RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) IPS dan IPA

INGIN MENGUASAI BIDANG INI?????????

Satuan Pendidikan      :
Mata Pelajaran            : IPS, IPA
Kelas / Semester          : I / 1
Alokasi Waktu            : 2 x 35 menit
Tema                           : Lingkungan

A.                Standar Kompetensi
IPS
2. Membiasakan tertib di rumah dan di sekolah
IPA
2. mengenal cara memeliharaa lingkungan agar tetap sehat
B.                 Kompetensi Dasar
IPS
2.1 Menjelaskan pentingnya tata tertib di rumah dan di sekolah
IPA
2.2 membedakan lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat
C.                Indikator
IPS
1.      Kognitif
Ø  Mendefinisikan tata tertib
Ø  Memahami pentingnya tata tertib di rumah
Ø  Memahami pentingnya tata tertib di sekolah
Ø  Menyebukan tata tertib di rumah
Ø  Menyebutkan tata tertib di sekolah
2.      Psikomotor
Ø  Mempresentasikan tugas diskusi kelompok di depan kelas, secara bergiliran. (keberanian dalam menceritakan, bahasa yang disampaikan santun dan mudah dipahami, penampilan dalam simulasi).
3.      Afektif
Ø  Jujur, tanggungjawab, toleransi, terbuka, menghormati pendapat, membantu teman yang membutuhkan.
IPA
1.      Kognitif
Ø  Menjelaskan cara menjaga lingkungan
Ø  Membedakan lingkungan sehat dan tidak sehat
Ø  Menjelaskan pentingnya lingkungan sehat
2.      Psikomotor
Ø  Mempresentasikan tugas diskusi kelompok di depan kelas, secara bergiliran. (keberanian dalam menceritakan, bahasa yang disampaikan santun dan mudah dipahami, penampilan dalam simulasi).
3.      Afektif
Ø  Jujur, tanggungjawab, toleransi, terbuka, menghormati pendapat, membantu teman yang membutuhkan.

D.                Tujuan Pembelajaran
IPS
1.      Kognitif
Ø  Dengan diberikan contoh kegiatan sehari-hari, siswa mampu mendefinisikan tata tertib dengan benar
Ø  Setelah siswa menceritakan kegiatannya sehari-hari dirumah, siswa dapat memahami pentingnya tata tertib di rumah dengan benar
Ø  Setelah mendengar cerita guru tentang tata tertib di sekolah, siswa dapat memahami pentingnya tata tertib di sekolah dengan benar
Ø  Setelah diberikan penjelasan, siswa dapat menyebutkan tata tertib di rumah dengan benar
Ø  Setelah diberikan penjelasan, siswa dapat menyebutkan tata tertib di sekolah dengan benar
2.      Psikomotor
Ø  Setelah diberikan penjelasan oleh guru, siswa dapat mempresentasikan hasil diskusi kelompok di depan kelas dengan berani. ( keberanian dalam menceritakan isi teks bacaan, bahasa yang disampaikan santun ).
3.      Afektif
Ø  Selama terlibat dalam proses belajar mengajar yang berpusat pada siswa, paling tidak siswa mampu menunjukkan kemajuan dalam prilaku yang berkarakter :  (Jujur, tanggungjawab, toleransi, terbuka, menghormati pendapat, membantu teman yang membutuhkan.)
IPA
1.      Kognitif
Ø  Setelah diberikan contoh lingkungan sehat, siswa dapat menjelaskan cara menjaga lingkungan agar tetap sehat dengan benar
Ø  Setelah diberikan penjelasan mengenai lingkungan sehat, siswa dapat membedakan lingkungan sehat dan tidak sehat dengan benar
Ø  Setelah siswa paham mengenai lingkungan sehat, siswa dapat menjelaskan pentingnya lingkungan sehat dengan benar
2.      Psikomotor
Ø  Setelah diberikan penjelasan oleh guru, siswa dapat mempresentasikan hasil diskusi kelompok di depan kelas dengan berani. ( keberanian dalam menceritakan isi teks bacaan, bahasa yang disampaikan santun ).
3.      Afektif
Ø  Selama terlibat dalam proses belajar mengajar yang berpusat pada siswa, paling tidak siswa mampu menunjukkan kemajuan dalam prilaku yang berkarakter :  (Jujur, tanggungjawab, toleransi, terbuka, menghormati pendapat, membantu teman yang membutuhkan.)
E.                Materi Pokok
v  IPS
*      Tata tertib adalah aturan yang harus di taati. Tata tertib ada untuk mengatur kehidupan manusia. Tata tertib dibedakan menjadi tiga yaitu tata tertib di rumah, di sekolah dan di masyarakat.
*      Contoh tata tertib di rumah adalah membantu orang tua, belajar, menghormati anggota keluarga, dan saling menyayangi
*      Contoh tata tertib di sekolah adalah datang tepat waktu, memakai seragam sekolah, menjaga kebersihan kelas, dan menghormati guru
v  IPA
*      Cara memelihara lingkungan
o   Menyapu halaman
o   Membuang sampah pada tempatnya
o   Mengepel lantai
o   Membersihkaan kamar mandi
F.                 Strategi  Pembelajaran
1.         Model pembelajaran
       Menggunakan model pembelajaran STAD
2.         Metode pembelajaran
a.     Ceramah
b.    Bercerita
c.     Tanya jawab
d.    Penugasan
e.     Simulasi
G.                Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Pengorganisasian
Alokasi Waktu
Metode dan Media
Guru
Siswa
Kegiatan Awal



§ Berdo’a bersama dilanjutkan melakukan administrasi rutin (absensi, cek kebersihan)
§ Memotivasi siswa dengan mengajak bernyanyi “bangun tidur”

§ Menyampaikan tujuan pembelajaran

§ Menjalankan instruksi dari guru


§ Menyanyi bersama guru





§ Mendengarkan tujuan pembelajaran yang disampaikan oleh guru
10  menit
-



Tanya jawab








Ceramah


Kegiatan Inti
§  Mendefinisikan pengertian tata tertib
§  Menjelaskan macam-macam  tata tertib
§  Menunjuk beberapa siswa untuk menceritakan kegiatan yang dilakukan di rumah mengenai menjaga lingkungan agar tetap sehat
§  Guru menjelaskan pentingnya tata tertib di rumah
§  Guru bercerita tentang tata tertib di sekolah
§  Guru membagi siswa menjadi 8 kelompok
§  Guru membagikan LKS pada Siswa

§  Mendengarkan penjelasan guru



§  Siswa diminta untuk menceritakan kegiatan yang dilakukan di rumah mengenai menjaga lingkungan sehat

§  Siswa mendengarkan penjelasan guru




§  Siswa terbagi menjadi 8 kelompok
§  Siswa mengerjakan LKS yang diberikan guru

50 menit
Ceramah dengan media buku ajar


Bercerita



Ceramah dan penugasan dengan media buku ajar dan LKS
Ceramah dengan media buku ajar

Ceramah dan penugasan dengan media buku ajar dan LKS

Kegiatan Penutup
§  Guru mengadakan evaluasi tentang pembelajaran yang telah dilaksanakan
§  Membantu siswa merangkum materi
§  Melaksanakan evaluasi yang diadakan guru

§  Merangkum materi yang telah dipelajari
10 menit
tanya jawab dengan media buku ajar

tanya jawab


H.      Sumber Belajar
§   Ilmu Pengetahuan Sosial SD/MI kelas I
§   Sulistyanto, heri. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam untuk SD/MI kelas I. Jakarta : Depdiknas
§   Gambar tentang tata tertib di sekolah dan di rumah
§   Tabel tata tertib
§   LKS
I.                   Penilaian
*        Tes Tulis               : Penilaian tertulis dapat dilakukan dengan Lembar Penilaian Siswa
*        Tes Lisan              : Siswa menjawab pertanyaan yang di ajukan oleh guru
*        Tes Kinerja           : Diskusi kelompok tentang tata tertib di rumah dan disekolah, cara memelihara lingkungan
*        Alat penilaian       :
a.       Lembar Kerja Siswa                (Terlampir)
b.      Kunci LKS                              (Terlampir)
c.       Butir-butir soal tes                  (Terlampir)

                                                                                    Surabaya, ……..




0 comments: