b.      Nur’aini Umri, dkk. 2008. Bahasa Indonesia Untuk SD Kelas V. Jakarta : Pusar Perbukua DEPDIKNAS
2.      Media
Alat pengukur waktu
Teks Bacaan:
a.       Putri Gisela
b.      Lautan dan Isinya

G.    PENILAIAN
1.      Teknik tes :
1)      Tes lisan :
a)      Keberanian menjawab dan menyampaikan pendapat dalam diskusi kecil.
b)      Ketepatan jawaban.
c)      Keseriusan dan kosentrasi dalam menyimak pertanyaan.
2)      Tes tulis
a)      Pilihan ganda.
b)      Isian
3)      Tes perbuatan
2.      Instrumen tes :
1). LKS.
2). Lembar penilaian.

Temukan rpp yang diinginkan, semua rpp ada di sini
rpp bahasa indonesia kelas I sd semester 1
rpp bhs indonesia kelas III sd semester 1
rpp bhs indonesia kelas Iv sd semester 1
rpp bhs indonesia kelas V sd semester 1
rpp ilmu pengetahuan alam kelas III sd semester 1
rpp IPA kelas I sd semester 1
rpp IPA kelas IV sd semester 1
rpp ips kelas 4 semester 1
rpp IPS kelas III sd semester 1
rpp IPS kelas V sd semester 1
rpp ips,ipa,mat,bhs indonesia,pkn kelas 1 semester 1
rpp matematika kelas I sd semester 1
rpp matematika kelas III sd semester 1
rpp matematika  kelas IV semester 1
rpp matematika kelas II sd semester 1
rpp matematika kelas V sd semester 1
rpp penjaskes kelas X  semester 1
rpp penjaskes kelas XI  semester 1
rpp penjaskes kelas XII  semester 1
rpp PKN kelas 5 semester 1
rpp PKN kelas I semester 1
                                 




1 comment:

  1. Kami menawarkan produk herbal alami dan berkualitas untuk membantu mengatasi masalah kolesterol anda, terdiri dari:
    Green Kolest
    Shofiy - Bawang Makkah
    ProDieta
    Green Herbarus - Garlic Plus
    Nature's Garlic 100cap

    ReplyDelete