RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) KELAS IV



INGIN MENGUASAI BIDANG INI?????????


Contoh pembuatan rpp,rpp berkarakter,rpp tematik,laporan rpp
RPP bhs indonesia, RPP matematika, RPP IPA, RPP IPS, RPP pkn, RPP penjaskes


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) KELAS IV


Nama Sekolah             :
Mata Pelajaran            : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/Semester            : IV (empat)/I (satu)
Alokasi Waktu            : 2 X 35 Menit

A.       Standar Kompetensi
1.      Memahami kenampakan alam, dan keragaman suku bangsa di lingkungan  kabupaten/kota dan provinsi.

B.       Kompetensi Dasar
  1.5  Menghargai berbagai peninggalan sejarah di lingkungan setempat (kabupaten/kota,provinsi ) dan menjaga    kelestarianya

C.       Indikator
a.      Kognitif
1.      Menyebutkan macam-macam cerita rakyat
2.      Menceritakan sejarah terjadinya suatu daerah
b.      Psikomotor
1.      Siswa membuat cerita sejarah Terjadinya Suatu Daerah dengan menggunakan bahasa sendiri
c.       Afektif
Perilaku berkarakter
1.      Siswa mendengarkan penjelasan guru dengan seksama.
2.      Siswa berani menjawab setiap pertanyaan yang diberikan oleh guru.
Ketrampilan sosial
1.      Siswa mampu bekerjasama dalam menyeleseikan tugas kelompok.
2.      Siswa mampu berbagi pendapat dengan teman dalam kelompok.




D.       Tujuan Pembelajaran
  1. Kognitif
1.      Setelah mendengarkan penjelasan dari guru tentang macam-macam cerita rakyat, siswa dapat menyebutkan macam-macam cerita rakyat dengan benar.
2.      Dengan diberi contoh sejarah terjadinya suatu daerah, siswa dapat menceritakan sejarah terjadinya suatu daerah dengan baik
b.      Psikomotor
1.      Dengan mengikuti proses pembelajaran,Siswa dapat membuat cerita sejarah terjadinya suatu daerah dengan menggunakan bahasa sendiri dengan baik.
c.       Afektif
Perilaku berkarakter
1.      Dengan jujur, siswa mengisi lembar penilaian yang diberikan oleh guru.
Ketrampilan sosial
1.      Dengan jujur dan tanpa menyontek kelompok lain, siswa menjawab setiap pertanyaan ketika diskusi kelompok.

E.       Materi pokok
Mengenal sejarah terjadinya suatu tempat dan daerah

F.        Model dan Metode Pembelajaran
Model      : Student Teams-Achievement Divisions STAD
Metode    : Ceramah, Tanya Jawab, diskusi  dan Pemberian Tugas






G.      Langkah-Langkah Pembelajaran

Kegiatan
Fase-fase
Kegiatan guru dan siswa



Pendahuluan

Fase I
Menyampaikan tujuan  dan mempersiapkan siswa
*     Guru memberi salam.
*     Guru melakukann absensi pada siswa.
*     Guru mengecek kebersihan kelas.
*     Apersepsi: Guru memberi motivasi pada siswa dengan menanyakan padan siswa siswa  mendengarkan penjelasan guru dengan seksama.
a.   Anak-anak kalian tinggal di mana?
b.  Siapa yang tahu sejarah terjadinya kota Surabaya?
berani menjawab setiap pertanyaan yang diberikan oleh guru.





Inti

Fase II
Menyajikan  Informasi
*    Guru menjelaskan macam-macam cerita rakyat
Siswa mendengarkan, menulis penjelasan dari guru dan menyebutkan macam-macam cerita rakyat
*   Guru memberi contoh sejarah terjadinya suatu daerah
Siswa memperhatikaan contoh yang diberikan oleh guru



Fase III
Membimbing Kelompok

*   Membagi siswa menjadi beberapa kelompok belajar di kelas.
*   Membagikan setiap lembar kerja untuk dikerjakan oleh siswa dengan cara berdiskusi kelompok dengan harapan siswa mampu bekerjasama dalam menyeleseikan tugas kelompok.
*      Memberikan instruksi tentang tata cara mengerjakan LKS, di harapkan siswa jujur dan tanpa menyontek kelompok lain, siswa menjawab setiap pertanyaan ketika diskusi kelompok.
*      Memantau setiap aktivitas diskusi siswa dan diharapkan siswa mampu berbagi pendapat dengan teman dalam kelompok.
Fase V
Evaluasi
*      Mengintruksikan siswa untuk mempresentasikan hasil diskusi kelompok dan harapan guru pada siswa berani mempresentasikan hasil dari setiap diskusi yang telah dilaksanakan di kelas.
*      Membuka forum tanya jawab/ sanggahan ketika presentasi dibuka dan siswa berani menjawab setiap pertanyaan dalam diskusi kelompok serta siswa berani memberikan tanggapan ketika berdiskusi.
*      Mengoreksi hasil pembelajaran kelompok dan memberikan pembenaran.
*      Guru membagikan lembar penilaian kepada siswa untuk di kerjakan secara individu siswa mengerajakan lenbar penilaian secara individu dengan jujur tanpa menyontek kepada teman
*      Gutru dan siswa mengoreksi  lembar penilaian yang sudah selesei di kerjakan



Penutup

Fase VI
Pemberian reward dan
Menyimpulkan materi





*    Memberikan reward penghargaanda siswa yang benar menyelesaikan tugas
*    Memberika kesempatan pada siswa untuk bertanya bila belum jelas tentang materi yang disampaikan
*    Bersama siswa membuat kesimpulan materi yang dipelajari.
*    Guru memberikan pekerjaan rumah pada siswa (PR).

H.       Alat dan Sumber Pembelajaran
1.      Alat peraga yang digunakan :
a)      Cerita-cerita suatu daerah
2.      Sumber belajar :
a)      Buku paket BSE IPS, diantaranya
*   P. Hisnu Tantya,dkk. 2008. Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas IV Sekolah Dasar. Jakarta: BSE.
*   Sadiman.S.1,dkk. 2008. Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas IV Sekolah Dasar. Jakarta: BSE.
b)      Buku paket Pkn kals IV lain yang relevan.
c)      Internet.

I.          Penilaian
1.      Teknik tes :
1)      Tes lisan :
a)      Keberanian menjawab dan menyampaikan pendapat dalam diskusi kecil.
b)      Ketepatan jawaban.
c)      Keseriusan dan kosentrasi dalam menyimak pertanyaan.
2)      Tes tulis
a)      Pilihan ganda.
b)      Isian
3)      Tes perbuatan
2.      Bentuk tes :
1). Objek tes
2). Non objek tes
3.      Instrumen tes :
1). LKS.
2). Lembar penilaian.


Temukan rpp yang diinginkan, semua rpp ada di sini
rpp bahasa indonesia kelas I sd semester 1
rpp bhs indonesia kelas III sd semester 1
rpp bhs indonesia kelas Iv sd semester 1
rpp bhs indonesia kelas V sd semester 1
rpp ilmu pengetahuan alam kelas III sd semester 1
rpp IPA kelas I sd semester 1
rpp IPA kelas IV sd semester 1
rpp ips kelas 4 semester 1
rpp IPS kelas III sd semester 1
rpp IPS kelas V sd semester 1
rpp ips,ipa,mat,bhs indonesia,pkn kelas 1 semester 1
rpp matematika kelas I sd semester 1
rpp matematika kelas III sd semester 1
rpp matematika  kelas IV semester 1
rpp matematika kelas II sd semester 1
rpp matematika kelas V sd semester 1
rpp penjaskes kelas X  semester 1
rpp penjaskes kelas XI  semester 1
rpp penjaskes kelas XII  semester 1
rpp PKN kelas 5 semester 1
rpp PKN kelas I semester 1


0 comments: