RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) MATEMATIKA KELAS IV / 1 TAHUN 2012/2013


Nama Sekolah           :
Mata Pelajaran          : Matematika
Kelas/Semester           : IV / 1

Alokasi Waktu           : 2 x 35 menit
Tahun Pelajaran       : 2011 / 2012
Pertemuan                 : 1
A.    Standar Kompetensi      :3.Menggunakan pengukuran sudut, panjang, dan berat dalam pemecahan masalah
B.     Kompetensi Dasar          :3.1. Menentukan besar sudut dengan satuan tidak baku dansatuan derajat
C.    Indikator
ü  Kognitif
1.    Membandingkan dua besar sudut.
2.    Menentukan besar sudut dengan satuan tidak baku
ü  Afektif
1.    Karakter
a.       Peduli terhadap guru dan teman-temannya
b.      Kejujuran adalah siswa jujur dalam mengerjakan tugas
c.       Tanggung jawab adalah siswa bertanggung jawab terhadap tugas yang di berikan guru
d.      Kerjasama adalah siswa bekerja sama dengan guru maupun dengan teman-temannya dalam mengerjakan tugas kelompok
e.       Toleransi adalah menerima semua masukan dari guru dan anggota kelompok dalam mengerjakan tugas.
f.       Kreatif adalah dalam mengerjakan tugas selalu berusaha mencari cara baru. 
2.    Ketrampilansosial
a.       Bertanya saat mengikuti proses pembelajaran tentang materi yang belum jelas saat mengalami kesulitan
b.      Mendengarkan dengan baik penjelasan guru, menyampaikan pendapat dan menghargai pendapat orang lain.
c.       Bekerjasama dan membantu antar teman
ü  Psikomotor
1.    Menampilkan sikap positif. (peduli, jujur, tanggungjawab, kerjasama, toleransi, kreatif)
2.    Menceritakan kegiatan membandingkan dan menentukan besar sudut dengan satuan tidak baku. (keberanian melakukan presentasi, kejelasan dalam penyampaian, tutur bahasanya santun dan mudah dipahami, sikap tubuh ketika presentasi)
D.    Tujuan Pembelajaran
1.    Setelah mendapatkan penjelasan dari guru, siswa dapat membandingkan dua besar sudut dengan tepat.
2.    Setelah mendapatkan penjelasan dari guru, siswa dapat menentukan besar sudut dengan satuan tidak baku dengan benar
E.    Materi pokok
1.    Sudut
F.     Model dan Metode Pembelajaran
1.    Model                            : Model Pembelajaran  langsung (MPL)
2.    Pendekatan                    : RME
3.    Metode                          : Ceramah, tanyajawab, diskusi, pemberiantugas
G.    Langkah – langkah Pembelajaran

Kegiatan guru
Kegiatan Siswa
Tahap RME
Kegiatan awal 5 menit
1.      Guru mengucapkan salam
2.      Guru mengabsen siswa dan menanyakan siswa yang tidak masuk
1.      Siswa menjawab salam
2.      Siswa menjawab jika namanya diabsen

Pendahuluan 10 menit
Fase 1
Menyampaikan Tujuan Dan Mempersiapkan Siswa
1.      Menyampaikan tujuan pembelajaran tentang menentukan besar sudut dengan satuan tidak baku
a)      Membandingkan besar dua sudut
b)      Menentukan besar sudut dengan satuan tidak baku
2.      Apersepsi : memotivasi siswa dengan menunjukkan benda-benda yang ada di sekitar kelas, misal papan tulis, meja dan lain-lain dan memberikan beberapa pertanyaan
Pertanyaan:
a)        Siapakah diantara kalian yang pernah membandingkan besar sudut antara papan tulis dan meja?
b)        Ketika kalian membandingkan-nya, sudut mana yang lebih besar antara papan tulis dan meja?
3.      Guru mengaitkan jawaban siswa dengan materi yang akan di ajarkan
1.      Mendengarkan penjelasan guru tentang materi yang akan di ajarkan.






2.      Siswa memperhatikan penjelasan guru dan menjawab pertanyaan guru





a)         Siswa menjawab pertanyaan guru.



b)         Siswa menjawab pertayaan guru.



3.      Siswa mendengarkan guru tentang materi yang akan di pelajari.
Tahap 1: pendahuluan
Inti 50 menit
Fase 2
Mendemonstrasikan Pengetahuan Dan Ketrampilan
1.      Guru menggambarkan macam-macam berbagai sudut
2.      Guru memberikan penjelasan tentang menentukan besar sudut dengan satuan tidak baku
1.      Siswa memperhatikan guru.
2.      Siswa mendengarkan penjelasan dari guru.

Tahap 2 : Memahami masalah kontekstual

Tahap 3 : Menjelaskan masalah kontekstual

Fase 3
Membimbing Pelatihan
1.      Guru memberikan LKS kepada siswa
2.       Guru membimbing siswa yang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan LKS yang diberikan guru.
3.      Guru meminta satu siswa untuk mempresentasikan hasil mengerjakan LKS.
1.      Siswa menerima LKS
2.      Siswa di bimbing guru dalam mengerjakan LKS apabila menemui kesulitan.
3.      Siswa mempresentasikan hasil mengerjakan LKS
Tahap 4 : Menyelesaikan masalah kontekstual.




 Tahap 5 : Membandingkan dan mendiskusikan jawaban
Fase 4
Mengecek Pemahaman Dengan Memberikan Umpan Balik
1.      Guru memberikan pertanyaan lisan tentang materi pengukuran sudut tidak baku
2.      Guru memberikan respon terhadap jawaban siswa.
1.      Siswa menjawab pertanyaan guru.




Fase 5
Memberikan Kesempatan Untuk Pelatihan Lanjutan Dan Penerapan
1.      Guru memberikan tugas rumah (PR).
1.      Siswa menerima tugas rumah (PR).

Penutup 5 menit
1.      Guru membantu siswa dalam membuat rangkuman hasil belajar
    1.     Do’a penutup
1.      Siswa membuat rangkuman hasil belajar.

2.      Do’a penutup
Tahap 6 : Menyimpulkan



H. MEDIA DAN SUMBER BELAJAR
1.      Media yang di gunakan : Gambar-gambar sudut, jam dinding.
2.      Sumber Belajar :
a)      Mustaqim Burhan, Astuty Ary. 2008. Ayo Belajar Matematika Untuk SD/MI Kelas IV. Depdiknas(BSE) : Jakarta
b)      LKS
I.       PENILAIAN
  1. Tertulis : Penilaian tertulis dapat di lakukan dengan lembar Penilaian tentang menentukan besar sudut dengan satuan tidak baku Kinerja : Diskusi, menceritakan bagaimana mempraktekkan menentukan  besar sudut dengan satuan tidak baku
  2. Lisan   : Penilaian lisan dapat di lakukan dengan tanya jawab dan pendapat-pendapat yang di ungkapan
  3. Hasil karya siswa : LKS


0 comments: