Rencanan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tematik
INGIN MENGUASAI BIDANG INI?????????
Les Privat BAHASA INGGRIS, Mahir Conversation, SPEAKING
AKTIF, Bisa
Komunikasi Inggris, MAMPU MENJAWAB
TES TOEFL, atau MAU
MAHIR KOMPUTER, Excel, AUTOCAD,
Coreldraw,
PHOTOSHOP. Kunjungi SITUS KAMI
Anda ingin membuat
silabus MI, RPP untuk SD,rencana perencanaan pembelajaran,rencana pelaksanaan
pengajaran, Rencana pelaksanaan pembelajaran Sekolah Dasar,rencana pelaksanaan
pembelajaran berkarakter SD,perangkat pembelajaran berkarakter SD,membuat RPP
berikut saya
tampilkan contohnya, namun alangkah baiknya mengenal terlebih dahulu tentang
RPP
PENGERTIAN RPP
Pengertian RPP,
atau yang kita kenal dengan RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN adalah sebuah
perangkat pembelajaran yang mendukung seorang guru dalam kegiatan belajar
mengajar di kelas.
Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) adalah rencana yang untuk menggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar yang ditetapkan dalam Standar Isi dan telah dijabarkan dalam silabus. Lingkup Rencana Pembelajaran paling luas mencakup 1 (satu) kompetensi dasar yang terdiri atas 1 (satu) atau beberapa indikator untuk 1 (satu) kali pertemuan atau lebih. Landasan RPP tertera pada PP NO 19 TAHUN 2005 Pasal 20 yang berbunyi “Perencanaan proses pembelajaran meliputi silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran yang memuat sekurang-kurangnya tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, metode pembelajaran, sumber belajar, dan penilaian hasil belajar”
Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) adalah rencana yang untuk menggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar yang ditetapkan dalam Standar Isi dan telah dijabarkan dalam silabus. Lingkup Rencana Pembelajaran paling luas mencakup 1 (satu) kompetensi dasar yang terdiri atas 1 (satu) atau beberapa indikator untuk 1 (satu) kali pertemuan atau lebih. Landasan RPP tertera pada PP NO 19 TAHUN 2005 Pasal 20 yang berbunyi “Perencanaan proses pembelajaran meliputi silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran yang memuat sekurang-kurangnya tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, metode pembelajaran, sumber belajar, dan penilaian hasil belajar”
Dari pengertian RPP di atas dapat kita pahami bahwa fungsi RPP
adalah untuk mencapai satu KD, dan tidak boleh memuat lebih dari satu
kompetensi dasar di dalam sebuah RPP.
Dengan demikian
RPP merupakan upaya untuk memperkirakan tindakan yang akan dilakukan dalam
kegiatan pembelajaran.
Contoh pembuatan rpp,rpp
berkarakter,rpp tematik,laporan rpp
RPP bhs indonesia, RPP
matematika, RPP IPA, RPP IPS, RPP pkn, RPP penjaskes
Rencanan
Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) Tematik
Nama Sekolah :
Tema : Budi Pekerti
Kelas/Semester : I / 1
Alokasi Waktu : 2 minggu
Standar Kompetensi :
1. IPS : 1. Memahami identitas
diri dan keluarga serta sikap saling
menghormati dalam kemajemukan keluarga.
2. IPA :
2. Mengenal cara mememlihara lingkungan agar
tetap sehat
3. PKN :
1. Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan.
4. Matematika
: 2. Menggunakan pengukuran
waktu dan panjang
5. Bahasa Indonesia :
·
Mendengarkan : Memahami bunyi bahasa, perintah
dan dongeng yang lisankan.
·
Berbicara
: Mengungkapkan
fikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan,
benda dan fungsi anggota
tubuh, dan deklamasi.
·
Membaca
: Memahami teks
pendek dengan membaca nyaring.
·
Menulis
: Menulis
permulaan dengan menjiplak menebalkan, mencontoh, melengkapi, dan menyalin.
Kompetensi Dasar
:
1. IPS
:
1.4 Menunjukkan sikap hidup rukun dalam kemajemukan
keluarga.
2. IPA :
2.2 Membedakan lingkungan sehat dan tidak sehat.
3. PKN :
1.3 Menerapkan
hidup rukun di rumah dan di sekolah.
4. Matematika :
2.2
Menentukan
lama suatu kejadian berlangsung.
2.3 Mengenal panjang suatu benda melalui kalimat sehari-hari. (
pendek, panjang ) dan membandingkannya.
5.
Bahasa
Indonesia :
1.2 Melaksanakan sesuatu sesuai dengan perintah dan petunjuk guru.
1.3 Menyebutkan tokoh-tokoh dalam cerita.
3.1 Membaca nyaring suku kata dan kata dengan lafal
yang tepat.
4.1 Menjiplak berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf.
4.2 Menebalkan berbagai bentuk gambar,
lingkaran dan bentuk huruf.
4.3 Mencontoh huruf , kata, atau kalimat
sederhana dari buku atau papan
tulis dengan benar.
4.4 Melengkapi kalimat yang belum selesai
berdasarkan gambar
I.Tujuan
Pembelajaran :
IPS
Kognitif
1.
Siswa
dapat menjelaskan kemajemukan dalam keluarga.
2.
Siswa dapat menjelaskan perbedaan jenis
kelamin.
3.
Siswa dapat menjelaskan perbedaan agama.
4.
Siswa dapat menjelaskan perbedaan
suku bangsa.
5.
Siswa dapat menjelaskan perbedaan
kebiasaan.
6.
Siswa
dapat menjelaskan manfaat hidup rukun dalam keluarga
Psikomotor :
1.
Dengan diberi kesempatan untuk bercerita, Siswa dapat melakukan presentasi kemajemukan keluarga
di depan kelas. (keberanian
dalam melakukan presentasi, bahasa yang disampaikan santun dan mudah dipahami, penampilan dalam presentasi)
2.
Dalam
pelajaran, siswa dapat melakukan hidup rukun dengan teman
3.
Tekun, rajin, toleransi, dan saling membantu
teman yang mengalami kesulitan.
Afektif :
1.
Karakter :
1)
Dengan
diberikan penjesan dari guru, Siswa dapat mendengarkan penjelasan guru dengan
seksama.
2)
Ketika
diberikan pertanyaan, Siswa berani menjawab setiap pertanyaan yang diberikan
oleh guru.
3)
Jujur, bertanggungjawab, toleransi, terbuka, menghormati
pendapat, membantu teman yang kesulitan.
2.
Keterampilan sosial :
Selama terlibat dalam proses belajar mengajar yang
berpusat pada siswa, paling tidak siswa mampu menunjukkan kemajuan yang dinilai
dengan lembar penilaian siswa dalam perilaku yang berkarakter
1)
Bertanya saat mengikuti proses pembelajaran tentang
materi yang belum jelas saat mengalami kesulitan.
2)
Mendengarkan dengan baik penjelasan guru, menyampaian
pendapat dan menghormati pendapat orang lain.
3)
Bekerja sama dan saling membatu antar teman.
IPA
Kognitif
1. Siswa dapat mengemukakan ciri-ciri
lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat
2. Siswa dapat menjelaskan hal hal yang
menyebabkan lingkungan menjadi kotor
Psikomotor :
1. Dengan
diberikan gambar-gambar,
Siswa dapat mengelompok lingkungan
sehat dan tidak sehat. (keberanian,
bahasa yang disampaikan santun dan mudah
dipahami)
2. Setelah mendapatkan materi, siswa dapat membiasakan membuang sampah pada tempatnya
Afektif :
1.
Karakter :
1)
Dengan
diberikan penjesan dari guru, Siswa dapat mendengarkan penjelasan guru dengan
seksama.
2)
Ketika
diberikan pertanyaan, Siswa berani menjawab setiap pertanyaan yang diberikan
oleh guru.
3)
Jujur, bertanggungjawab, toleransi, terbuka, menghormati
pendapat, membantu teman yang kesulitan.
2.
Keterampilan sosial :
Selama terlibat dalam proses belajar mengajar yang
berpusat pada siswa, paling tidak siswa mampu menunjukkan kemajuan yang dinilai
dengan lembar penilaian siswa dalam perilaku yang berkarakter
1)
Bertanya saat mengikuti proses pembelajaran tentang
materi yang belum jelas saat mengalami kesulitan.
2)
Mendengarkan dengan baik penjelasan guru, menyampaian
pendapat dan menghormati pendapat orang lain.
3)
Bekerja sama dan saling membatu antar teman.
PKN
Kognitif
1) Siswa dapat menunjukkan sikap saling
menghargai perbedaan
2) Siswa mampu untuk tidak membeda-bedakan perlakuan di rumah maupun di
sekolah.
Psikomotor :
1) Setelah menerima pelajaran, Siswa dapat saling menghargai perbedaan dengan
teman.
Afektif :
1.
Karakter :
1)
Dengan
diberikan penjesan dari guru, Siswa dapat mendengarkan penjelasan guru dengan
seksama.
2)
Ketika
diberikan pertanyaan, Siswa berani menjawab setiap pertanyaan yang diberikan
oleh guru.
3)
Jujur, bertanggungjawab, toleransi, terbuka, menghormati
pendapat, membantu teman yang kesulitan.
2.
Keterampilan sosial :
Selama terlibat dalam proses belajar mengajar yang
berpusat pada siswa, paling tidak siswa mampu menunjukkan kemajuan yang dinilai
dengan lembar penilaian siswa dalam perilaku yang berkarakter
1)
Bertanya saat mengikuti proses pembelajaran tentang
materi yang belum jelas saat mengalami kesulitan.
2)
Mendengarkan dengan baik penjelasan guru, menyampaian
pendapat dan menghormati pendapat orang lain.
3)
Bekerja sama dan saling membatu antar teman.
Matematika
Kognitif
1.
Siswa dapat
menyebutkan contoh-contoh kegiatan yang dilakukan lama dan sebentar.
2.
Siswa dapat
menyebutkan panjang suatu benda melalui
kalimat sehari-hari.
3.
Siswa dapat
mengenal jarak dekat dan jauh.
Psikomotor :
1. Dengan
diberi beberapa benda, Siswa dapat membandingkan panjang benda-benda yang ada. (ketelitian, kecermatan)
Afektif :
1.
Karakter :
a)
Dengan
diberikan penjesan dari guru, Siswa dapat mendengarkan penjelasan guru dengan
seksama.
b)
Ketika
diberikan pertanyaan, Siswa berani menjawab setiap pertanyaan yang diberikan
oleh guru.
c)
Jujur, bertanggungjawab, toleransi, terbuka, menghormati
pendapat, membantu teman yang kesulitan.
2.
Keterampilan sosial :
Selama terlibat dalam proses belajar mengajar yang
berpusat pada siswa, paling tidak siswa mampu menunjukkan kemajuan yang dinilai
dengan lembar penilaian siswa dalam perilaku yang berkarakter
a)
Bertanya saat mengikuti proses pembelajaran tentang
materi yang belum jelas saat mengalami kesulitan.
b)
Mendengarkan dengan baik penjelasan guru, menyampaian
pendapat dan menghormati pendapat orang lain.
c)
Bekerja sama dan saling membatu antar teman.
Bahasa Indonesia
Kognitif
1. Siswa dapat menceritakan kembali isi
dongeng dengan kalimatnya sendiri.
2. Siswa dapat menjawab pertanyaan tentang
disi dongeng dan memeragakan tokoh dongeng.
3. Siswa dapat membaca nyaring.
4. Siswa dapat menuliskan kata dan kalimat
yang didiktekan guru.
5. Siswa dapat menyalin kalimat dari papan
tulis / buku pke dalam buku tulis sendiri.
6. Siswa dapat melengkapi kalimat yang belum sempurna yang sesuai dengan gambar.
Psikomotor :
1. Ketika diberikan perintah, Siswa dapat melakukan sesuatu sesuai
dengan perintah atau permintaan.
2. Setelah diberikan contoh huruf, Siswa dapat menjiplak, menebalkan, menyalin huruf, kata
dan kalimat dengan bentuk huruf/ tulisan yang baik.(ketelitian)
Afektif :
1.
Karakter :
a)
Dengan
diberikan penjesan dari guru, Siswa dapat mendengarkan penjelasan guru dengan
seksama.
b)
Ketika
diberikan pertanyaan, Siswa berani menjawab setiap pertanyaan yang diberikan
oleh guru.
c)
Jujur, bertanggungjawab, toleransi, terbuka, menghormati
pendapat, membantu teman yang kesulitan.
2.
Keterampilan sosial :
Selama terlibat dalam proses belajar mengajar yang
berpusat pada siswa, paling tidak siswa mampu menunjukkan kemajuan yang dinilai
dengan lembar penilaian siswa dalam perilaku yang berkarakter
a)
Bertanya saat mengikuti proses pembelajaran tentang
materi yang belum jelas saat mengalami kesulitan.
b)
Mendengarkan dengan baik penjelasan guru, menyampaian pendapat
dan menghormati pendapat orang lain.
c)
Bekerja sama dan saling membatu antar teman.
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja
sama ( Cooperation )
Toleransi
( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
II. Materi
Ajar ( Materi Pokok ) :
1. Hidup rukun dalam kemajemuka keluarga.
2. Perawatan dan pemeliharaan lingkungan di
sekitar rumah dan sekolah.
3. Hidup rukun dalam perbedaan.
4. Satuan pengukuran.
5. Teks yang terdiri atas berbagai kalimat
perintah ( untuk dibaca oleh guru saja)
6. Mendengarkan dongeng dan menceritakan
kembali.
7. Suku kata, kata dan kalimat sederhana.
8. Gambar sederhana.
III. Metoda
Pembelajaran :
·
Ceramah
·
Diskusi.
·
Tanya
jawab.
·
Demontrasi.
·
Pemberian
tugas.
IV. Langkah-langkah pembelajaran :
A. Kegiatan
awal :
Fase I : Menyampaikan tujuan dan mempersiapkan
siswa:
·
Salam
pembuka
·
Mengisi
daftar kelas , berdoa, mempersiapkan materi ajar, model, alat peraga.
·
Memperingatkan
cara duduk yang baik ketika menulis, membaca.
·
Mengumpulkan tugas/ PR
·
Mengingatkan
pada pelajaran yang lalu.
B. Kegiatan
inti :
Minggu I
Pertemuan pertama : 3 x
35 menit ( IPA, PKN, Matematika)
§
Fase II : Menyajikan Informasi:
F Siswa dapat Melalui pengamatan lingkungan
sekitar siswa menjelaskan lingkungan sekolah termasuk lingkungan sehat atau tidak sehat.
F Mengemukakan ciri-ciri lingkungan sehat.
F Mengemukakan ciri –ciri lingkungan tidak
sehat.
F Setelah mendengarkan penjelasan guru dan
mengingat kembali pengalaman, siswa menjelaskan kerukunan dapat terjaga dengan sikap saling menghargai
perbedaan masing-masing.
§ Fase
III : Mengorganisasikan siswa dalam kelompok
belajar.
F Membentuk beberapa kelompok satu bangku
F Mendiskusikan manfaat dan akibat dari lingkungan yang sehat
dan tidak sehat.
F Melakukan tanya jawab tentang hasil
diskusi.
F memfasilitasi peserta didik melalui
pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik
secara lisan maupun tertulis;
§
Fase IV : Membimbing Kelompok:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Menyebutkan beberapa contoh kegiatan yang menggambarkan kerukunan dalam keluarga, lingkungan sekolah, dan
lingkungan masyarakat.
F Menyebutkan beberapa contoh peristiwa yang diakibatkan dari tidak menjaga
kerukunan dalam keluarga, lingkungan sekolah maupun lingkungan masyarakat.
F Melalui pengamatan dan penjelasan
guru, siswa membedakan kegiatan yang termasuk kategori lama dan
sebentar.
F Mengelompokkan kegiatan yang termasuk
lama.
F Menyusun kegiatan yang termasuk lama.
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
§
Fase V : Komunikasi
F Memberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F Memfasilitasi peserta didik dalam
pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F Memfasilitasi peserta didik berkompetisi
secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F Memfasilitasi peserta didik untuk
menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F Memfasilitasi peserta didik melakukan
kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan
rasa percaya diri peserta didik dengan melakukan presentasi.
§ Fase VI : Evaluasi
F Melakukan tanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Siswa mengerjakan soal-soal dalam lembar
penilaian yang diberikan oleh guru.
F Siswa mengumpulkan hasil pekerjaan
masing-masing untuk dikoreksi
Pertemuan
ke dua 3 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika )
§
Fase II : Menyajikan Informasi:
F Dengan menyimak siswa dapat melakukan sesuatu
sesuai perintah atau permintaan guru.
F Melalui permainan bisik-bisik, siswa dapat
melakukan pesan / permintaan guru.
F Guru menyampaikan pesan dengan kalimat perintah yang dapat dilakukan siswa.
F Menjelaskan kemajemukan keluarga
sebagai kekayaan budaya yang harus dihargai.
§ Fase
III : Mengorganisasikan siswa dalam kelompok
belajar.
F Membentuk beberapa kelompok satu bangku
F Melalui pengamatan pada foto keluarga
besar dan penjelasan guru, siswa menyebutkan kemajemukan dalam keluarga.
F Kemajemukan keluarga dalam kebiasan, jenis
kelamin, agama, suku bangsa, harus disikapi dengan baik agar tercipta kerukunan
hidup.
F Mengisi LKS yang mencari data tentang
kemajemukan keuarga.
§
Fase IV : Membimbing Kelompok:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Melalui pengamatan siswa menyebutkan
kegiatan yang termasuk kategori sebentar.
F Mengelompokkan kegiatan yang termasuk
sebentar.
F Menyusun kegiatan yang termasuk sebentar
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
§
Fase V : Komunikasi
F Memberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F Memfasilitasi peserta didik dalam
pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F Memfasilitasi peserta didik berkompetisi
secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F Memfasilitasi peserta didik untuk
menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F Memfasilitasi peserta didik melakukan
kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan
rasa percaya diri peserta didik dengan melakukan presentasi.
§ Fase VI : Evaluasi
F Melakukan tanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Siswa mengerjakan soal-soal dalam lembar
penilaian yang diberikan oleh guru.
F Siswa mengumpulkan hasil pekerjaan
masing-masing untuk dikoreksi
Pertemuan ke tiga 2 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, Matematika )
§
Fase II : Menyajikan Informasi:
F Siswa dapat Mendengarkan dongeng dengan
sungguh-sungguh.
F Menjelaskan isi dongeng dengan bahasa sendiri dan menjawab pertanyaan seputar isi dongeng.
§ Fase III : Mengorganisasikan
siswa dalam kelompok belajar.
F Membentuk beberapa kelompok satu bangku
F Melalui pengamatan dan percobaan siwa
memperkirakan panjangnya suatu benda melalui kalimat sehari hari ( panjang dan
pendek )
F Melakukan perkiraan panjang benda .
F Mengelompokkan benda di kelas yang termasuk kategori panjang.
F Mengelompokkan benda di kelas
yang termasuk kategori pendek
§
Fase IV : Membimbing Kelompok:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan
dan penyimpulan
§
Fase V : Komunikasi
F Memberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F Memfasilitasi peserta didik dalam
pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F Memfasilitasi peserta didik berkompetisi
secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F Memfasilitasi peserta didik untuk
menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F Memfasilitasi peserta didik melakukan
kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan
rasa percaya diri peserta didik dengan melakukan presentasi.
§ Fase VI : Evaluasi
F Melakukan tanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Siswa mengerjakan soal-soal dalam lembar
penilaian yang diberikan oleh guru.
F Siswa mengumpulkan hasil pekerjaan
masing-masing untuk dikoreksi
Pertemuan ke empat 2 x 35 menit.
( Bahasa Indonesia, Matematika )
§
Fase II : Menyajikan Informasi:
F Siswa secara berkelompok memperagakan
tokoh dalam dongeng, sesuai jalan ceritanya di depan kelas.
F Memberikan pendapat tentang penampilan teman-temannya.
§ Fase
III : Mengorganisasikan siswa dalam kelompok
belajar.
F Membentuk beberapa kelompok satu bangku
F Melalui pengamatan dan percobaan siwa
memperkirakan panjang suatu benda melalui kalimat sehari hari ( panjang dan
pendek )
F Melakukan perkiraan panjang benda .
F Mengelompokkan benda di kelas yang termasuk kategori panjang.
F Mengelompokkan benda di kelas yang termasuk kategori pendek
F Membandingkan beberapa benda milik
siswa yang dapat diperkirakan
panjangnya.
F Menggunakan bahasa sederhana untuk membandingkan, lebih
panjang atau lebih pendek.
§
Fase IV : Membimbing Kelompok:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
§
Fase V : Komunikasi
F Memberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F Memfasilitasi peserta didik dalam
pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F Memfasilitasi peserta didik berkompetisi
secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F Memfasilitasi peserta didik untuk
menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F Memfasilitasi peserta didik melakukan
kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan
rasa percaya diri peserta didik dengan melakukan presentasi.
§ Fase VI : Evaluasi
F Melakukan tanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Siswa mengerjakan soal-soal dalam lembar
penilaian yang diberikan oleh guru.
F Siswa mengumpulkan hasil pekerjaan
masing-masing untuk dikoreksi
Pertemuan
ke lima 3 x 35 menit ( Matematika,
Bahasa Indonesia)
§
Fase II : Menyajikan Informasi:
F Membaca nyaring
suku kata dan kata yang masih berhubungan dengan dongeng yang dibacakan guru.
§ Fase
III : Mengorganisasikan siswa dalam kelompok
belajar.
F Membentuk beberapa kelompok satu bangku
F Melalui peragaan siswa menirukan kalimat permohonan ijin
ke kamar kecil, meminjam alat tulis, tidak masuk sekolah dll.
F Membedakan bahasa yang disampaikan bila
permohonan ijin kepada orang tua atau orang yang lebih tua usianya.
F Mengucapkan kalimat permohonan ijin dengan
cara dan bahasa yang santun.
F Membandingkan beberapa benda yang berada
di luar kelas yang dapat diperkirakan
panjangnya.
F Menggunakan bahasa sederhana untuk
membandingkan, lebih panjang atau lebih pendek.
F Membuat kesimpulan tentang sifat dari tokoh dongeng yang baik untuk
ditiru.
§
Fase IV : Membimbing Kelompok:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
§
Fase V : Komunikasi
F Memberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F Memfasilitasi peserta didik dalam
pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F Memfasilitasi peserta didik berkompetisi
secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F Memfasilitasi peserta didik untuk
menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F Memfasilitasi peserta didik melakukan
kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan
rasa percaya diri peserta didik dengan melakukan presentasi.
§ Fase VI : Evaluasi
F Melakukan tanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Siswa mengerjakan soal-soal dalam lembar
penilaian yang diberikan oleh guru.
F Siswa mengumpulkan hasil pekerjaan
masing-masing untuk dikoreksi
Minggu ke 2
Pertemuan pertama : 3 x 35 menit
( IPA, PKN, Matematika)
§
Fase II : Menyajikan Informasi:
F Menjelaskan sikap membeda-bedakan berarti berlaku tidak adil,
tidak sesuai dengan pengamalan pancasila.
§ Fase
III : Mengorganisasikan siswa dalam kelompok
belajar.
F Membentuk beberapa kelompok satu bangku
F Melalui pengamatan lingkungan sekitar
siswa mendiskusikan secara sederhana
hal-hal yang dapat merusak kesehatan lingkungan yang dapat berpengaruh
pada kesehatan pribadi.
F Menyebutkan bahwa air kotor, asap
pabrik,asap kendaraan, debu jalan, tumpukan sampah merupakan kondisi lingkungan
yang tidak baik bagi kesehatan.
F Melalui pengamatan, penjelasan dan
pengalaman, siswa menjelaskan kedudukan manusia sama dalam keluarga maupun di
sekolah dan di masyarakat.
§
Fase IV : Membimbing Kelompok:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Menyebutkan hak dan kewajiban kita sebagai
anggota keluarga, dan anggota masyarakat.
F Menyebukan sikap yang baik dalam
menjungjung keadilan.
F Membandingkan beberapa benda bawaan dari
rumah yang dapat diperkirakan panjangnya.
F Menggunakan bahasa sederhana untuk membandingkan, lebih panjang atau
lebih pendek.
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
§
Fase V : Komunikasi
F Memberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F Memfasilitasi peserta didik dalam
pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F Memfasilitasi peserta didik berkompetisi
secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F Memfasilitasi peserta didik untuk
menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F Memfasilitasi peserta didik melakukan
kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan
rasa percaya diri peserta didik dengan melakukan presentasi.
§ Fase VI : Evaluasi
F Melakukan tanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Siswa mengerjakan soal-soal dalam lembar
penilaian yang diberikan oleh guru.
F Siswa mengumpulkan hasil pekerjaan
masing-masing untuk dikoreksi
Pertemuan ke dua 3 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika )
§
Fase II : Menyajikan Informasi:
F Melalui penjelasan guru siswa termotivasi
untuk menyampaikan manfat-manfaat yang dirasakan dalam menjaga kerukunan hidup
dalam lingkunga keluarga, lingkungan sekolah, dan lingkungan masyarakat.
§ Fase
III : Mengorganisasikan siswa dalam kelompok
belajar.
F Membentuk beberapa kelompok satu bangku
F Menjiplak bentuk huruf dan gambar yang ada
dalam buku
F Menebalkan bentuk huruf dan gambar.
F Menyebutkan contoh-contoh kegiatan yang
dapat menjaga kerukunan di sekolah.
F Setelah melakukan percobaan siswa mengisi
lembar kerja untuk mencatat fakta panjang benda
yang ada di sekitar
siswa.
§
Fase IV : Membimbing Kelompok:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
§
Fase V : Komunikasi
F Memberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F Memfasilitasi peserta didik dalam
pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F Memfasilitasi peserta didik berkompetisi
secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan
hasil kerja individual maupun kelompok;
F Memfasilitasi peserta didik melakukan
kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan
rasa percaya diri peserta didik dengan melakukan presentasi.
§ Fase VI : Evaluasi
F Melakukan tanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Siswa mengerjakan soal-soal dalam lembar
penilaian yang diberikan oleh guru.
F Siswa mengumpulkan hasil pekerjaan
masing-masing untuk dikoreksi
Pertemuan ke tiga 2 x 35 menit ( Bahasa Indonesia,
Matematika )
§
Fase II : Menyajikan Informasi:
F Melalui pengamatan, percobaan, dan penjelasan guru ,
siswa membedakan keadaan jarak dengan menggunakan bahasa sehari- hari yaitu
dekat dan jauh.
§ Fase
III : Mengorganisasikan siswa dalam kelompok
belajar.
F Membentuk beberapa kelompok satu bangku
F Menuliskan kalimat yang didiktekanb dengan
tulisan lepas.
F Menyalin kalimat dengan tulisan tegak
bersambung.
F Menyebutkan contoh-contoh dari jarak jauh.
F Menyebutkan contoh-contoh dari jarak dekat.
§
Fase IV : Membimbing Kelompok:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
§
Fase V : Komunikasi
F Memberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F Memfasilitasi peserta didik dalam
pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F Memfasilitasi peserta didik berkompetisi
secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F Memfasilitasi peserta didik untuk
menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F Memfasilitasi peserta didik melakukan
kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan
rasa percaya diri peserta didik dengan melakukan presentasi.
§ Fase VI : Evaluasi
F Melakukan tanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Siswa mengerjakan soal-soal dalam lembar
penilaian yang diberikan oleh guru.
F Siswa mengumpulkan hasil pekerjaan
masing-masing untuk dikoreksi
Pertemuan ke empat 2 x 35 menit.
( Bahasa Indonesia, Matematika )
§
Fase II : Menyajikan Informasi:
F Melalui percobaan dan pencarian fakta siswa menyusun
kategori suatu jarak, termasuk jauh atau dekat jarak suatu tempat.
§ Fase
III : Mengorganisasikan siswa dalam kelompok
belajar.
F Membentuk beberapa kelompok satu bangku
F Menyalin kalimat dari buku ke dalam buku
tulis sendiri.
F Menyalin dwengan bentuk furuf sambung yang rapi dan dapat
terbaca oleh orang lain.
§
Fase IV : Membimbing Kelompok:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
§
Fase V : Komunikasi
F Memberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F Memfasilitasi peserta didik dalam
pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F Memfasilitasi peserta didik berkompetisi
secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F Memfasilitasi peserta didik untuk
menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F Memfasilitasi peserta didik melakukan
kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan
rasa percaya diri peserta didik dengan melakukan presentasi.
§ Fase VI : Evaluasi
F Melakukan tanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Siswa mengerjakan soal-soal dalam lembar
penilaian yang diberikan oleh guru.
F Siswa mengumpulkan hasil pekerjaan
masing-masing untuk dikoreksi
Pertemuan
ke lima 3 x 35 menit ( Matematika,
Bahasa Indonesia)
§
Fase II : Menyajikan Informasi:
F Mengamati gambar yang
menceritakan suasana di kelas.
§ Fase
III : Mengorganisasikan siswa dalam kelompok
belajar.
F Membentuk beberapa kelompok satu bangku
F Membandingkan jantara jarak tempat yang
jauh dan dekat.
F Menceritakan isi dari gambar tersebut.
F Melengkapi kalimat dengan kata yang tepat sesuai dengan
gambar.
§
Fase IV : Membimbing Kelompok:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
§
Fase V : Komunikasi
F Memberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F Memfasilitasi peserta didik dalam
pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F Memfasilitasi peserta didik berkompetisi
secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F Memfasilitasi peserta didik untuk
menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F Memfasilitasi peserta didik melakukan
kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan
rasa percaya diri peserta didik dengan melakukan presentasi.
§ Fase VI : Evaluasi
F Melakukan tanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Siswa mengerjakan soal-soal dalam lembar
penilaian yang diberikan oleh guru.
F Siswa mengumpulkan hasil pekerjaan
masing-masing untuk dikoreksi
C. Kegiatan Penutup
§ Fase
VII : Pemberian
penghargaan dan kesimpulan
F Membuat kesimpulan dari tiap materi yang
disampaikan.
F Mengerjakan post tes
F Pemberian PR / tugas
V. Alat dan
Sumber Belajar
- Buku Sumber :
- Buku Pengetahuan sosial SD kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan
- Buku Sains SD Kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan
- Buku Pendidikan Kewarganegaraan kelas 1 SD , Penerbit Buku ajar siswa yang relevan
- Buku Pelajaran Matematika SD Kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan.
- Buku Bina Bahasa Idonesia dan Sastra SD Kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan
- Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif D kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan.
- Buku Piwulang Basa SD Kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan.
·
Alat Peraga:
1. Gambar rumah yang sehat dan tidak sehat..
2. Gambar keluarga dari majalah / foto
keluarga.
3. Kartu huruf, kartu kata, kalimat
4. aneka benda untuk perbandingan panjang (
lidi, pensil, tali sepatu, pita, dll.).
VI. Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
1.
IPS :
·
Memberi
contoh kemajemukan keluarga ( jenis kelamin, suku bangsa, agama, kebiasaan,
dll )
·
Menjelaskan manfaat hidup rukun dalam keluarga
.
2.
IPA :
·
Mengemukakan ciri-ciri lingkungan yang sehat
dan ciri ciri lingkungan
yang tidak sehat.
·
Menjelaskan bahwa air kotor tumpukkan sampah,
asap kendaraan merupakan kondisi
lingkungan kurang baik bagi kesehatan
· Membiasakan membuang sampah pada
tempatnya.
3.
PKN :
·
Menunjukkan sikap saling menghargai perbedaan
dalam lingkungan keluarga
dan lingkungan sekolah.
·
Menunjukkan sikap tidak membeda-bedakan
perlakuan di rumah dan di sekolah.
4.
Matematika
:
·
Memberi
contoh kegiatan sehari-hari yang dilakukan sebentar.
·
Memberi
contoh kegiatan sehari-hari yang dilakukan lama.
·
Menyebutkan
panjang suatu benda melalui kalimat sehari-hari ( pendek , panjang )
·
Memberi
contoh benda yang panjang dan benda yang pendek.
·
Membandingkan
panjang suatu benda ( lebih panjang, lebih
pendek
·
Mengenal
jarak dekat dan jauh.
5.
Bahasa Indonesia.
·
Melakukan
sesuatu sesuai perintah
atau permintaan guru.
·
Menceritakan
kembali isi dongeng dengan kalimatnya sendiri
·
Menjawab
pertanyaan dan menjelaskan isi dongeng.
·
Memperagakan
tokoh dongeng di depan kelas.
·
Membaca
nyaring ( didengar siswa )
·
Membaca
nyaring kalimat sederhana dengan lafal dan intonasi yang tepat.
·
Mengenali
huruf – huruf dan membacanya sebagai suku kata, kata –kata dan kalimat
sederhana.
·
Menjiplak
berbagai bentuk huruf dan gambar.
·
Menebalkan
berbagai bentuk gambar, dan bentuk huruf.
·
Menyalin
/ mencontoh huruf kata , kalimat, dari papan tulis atau buku dengan benar
dengan menggunakan huruf lepas.
·
Menyalin
/ mencontoh kalimat dari buku atau papan tulis yang ditulis guru dan
menyalinnya pada buku sendiri dengan menggunakan huruf tegak bersambung.
·
Melengkapi
kalimat yang belum selesai sesuai dengan gambar
|
Tes lisan
Tes tertulis
|
Tes urain
LKS
Lmbar observasi
|
1.
IPS :
·
Sebutkanlah
contoh kemajemukan keluarga ( jenis kelamin, suku bangsa, agama, kebiasaan,
dll )
·
Jelaskanlah manfaat hidup rukun dalam keluarga
.
2.
IPA :
·
TemukakanLAH ciri-ciri lingkungan yang sehat
dan ciri ciri lingkungan
yang tidak sehat.
·
Jelaskanlah bahwa air kotor tumpukkan sampah,
asap kendaraan merupakan kondisi
lingkungan kurang baik bagi kesehatan
· Jelaskanlah
cara membuang sampah pada
tempatnya.
3.
PKN :
·
Tunjukkanlah sikap saling menghargai perbedaan
dalam lingkungan keluarga
dan lingkungan sekolah.
·
Tunjukkanlah sikap tidak membeda-bedakan
perlakuan di rumah dan di sekolah.
4.
Matematika
:
·
Sebutkanlah contoh kegiatan
sehari-hari yang dilakukan sebentar.
·
Sebutkanlah contoh kegiatan
sehari-hari yang dilakukan lama.
·
Sebutkanlah panjang suatu
benda melalui kalimat sehari-hari ( pendek , panjang )
·
Sebutkanlah contoh benda yang
panjang dan benda yang pendek.
·
Bandingkanlah
panjang suatu benda ( lebih panjang, lebih
pendek
·
Bagaimana
cara Mengenal jarak dekat dan jauh.
5.
Bahasa Indonesia.
·
Bagaimana
cara Melakukan sesuatu sesuai perintah atau permintaan
guru.
·
Ceritakanlah
kembali isi dongeng dengan kalimatnya sendiri
·
Jelaskanlah isi dongeng.
·
Peragakanlah
tokoh dongeng di depan kelas.
·
Bacakanlah
nyaring kalimat sederhana dengan lafal dan intonasi yang tepat.
·
Jelaskanlah
Mengenali huruf – huruf dan membacanya sebagai suku kata, kata –kata dan
kalimat sederhana.
·
Bagaimana
cara Menjiplak berbagai bentuk huruf dan gambar.
·
Bagaimana
cara Menebalkan berbagai bentuk gambar, dan bentuk huruf.
·
Bagaimana
cara Menyalin / mencontoh huruf kata , kalimat, dari papan tulis atau buku
dengan benar dengan menggunakan huruf lepas.
·
Bagaimana
cara Menyalin / mencontoh kalimat dari buku atau papan tulis yang ditulis
guru dan menyalinnya pada buku sendiri dengan menggunakan huruf tegak
bersambung.
·
Bagaimana
cara Melengkapi kalimat yang belum selesai sesuai dengan gambar
·
LKS
·
Lmbar
observasi.
|
I. Kriteria
Penilaian
1. Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
2. Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Kerjasama
Partisipasi
|
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama
* aktif
berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
|
4
2
1
4
2
1
|
3. Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Kerjasama
|
Partisipasi
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
|
CATATAN :
Nilai = (
Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
Kepala Sekolah
( ………………..………… )
NIP/NIK : …………………
|
Mengetahui
|
Surabaya,
…………
Guru Kelas I
( …………………...……… )
NIP/NIK : …………………
|
Temukan
rpp yang diinginkan, semua rpp ada di ini
rpp bahasa indonesia kelas I sd semester 1
rpp bhs indonesia kelas III sd semester 1
rpp bhs indonesia kelas Iv sd semester 1
rpp bhs indonesia kelas V sd semester 1
rpp ilmu pengetahuan alam kelas III sd semester 1
rpp IPA kelas I sd semester 1
rpp IPA kelas IV sd semester 1
rpp ips kelas 4 semester 1
rpp IPS kelas III sd semester 1
rpp IPS kelas V sd semester 1
rpp ips,ipa,mat,bhs indonesia,pkn kelas 1 semester 1
rpp matematika kelas I sd semester 1
rpp matematika
kelas III sd semester 1
rpp matematika kelas
IV semester 1
rpp matematika kelas II sd semester 1
rpp matematika kelas V sd semester 1
rpp penjaskes kelas X
semester 1
rpp penjaskes kelas XI
semester 1
rpp penjaskes kelas XII
semester 1
rpp PKN kelas 5 semester 1
rpp PKN kelas I semester 1
0 comments: